fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

AplikasiBusinessMedia Sosial

Apa Itu Omnichat? Definisi, Fitur Dan Manfaatnya

Yanti puspita

Pada artikel kali ini kita akan menjelaskan apa itu omnichat, definisi, fitur dan manfaatnya. OmniChat merupakan sebuah konsep revolusioner dalam dunia komunikasi bisnis yang telah merevolusi cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggan.

Dengan menerapkan beberapa saluran komunikasi, OmniChat memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan bisnis di berbagai platform. Misalnya, email, pesan, jejaring sosial, dll. Penasaran dengan apa itu omnichat? Yuk simak pembahasan berikut ini.

Apa itu Omnichat?

Apa itu omnichat? OmniChat merupakan kepanjangan dari ” omnichannel chat”, yang mengarah pada pendekatan yang menyatukan beberapa saluran komunikasi perpesanan pada beberapa platform. Konsep ini bertujuan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang fleksibel dan konsisten terlepas dari saluran komunikasi yang di gunakan.

Dengan demikian, memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan perusahaan melalui berbagai platform chat. Lalu apa saja fiturnya? Berikut penjelasannya:

·         Fitur OmniChat Seamless Bot to Agent

Dengan fitur OmniChat ini, kamu dapat menjalin komunikasi yang efisien dan efektif dengan kolaborasi yang lancar antara bot dan agen.

·         Message Template

Fitur ini dapat membantu menjawab pertanyaan berulang pelanggan dengan jawaban yang telah di tentukan. Dan bertujuan untuk membantu meningkatkan produktivitas agensi, dan meningkatkan rasio konversi.

·         Track Customer Journey

Fitur ini bisa mengurangi kemungkinan terlewatnya pertanyaan chat sebelumnya dari pelangganmu.

·         SLA – Agent Analytics

Tetapkan SLA, lacak dan pantau kinerja agen dengan manajemen SLA dan alat analitik agen kami.

Beberapa Manfaat Dari OmniChat

Setelah mengetahui apa itu OmniChat, selanjutkan kamu juga harus mengetahui beberapa manfaat dari OmniChat. Berikut ini beberapa manfaat OmniChat yang bisa kamu ketahui yaitu:

·         Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Manfaat pertama, adalah dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. Karena pelanggan dapat berinteraksi dengan perusahaan melalui saluran komunikasi yang berbeda. Data percakapan dari semua saluran ini di integrasikan ke dalam satu platform.

Dengan cara ini, pelanggan dapat dengan mudah melanjutkan percakapan. Dari saluran pertama ke saluran lain tanpa harus mengulang informasi yang sama.

·         Meningkatkan Responsivitas

Kedua, OmniChat memungkinkan kamu merespons permintaan pelanggan dengan lebih cepat dan lebih akurat. Dan akses ke semua saluran komunikasi pada satu platform memungkinkan tim penjualan atau dukungan untuk melihat dan menanggapi pesan secara efisien. Itu semua membuat pelanggan merasa di hargai dan di perhatikan.

·         Efisiensi Operasional

Menggunakan OmniChat mengurangi kesulitan mengelola beberapa saluran komunikasi terpisah. Semua perpesanan dan data pelanggan terintegrasi dalam satu platform, memungkinkan tim melacak, mengelola, dan memantau semua percakapan dengan mudah. Tingkatkan efisiensi operasional, kurangi potensi kesalahan, dan percepat waktu respons.

·         Analisis Data Pelanggan Dengan Mudah

OmniChat juga dapat memberikan data berharga tentang perilaku dan preferensi pelanggan. Data ini dapat dianalisis untuk memahami kebutuhan pelanggan, tren permintaan, dan masalah umum pelanggan. Hasilnya, kamu dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam merancang strategi pemasaran.

·         Meningkatkan Retensi Pelanggan

Selain itu, dengan menyediakan layanan yang sederhana, responsif, dan terpadu, OmniChat membantu meningkatkan retensi pelanggan. Jadi, pelanggan merasa lebih puas dengan pengalaman berinteraksi dengan perusahaan. Akibatnya, mereka cenderung tetap setia dan membeli produk atau layanan berulang kali.

·         Memberikan Keuntungan Yang Kompetitif

Tidak hanya pembeli yang ingin terhubung dengan berbagai platform tetapi juga perusahaan. Karena perusahaan pasti menargetkan pasar yang lebih luas, untuk menjangkau basis pelanggan yang lebih banyak.

