fbpx

Apa itu HTTP Error 500? Bagaimana Cara Mengatasinya

Ketika sedang mengakses suatu , adakalanya kamu menemukan pesan seperti HTTP Error 500. Apa itu HTTP Error 500, penyebabnya serta cara mengatasi pesan error tersebut?

Apa itu HTTP Error 500

HTTP Error 500 adalah salah satu pesan error yang berhubungan dengan pada suatu website. Pesan error yang umumnya muncul seperti :

  • 500 – Internal Server Error
  • HTTP 500
  • HTTP 500 – Internal Server Error
  • 500 Error

Jika kamu menemukan salah satu pesan Error 500 diatas, itu tandanya website bersangkutan ada masalah dengan server .

Penyebab Terjadinya HTTP Error 500

HTTP Error 500 umumnya muncul dengan pesan “Internal Server Error”. pesan error 500 ini tidak hanya terjadi pada pengguna . Melainkan di beberapa website yang di dalamnya menggunakan .

Penyebab terrjadinya error ini biasanya disebabkan oleh adanya permasalahan pada fungsi atau tema. Selain itu bisa diakibatkan oleh kesalahan file .htaccess, kode costum PHP yang tidak cocok, dan lain sebagainya.

Meskipun pesan Error 500 ini tidak menampilkan pesan yang jelas, ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi HTTP Error 500

Setelah mengetahui apa itu HTTP Error 500 serta penyebabnya, lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut beberapa cara untuk mengatasi masalah pesan error 500

Refresh Halaman Website

Kebanyakan para pemilik website tidak mengetahui bahwa masalah error 500 terjadi disebabkan karena overload. Website yang kamu buka sedang di akses oleh banyak orang.

Baca Juga :  5+ Aplikasi Terbaik Edit Foto di Hp Anti Lemot

Menghapus Cache Browser

Pastikan bahwa masalah tidak datang dari browser. Terkadang masalah sebenarnya bukan pada server hosting atau pada laman websitenya. Namun, dari aplikasi browser yang kamu gunakan.

Cobalah kamu membersihkan pada browser, kemudia coba akses kembali website tersebut. Jika setelah melakukan hapus cache tetap muncul pesan error 500 coba ikuti beberapa cara di bawah ini

Cek Masalah Pada File .htaccess

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi error 500 ini cobalah cek file .htaccess. File ini biasanya ada di dalam direktori “public_html”, pastikan file tersebut benar skripnya. Jika masih terdapat masalah, coba lanjut cek file lainnya.

Namun, sebelum mengecek file lain, lakukanlah generate .htaccess kembali. Buka menu setting, pilih yang ada pada halaman . Lalu klik Save tanpa mengubah apapun, hal ini akan membuat file .htaccess kembali default.

Menonaktifkan Semua Plugin

Cara mudah untuk menonaktifkan plugin pada WordPress adalah dengan masuk ke  dashbord, lalu matikan semua plugin yang aktif. Caranya seperti berikut :

  • Masuk pada dashbord WordPress
  • Pilih panel yang berada di sebelalh kiri
  • Cari plugin
  • Klik semua dan matikan semua plugin yang aktif

Ubah Versi PHP

WordPress biasanya sering melakukan update dan itu akan berdampak pada versi PHP. Maka, kamu harus mengupdate versi PHP kamu agar bisa mengakses website tersebut

Upgrade WordPress Kamu ke Versi Terbaru

Jika masih terdapat pesan error 500, cobalah untuk mengupgrade versi WordPress terbaru. Caranya mudah, kamu tinggal masuk ke dashbord WordPress dan lakukan update pada dashord pada menu Updates.

Nah pemmbahasan mengenai apa itu HTTP Error 500 dan cara mengatasinya. Pesan Error 500 ini muncul bisa karena berbagai faktor, cobalah beberapa cara di atas. Jika masih muncul pesan error 500, solusi terakhirnya yaitu menghubungi layanan penyedia hosting.

Baca Juga :  Cara Membuat Situs Review di WordPress