fbpx

Apa Itu SERP? Ketahui Pengertian Dan Fitur-fiturnya

Apa itu SERP ( Results Pages) merupakan tempat berkumpulnya informasi yang anda cari dalam suatu . Saat anda mengetikkan kata kunci di kolom searching, maka mekanisme SERP akan bekerja. Untuk memenangkan kompetisi SERP, anda perlu membekali konten dengan dan beberapa teknik lain. Jadi, SERP berhubungan erat dengan SEO.

Fitur-fitur dalam SERP

Selain memahami apa itu SERP, anda juga harus mengenali fitur-fiturnya. Dengan memahami fitur SERP, anda berkesempatan menduduki peringkat teratas dalam pencarian. Penggunaan dari fitur ini juga disesuaikan dengan kebutuhan pemilik konten. Berikut jenis-jenis SERP yang perlu anda ketahui :

1. Pay per click

Fitur SERP yang pertama adalah per click yang biasa disingkat dengan PPC. Fitur ini memberikan jaminan pada artikel anda untuk berada posisi teratas. Namun tentu saja anda harus membayar mesin pencari untuk mendapatkan hal ini.

Perlu anda ketahui bahwa mesin pencari jugan mendapatkan banyak pendapatan dari fitur pay per click. Bahkan mesin pencari seperti mendapatkan lebih dari 70 persen penghasilannya dari sini. Karenanya anda tidak perlu heran bila mendapati yang selalu berada di posisi teratas dalam pencarian.

2. Shopping result

Dalam apa itu SERP, jenis selanjutnya adalah shopping result. Bentuk dari shopping result adalah barang saat anda mengetikkan kata kunci di kolom searching. Untuk berada dalam posisi ini, pihak penjual juga harus membayar kepada mesin pencari.

3. Organic search result

Organic search result merupakan salah satu fitur yang sejalan dengan tujuan yang dimiliki mesin pencari. Artinya, pihak pemilik artikel tidak membayar untuk menempatkan kontennya diposisi teratas. Untuk mendapatkan posisi ini, anda perlu menerapkan SEO pada setiap artikel.

Baca Juga :  Langkah Mudah Membuat Menu Pada Wordpress

Dalam organic serach result, artikel yang anda temukan akan sangat sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Google sendiri yang akan memproses penayangan artikel berdasarkan kekuatan SEO. Dan meski tidak mudah, hasil dari SEO biasanya bisa bertahan lebih lama.

4. Google knowledge panel

Memahami fitur apa itu SERP, anda juga perlu mengenal Google knowledge panel. Bentuk dari knowledge panel berupa kotak yang berisi informasi dari kata kunci yang anda masukkan. Umumnya knowledge panel terletak di kanan atas dan berisi informasi yang singkat padat dan langsung poinnya.

Informasi yang bisa masuk kedalam knowledge panel sangat beragam. Mulai dari perusahaan, istilah, orang, tempat, dan lain sebagainya. Untuk bisa memasukkan informasi ke knowledge panel, anda harus mengakses lewat Google knowledge graph.

Terakhir ada fitur SERP yang dinamakan featured snippets. Bentuk dari featured snippets berupa kotak merah yang menjadi ruang dalam puncak hasil pencarian. Dari featured snippets anda bisa membaca sekilas informasi penting yang paling berkaitan dengan kata kunci.

Fitur featured snippets memudahkan anda untuk mendapatkan informasi dengan cepat. Jika ingin lebih detail, anda bisa klik pada hasil pencarian pertama dibawahnya. Tentu saja peluang klik untuk konten yang berada dalam featured snippets sangat besar.

Penutup

Demikian penjelasan apa itu SERP dan juga fitur-fiturnya. Berbagai fitur SERP banyak dimanfaatkan untuk tujuan dalam bidang apapun. Selain itu, anda juga bisa menggunakan salah satu fiturnya dengan optimasi SEO. Dengan memahami SERP, maka konten anda memiliki peluang yang lebih besar untuk menempati posisi teratas dalam pencarian.