fbpx

Apa itu Kegunaan Vmware

adalah penyedia perangkat lunak virtualisasi dan komputasi awan yang berbasis di Palo Alto, California. Didirikan pada tahun 1998, VMware adalah anak perusahaan dari Dell Technologies. EMC Corporation awalnya mengakuisisi VMware pada tahun 2004; EMC kemudian diakuisisi oleh Dell Technologies pada 2016.

VMware mendasarkan virtualisasinya pada hypervisor bare-metal ESX/ESXi dalam arsitektur x86. Dengan virtualisasi VMware, hypervisor diinstal pada server fisik untuk memungkinkan beberapa mesin virtual (VM) berjalan di server fisik yang sama.

Setiap VM dapat menjalankan sistem operasi (OS)-nya sendiri, yang berarti beberapa sistem operasi dapat berjalan pada satu server fisik. Semua VM di server fisik yang sama berbagi sumber daya seperti dan RAM.Pada tahun 2019, VMware menambahkan dukungan ke hypervisornya untuk menjalankan beban terkemas di kluster Kubernetes dengan cara yang sama.

Jenis beban kerja ini dapat dikelola oleh tim infrastruktur dengan cara yang sama seperti mesin virtual dan tim DevOps dapat menerapkan container seperti biasa. VMware, Inc. adalah perusahaan perangkat lunak yang diperdagangkan secara publik di Amerika Serikat California, AS.

Perusahaan memasok dan menyediakan solusi komputasi awan serta perangkat lunak dan layanan virtualisasi. Karena itu menjadikan VMware, Inc. salah satu perusahaan pertama yang sukses secara komersial untuk memvirtualisasikan arsitektur x86. Perangkat lunak desktop VMware berjalan di Microsoft Windows, Linux, dan macOS, sedangkan hypervisor perangkat lunak perusahaan untuk server, VMware ESXi, adalah hypervisor bare-metal yang berjalan langsung pada perangkat keras server tanpa memerlukan sistem operasi tambahan yang mendasarinya.

Kemampuan VMware Menggunakan produk dan layanan VMware untuk menghidupkan virtualisasi hanyalah beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh perusahaan yang berbasis di California ini. Fitur-fitur ini meliputi: Peningkatan laba atas (ROI) VMware memungkinkan Anda untuk menggunakan lebih banyak sumber daya komputer fisik Anda.

Baca Juga :  Rekomendasi OS Server Terbaik Mulai Linux Hingga Windows

Administrator tidak ingin menjalankan beberapa mission-critical pada satu sistem operasi server karena crash satu aplikasi dapat membuat sistem operasi tidak stabil dan menyebabkan aplikasi lain crash.Penggunaan Energi dan Ruang Disk yang Lebih Efisien Dengan VMware, Anda dapat menjalankan lebih banyak aplikasi dengan server fisik yang lebih sedikit.

Lebih sedikit server fisik memerlukan lebih sedikit ruang di pusat Anda dan lebih sedikit energi untuk daya dan pendinginan. Dukungan VMware adalah penyedia layanan virtualisasi terkemuka dengan lebih dari 500.000 . Jaringan 75.000 mitra mendukung pelanggan dengan berbagai produk dan layanan tambahan.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan VMware Seperti dua sisi mata uang, segala sesuatu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tidak terkecuali VMware. Beberapa keuntungan atau manfaat menggunakan produk VMware meliputi:

Keamanan berdasarkan model tepercaya, bersama dengan keamanan yang lebih baik daripada sistem container seperti pengiriman aplikasi dan sumber daya yang lebih baik, manajemen pusat data yang lebih sederhana, peningkatan efisiensi dan kelincahan sistem pusat data.

Sedangkan kerugian menggunakan VMware adalah: Biaya lisensi yang tinggi Alternatif Hyper-V dan Xen lebih baik menurut beberapa Kurang dukungan dan beberapa bug saat menggunakan dengan produk Oracle dan masalah kompatibilitas perangkat keras karena tidak semua bekerja dengan baik dengan VMware.

Di banyak lingkungan fisik, kegagalan perangkat keras berarti waktu henti selama berjam-jam, suku cadang yang mahal, dan hilangnya produktivitas. VMware High Availability and Fault Tolerance bekerja untuk mengurangi biaya waktu henti dan kehilangan produktivitas dengan menciptakan lingkungan yang meminimalkan biaya kegagalan perangkat keras.

VMware High Availability and Fault Tolerance mengoptimalkan lingkungan runtime dengan menggunakan sumber daya secara dinamis dengan cara yang paling efisien. Hal ini dikarenakan adanya fitur pendukung produk VMware seperti:

1. High Availability

High Availability meningkatkan kehandalan lingkungan. Tujuan dari server ketersediaan tinggi adalah untuk mengurangi waktu henti jika terjadi kegagalan perangkat keras. Host VMware vSphere Hypervisor ESXi yang diatur dalam cluster berbagi sumber daya mesin di dalamnya. Jika sebuah host mengalami waktu henti yang tidak terduga, mesin virtual pada host tersebut secara otomatis berjalan pada host ESXi alternatif di cluster.

Baca Juga :  Keuntungan Membangun Website Dengan WordPress

2. Toleransi Kesalahan

Seperti ketersediaan tinggi, toleransi kesalahan memungkinkan mesin virtual (VM) bertahan dari kegagalan perangkat keras dengan memanfaatkan sumber daya sehingga jika terjadi kegagalan perangkat keras, VM dapat dihidupkan langsung dari host baru dan instance bayangan dari VM yang sedang berjalan pada host sekunder. Toleransi kesalahan memungkinkan VM untuk terus berjalan meskipun host tiba-tiba gagal tanpa kehilangan data atau konektivitas ke pengguna akhir atau VM.

vMotion adalah fitur di VMware yang memungkinkan migrasi langsung mesin virtual dari satu host ESXi ke host lain tanpa memengaruhi layanan yang disediakan oleh VM. Saat menggunakan vMotion untuk memigrasi VM, di mana biasanya beberapa paket hilang, ada sedikit atau tidak ada gangguan layanan dan pengguna akhir tidak perlu memperhatikan transisi. Ini memungkinkan administrator untuk menghapus VM dari host yang mungkin tidak berfungsi atau tidak berfungsi dengan baik

Storage vMotion adalah fitur yang mirip dengan vMotion kecuali digunakan untuk memigrasikan data ke penyimpanan data lain pada disk yang terhubung. Fitur ini memainkan peran yang mirip dengan vMotion, tetapi memberi administrator kemampuan untuk mengelola masalah penyimpanan, seperti latensi tinggi, sebelum menjadi masalah di lingkungan.