fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

7 Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Wiliam

Satu masalah yang sering dihadapi oleh pemilik HP adalah layar tidak bisa disentuh atau touchscreen tidak dapat bekerja secara optimal. Penyebabnya sangat beragam, mulai dari terkena debu, kotoran dan lain-lain.

Namun, Bizzie tidak perlu khawatir. Di kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara mengatasi HP yang tidak bisa disentuh sama sekali untuk berbagai tipe dan merek yang Bizzie gunakan. Bagi yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Sebelum masuk pada pembahasan inti cara mengatasi HP yang tidak bisa disentuh sama sekali, akan lebih baik Bizzie pahami terlebih dahulu beberapa penyebabnya. Ada beberapa penyebab layar HP tidak bisa disentuh, yaitu :

1. HP Terkena Air

Coba diingat-ingat lagi, apakah HP yang Bizzie gunakan terkena air? Penyebab dari layar HP tidak bisa disentuh, karena terkena air. Tidak jarang juga pengguna mengalami hal semacam ini, entah karena kecerobohan diri sendiri maupun kesalahan orang lain.

2. HP Terjatuh

Bizzie sering menjatuhkan HP tanpa sengaja? Pada saat jatuh, bisa saja HP yang Bizzie gunakan terkena benturan keras meskipun sudah menggunakan casing tambahan. Hal ini bisa menjadi penyebab lain, kenapa layar HP tidak bisa disentuh sama sekali.

3. HP Sudah Terlalu Lama Digunakan

Pada dasarnya, setiap orang mempunyai alasan masing-masing di dalam menggunakan HP. Entah digunakan hanya semata-mata untuk hiburan, media komunikasi lain-lain.

Pasalnya, untuk HP yang digunakan terlalu lama bisa menjadi penyebab layar tidak bisa disentuh sama sekali. Seperti yang diketahui, bahwa HP juga membutuhkan waktu untuk beristirahat guna menjaga kinerjanya di dalam posisi optimal.

Maka dari itu, penyebab layar HP tidak bisa disentuh mungkin saja terjadi karena Bizzie sudah terlalu lama menggunakannya. Setiap perangkat elektronik termasuk HP, biasanya mempunyai masa pemakaian kurang lebih 3 tahun sebelum akhirnya mengalami kendala. Penurunan kemampuan dan kualitas juga bisa terjadi, ketika layar HP sehingga tidak bisa lagi responsif terhadap sentuhan.

Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Setelah mengerti apa saja penyebab dari layar HP tidak bisa disentuh sama sekali. Sebagai berikut beberapa cara mengatasi HP yang tidak bisa disentuh sama sekali :

1. Restart HP

Cara mengatasi HP yang tidak bisa disentuh sama sekali pertama yang bisa Bizzie lakukan adalah memuat ulang atau restart smartphone. Tujuannya, yaitu supaya HP bisa bekerja seperti semula.

Biasanya, hal ini dilakukan jika ada sistem operasi yang tidak berjalan secara maksimal. Cara yang harus Bizzie lakukan adalah menekan tombol daya selama beberapa detik.

Tunggu beberapa saat atau sampai muncul opsi Daya Mati, Mode Darurat dan Muat Ulang. Disini, Bizzie bisa memilih untuk muat ulang. Apabila tidak berhasil, Bizzie bisa menekan tombol daya sampai HP mati.

2. Membersihkan Screen Protector

Berikutnya adalah mengecek pelindung layar atau screen protector yang ada di HP tersebut. Sebab, tidak jarang benda yang satu ini ada debu dan partikel yang terselip pada beberapa bagian tertentu.

Hal ini membuat kinerja pelindung menjadi terhambat. Selain itu, kotoran dan debu yang menempel ini terjadi karena pelindung layar lama tidak diganti atau dibersihkan secara berkala. Maka dari itu, Bizzie harus membersihkan menggunakan kain bersih yang bebas dan lembab.

3. Mengaktifkan Safe Mode

Kendala layar HP yang tidak bisa disentuh juga bisa terjadi, karena banyaknya aplikasi pihak ketiga. Untuk cara mengatasi HP yang tidak bisa disentuh sama sekali adalah mengaktifkan Safe Mode.

Manfaat di saat Bizzie mengaktifkan mode Safe Mode adalah melindungi HP dari beberapa aplikasi berbahaya. Sehingga kinerja HP yang digunakan menjadi lebih baik lagi.

Cara mengaktifkan Safe Mode adalah menekan tombol power sampai dengan beberapa saat. Pilih mode darurat atau mode aman. Berikutnya, cobalah untuk mengecek layar HP kembali.

4. Kalibrasi

Faktor lain selain dari masalah luas, touchscreen HP tidak bisa dilakukan adalah kinerja sudah mulai menurun. Disini, Bizzie harus melakukan kalibrasi pada layar HP yang digunakan.

Cara ini dilakukan untuk layar HP yang tidak bisa disentuh sebagian. Bizzie juga bisa menggunakan bantuan dari aplikasi ketiga, ketika ingin melakukan cara yang satu ini.

Ada beberapa smartphone yang mempunyai kode tersendiri untuk melakukan kalibrasi layar. Lakukan kalibrasi layar sampai dengan beberapa kali atau sampai layar HP berfungsi kembali dengan normal.

5. Mengeringkan HP Pada Saat Terkena Panas

HP basah atau terkena air juga memberikan pengaruh terhadap kinerja layar sentuhnya. Apabila hal tersebut terjadi, maka Bizzie bisa segera mengeringkannya dengan handuk atau kain bersih yang kering.

Setelah itu, letakkan HP ke dalam beras maupun silica gel yang bisa menyerap air. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada sela-sela HP, apakah masih ada air atau tidak. Sebab, apabila masih ada air hal ini juga akan menghambat kinerja dari layar HP tersebut.

6. Mengecek Memori HP

Masalah lain yang menjadi penyebab layar sentuh HP tidak bisa digunakan adalah kapasitas memori internal dan RAM sudah penuh. Hal inilah yang membuat HP menjadi freeze dan tidak merespon sentuhan.

Untuk kinerja HP yang optimal dan dapat digunakan kembali, maka Bizzie bisa menghapus sebagian aplikasi tidak digunakan. Terutama dengan ukuran yang besar agar RAM HP mempunyai ruang cukup dan bisa digunakan kembali tanpa layar mengalami gangguan.

7. Mengecek Charger Baterai

Cara mengatasi HP yang tidak bisa disentuh sama sekali terakhir, yaitu pengisi daya atau charger tidak sesuai. Terutama, di saat Bizzie melakukan pengisian daya baterai.

Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu Bizzie sudah menggunakan charger baterai yang original. Hindari menggunakan charger milik orang lain. Perlu diingat, meskipun voltase sama tapi ampere-nya berbeda. Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, maka bisa mengganggu bagian layar HP tersebut.

Itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai penyebab dan cara mengatasi HP tidak bisa disentuh sama sekali. Semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat,ya!

Baca Juga