fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu Imagify, Plugin yang Tak Sekedar untuk Optimasi Gambar

Yodik Prastya

Gambar menjadi salah satu elemen penting dalam sebuah website, baik itu untuk keperluan ilustratif maupun sekedar dekorasi. Untuk memastikan kinerja website tak banyak terpengaruh oleh banyaknya gambar, banyak pengelola situs yang menggunakan Imagify. Tapi apa itu Imagify?

Apa Itu Imagify

Imagify adalah plugin WordPress untuk mengoptimalkan gambar agar lebih ramah dengan kinerja website. Apa itu Imagify bisa diterjemahkan sebagai plugin yang membantu memudahkan pekerjaan Anda dalam melakukan kompresi ataupun konversi terhadap gambar secara otomatis. Hasilnya, gambar maupun foto tetap terlihat bagus di mata pengunjung, namun tidak terlalu membebani bandwith website.   

Harus diakui bahwa gambar ataupun foto, terlepas dari fungsinya sebagai konten utama, elemen penunjang ataupun bahkan sekedar hiasan, membuat  website terlihat lebih menarik. Namun apabila jumlahnya terlalu banyak, gambar pun akan memperlama waktu loading halaman web. Terlebih apabila gambar-gambar tersebut tidak dioptimasi.

Di sinilah Imagify berperan, dengan melakukan optimasi terhadap gambar-gambar tersebut. Anda bisa memilih seberapa tinggi tingkatan optimasi yang diterapkan pada plugin ini untuk menyesuaikan kebutuhan dan preferensi pengunjung. Sehingga, Anda tak perlu khawatir bahwa pengunjung akan melihat gambar yang pecah atau buram di website.

Anda mungkin bisa saja melakukan kompresi atau konversi secara manual menggunakan software edit foto. Namun cara manual seperti ini hanya mungkin Anda lakukan apabila intensitas gambar di situs Anda masih belum seberapa. Plugin ini menawarkan fungsi optimasi gambar secara otomatis pada saat Anda upload gambar tersebut.

Banyak Kelebihan dari Imagify

Kelebihan Imagify dibanding plugin sejenis, diantaranya ada pada keandalannya dalam hal kompresi, dengan sajian fitur dan fungsi yang minimalis intuitif. Ya, fungsi dan fitur plugin Imagify ini terbagi ke dalam 3 bagian yaitu General Settings, Optimization dan Display Options. Ketiganya bisa Anda atur hanya dari 1 halaman saja.

Opsi optimasi sendiri diperlihatkan menggunakan tombol-tombol yang cukup besar untuk memudahkan Anda. Plugin ini juga menyediakan fungsi untuk membandingkan tampilan gambar antara optimasi satu dan lainnya di bagian Visual Comparison. Tentu saja, hal ini akan sangat memudahkan Anda dalam memilih optimasi mana yang ideal untuk kebutuhan website.

Imagify menawarkan pilihan optimasi kepada Anda, yaitu

  • Optimasi Agresif (default) menggunakan kompresi lossy yang hanya sedikit mengurangi kualitas gambar
  • Optimasi Normal (lossless) yang tanpa mengurangi kualitas gambar
  • Optimasi Ultra (lebih lossy) menggunakan algoritme lossy

Ketiga pilihan ini kemudian bisa Anda bandingkan hasilnya terhadap gambar untuk memastikan bahwa pengunjung masih bisa melihat gambar yang cukup jelas, sementara situs masih cukup cepat dimuat.

Setelah memilih tingkat kompresi, Anda juga bisa mengubah ukuran gambar ke dimensi paling ideal. Pada tahap ini, Anda bahkan juga bisa mengubah ukuran semua atau beberapa gambar agar memiliki lebar tertentu secara otomatis sekaligus. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk mengkonversikan file gambar menjadi format WebP yang lebih ideal untuk website pada umumnya.

Tak hanya sampai di situs saja, Imagify juga menawarkan opsi untuk optimasi file gambar pada tema, plugin bahkan gambar yang ada di luar folder Media. Anda pun bisa memanfaatkan fitur untuk membuat tema WordPress jadi lebih optimal dan meningkatkan skor website di Google PageSpeed Insights.

Fitur menarik lainnya yang juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah pencadangan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memulihkan atau mengembalikan gambar ke versi aslinya sebelum dioptimasi oleh Imagify. Fitur ini bisa sangat berguna untek berjaga-jaga seandainya kualitas kompresi ternyata dirasa kurang sesuai.

Perlu Anda ketahui pula bahwa Imagify yang sudah diuji hingga WordPress 5.8.1 dan sudah mendukung PHP versi 7.0 ini dapat Anda gunakan secara gratis. Akun Imagify gratis dapat digunakan untuk optimasi 20MB (200 gambar) per bulan. Jika ingin lebih, maka Anda perlu meningkatkan akun antara 500MB dengan biaya sekitar $4,99/ bulan atau opsi unlimited dengan biaya sekitar $9,99/ bulan. 

Kesimpulan

Sampai di sini, pastinya Anda sudah cukup jelas tentang apa itu Imagify bukan? Plugin WordPress ini akan mengoptimalkan gambar secara otomatis. Penggunaan dan konfigurasi yang sederhana membuat plugin ini layak Anda pertimbangkan. Jika Anda sudah cukup yakin dengan kinerjanya, masih ada opsi akun berbayar untuk mendapatkan akses optimasi lebih banyak.

Baca Juga