Jangkau lebih banyak pelanggan melalui berbagai platform yang memungkinkan kamu berinteraksi dengan mereka. Analisis dan perspektif preferensi pelanggan melalui platform dapat menciptakan gambaran menyeluruh tentang tren pembelian bagi pelanggan.

Kamu akan mendapatkan pemahaman yang mendalam dan real-time tentang pembeli(kebutuhan dan preferensi mereka), yang memungkinkan kamu untuk menyesuaikan media dan strategi kreatif dengan kebutuhan unik dari setiap saluran atau platform.

Strategi Dalam Menggunakan Omnichat Untuk Bisnis

Untuk bisa menerapkan omnichat atau omnichannel chat untuk bisnis, tentunya harus menggunakan strategi yang tepat agar bisa terlaksana dengan benar dan berhasil. Bagi mereka yang masih baru dalam hal ini, berikut adalah strategi yang di sarankan untuk menerapkan obrolan omnichat yang tepat untuk bisnismu yaitu:

·         Memahami Kebutuhan Dan Preferensi Pelanggan

Sebelum melangkah lebih jauh dari menentukan bagaimana kamu akan menerapkan omnichat untuk bisnismu, hal pertama yang harus di lakukan adalah memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan. Kamu dapat mempelajari keduanya dengan caralLihat tren saat ini dan analisis data di saluran yang paling sering berinteraksi dengan pelangganmu.

Apakah pelanggan kamu lebih suka berinteraksi melalui pesan instan pasar, jejaring sosial seperti WhatsApp atau Facebook, atau bahkan email. Memahami kebutuhan pelanggan akan membantumu menentukan platform mana yang akan di masukkan ke dalam strategi omnichat bisnis tersebut.

·         Pilih Platform Atau Aplikasi Omnichat yang Tepat

Setelah memahami kebutuhan pelangganmu, strategi selanjutnya adalah memilih platform dan aplikasi yang sesuai untuk di gunakan dalam omnichat bisnismu. Pastikan platform yang kamu pilih memiliki semua fitur bawaan dan mudah di kelola serta di pantau tanpa kesulitan.

Selain itu, penting untuk memilih platform omnichat yang mudah di gunakan untuk tim, terutama jika kamu memiliki tim yang kurang paham teknologi. Jika platform omnichat mudah di gunakan, pasti akan meningkatkan produktivitas tim kamu.

·         Bangun Tim Customer Support Yang Andal

Strategi ketiga dan sama pentingnya adalah membangun tim Customer Support yang andal. Tim Customer Support ini dapat mengoperasikan dan menanggapi setiap pertanyaan atau masalah pelanggan dengan cepat dan akurat di berbagai platform.

Mulai dari media sosial, email atau bahkan layanan chat marketplace yang di gunakan oleh kamu. Selain itu, pastikan tim Customer Support tersebut memahami cara menggunakan platform omnichat dan berkomunikasi dengan sopan di semua channel komunikasi.

·         Lakukan Integrasi Data Dan Informasi

Strategi keempat untuk berhasil menerapkan strategi omnichat adalah mengintegrasikan data dan informasi dari berbagai platform. Pastikan bisnis kamu dapat dengan mudah mengakses dan menggunakan data pelanggan dan riwayat interaksi mereka.

Dengan integrasi data yang sedang berjalan, bisnis akan di bantu untuk memberikan tanggapan yang lebih personal dan relevan kepada pelanggan. Dan memfasilitasi analisis untuk meningkatkan lebih banyak strategi bisnis.

·         Evaluasi Strategi Omnichat Secara Berkala

Jika kamu telah menerapkan strategi di atas, evaluasi berkala di perlukan. Karena menerapkan omnichat dan menggunakan platform omnichannel chat tidak berarti pekerjaan selesai. Tapi bisnis tersebut harus terus di evaluasi kinerjanya dengan strategi omnichat mereka dan mencari cara untuk memperbaikinya.

Melibatkan pelanggan dalam proses peninjauan juga penting karena feedback mereka dapat membantu bisnis kamu berkembang. Dengan demikian, kamu dapat mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan dari strategi omnichat yang telah di terapkan di bisnis yang kamu jalankan.

Penutup

Melalui artikel ini, kamu pasti telah memahami definisi, fitur dan manfaatnya yang menjadikan OmniChat sebagai solusi efektif untuk meningkatkan hubungan bisnis-pelanggan dan layanan pelanggan secara keseluruhan. Kita berharap kedepannya bisnismu semakin maju setelah kamu selesai membaca artikel ini.

Baca Juga