fbpx

Apa itu Javascript? Pengertian dan Fiturnya

Anda pasti pingin tahu apa itu ? dan fiturnya. Tahukah Anda bahwa JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam mengembangkan agar lebih dinamis dan interaktif? Jika sebelumnya Anda hanya tahu HTML dan CSS, sekarang Anda tahu bahwa JavaScript dapat meningkatkan fungsionalitas halaman web.

Anda juga dapat menggunakan JavaScript ini untuk membuat , alat, atau bahkan game di web. Secara teknis, JavaScript, atau singkatnya JS, adalah bahasa pemrograman tipe interpreter, jadi Anda tidak memerlukan kompiler untuk menjalankannya. JavaScript memiliki fitur seperti berorientasi objek, sisi klien, pemrograman tingkat tinggi, dan diketik secara longgar.

Tahukah Anda bahwa JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam mengembangkan situs web agar lebih dinamis dan interaktif? Jika sebelumnya Anda hanya tahu HTML dan CSS, sekarang Anda tahu bahwa JavaScript dapat meningkatkan fungsionalitas halaman web.

Anda juga dapat menggunakan JavaScript ini untuk membuat aplikasi, alat, atau bahkan game di web. Secara teknis, JavaScript, atau singkatnya JS, adalah bahasa pemrograman tipe interpreter, jadi Anda tidak memerlukan kompiler untuk menjalankannya.

JavaScript memiliki fitur seperti berorientasi objek, sisi klien, pemrograman tingkat tinggi, dan diketik secara longgar. Sedang, bahkan , salah satu bahasa yang digunakan adalah JS (JavaScript). Itu sebabnya pengembang bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam mempelajari JavaScript.

Cara kerja Javascript di situs web Anda

Bahasa pemrograman Javascript biasanya disematkan langsung ke halaman web atau dirutekan dengan file Javascript terpisah. Bahasa pemrograman Javascript adalah bahasa sisi klien, yang berarti bahwa skrip diunduh dan diproses di perangkat pengunjung situs web Anda.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Hosting Website Milik Orang Lain, Cepat dan Mudah!

Semua proses yang dijalankan oleh Javascript dijalankan oleh (klien). Pengunjung web mengirimkan pertanyaan (permintaan), yang kemudian diproses di server. Hasilnya dikirim ke pengunjung web melalui browser web.

Manfaat bahasa pemrograman Javascript

Jika Anda ingin membuat halaman web yang memungkinkan interaksi antar klien, Anda tentu membutuhkan Javascript. Faktanya, Javascript diperlukan untuk membuat halaman web lebih dinamis dan memungkinkan interaksi antara klien dan web.

Baca Juga : Apa itu Webinar? Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Fungsi JavaScript

Fungsi JavaScript adalah untuk membuat aplikasi mobile. Hingga saat ini, aplikasi mobile hanya dapat dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java for Android. Sekarang bahasa pemrograman ini dapat digunakan di API seluler untuk membangun aplikasi seluler. Juga lebih mudah untuk membangun aplikasi seluler menggunakan kerangka JavaScript khusus untuk aplikasi seluler seperti React Native. Framework ini memungkinkan Anda membuat aplikasi mobile untuk dua sistem operasi sekaligus, yaitu Android dan iOS.

JavaScript tidak hanya dapat membuat situs web, tetapi juga mengembangkan game berbasis browser. Untuk membuat game browser ini, bahasa pemrograman ini digabungkan dengan HTML5, yang dapat membuat game menjadi lebih menarik. Beberapa game JavaScript populer seperti Lord of Ultima dan Flappy Bird. Pengembangan game berbasis JavaScript ini juga dibantu dengan adanya framework JavaScript khusus game seperti Playground.js, Panda.js dan Quintus.

Nah, bagi Anda yang ingin belajar menjadi seorang developer dan aplikasi. Persiapkan beberapa alat pengetahuan dengan cermat yang dapat menyederhanakan pembuatan aplikasi Anda. Inilah apakah itu javascripst? pengertian dan fiturnya.

Baca Juga : Apa itu Wirausaha? Pengertian dan Kelebihannya