fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu Header Tag? Ketahui Pengertian, Jenis, dan Pengaruhnya ke Website

Yodik Prastya

Header tag adalah elemen penting dalam struktur sebuah halaman web. Mereka bukan hanya sebagai elemen desain, tetapi juga memiliki peran kunci dalam SEO (Search Engine Optimization) dan pengalaman pengguna. Artikel ini akan menjelaskan pengertian header tag, jenis-jenisnya, serta pengaruhnya terhadap sebuah website.

Pengertian Header Tag

Header tag adalah elemen HTML yang digunakan untuk menandai bagian-bagian penting dalam sebuah dokumen web. Mereka membantu pengunjung dan mesin pencari untuk memahami struktur dan hierarki konten halaman. Header tag digunakan untuk mengelompokkan teks berdasarkan tingkat kepentingan, mulai dari yang paling penting hingga yang kurang penting.

Jenis Header Tag

Header tag dibagi menjadi enam tingkatan, yaitu h1 hingga h6, di mana h1 adalah yang paling penting, dan h6 adalah yang paling rendah. Ini adalah beberapa contoh penggunaan header tag:

  1. <h1>

Digunakan untuk judul utama halaman web. Sebaiknya hanya ada satu <h1> dalam satu halaman, dan itu harus mencerminkan topik utama halaman. Karena h1 bisa dijadikan penanda dari judul utama, silahkan selalu menfokuskan menjadi kata kunci dalam tulisan Anda.

  1. <h2>

Digunakan untuk judul subtopik yang lebih spesifik dari halaman. Ini membantu dalam mengorganisir konten. Usahakan jika menuliskan judul lebih spesifik, didalamnya bisa dimasukkan kata kunci turunan untuk mengarahkan ke kata kunci utama website Anda.

  • <h3>

Menyediakan subjudul untuk <h2>. Ini membantu dalam memecah konten menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Didalam h3 bisa dimasukkan sejumlah poin-poin artikel atau tulisan untuk memperjelas isi dari tulisan di website Anda.

  • <h4>

Biasanya digunakan untuk mengelompokkan konten di bawah <h3>. Ini membantu dalam struktur halaman. Bukan hanya itu, bagian ini juga bisa dijadikan poin tambahan untuk memperjelas ulasan atau topic yang sedang di bahas dalam artikel.

  • <h5>

Digunakan untuk sub-subjudul yang lebih rinci dari <h4>. Ini memberikan lebih banyak konteks pada konten. Isi dalam poin ini bisa diulas mengenai penjelasan tambahan yang sudah di jabarkan pada h4 sebelumnya.

  • <h6>

Dapat digunakan untuk sub-sub-subjudul yang sangat spesifik. Ini membantu dalam mengorganisir konten yang sangat kompleks. Bisa juga dijadikan penekanan lebih jelas mengenai ulasan-ulasan sebelumnya.

Pengaruh Header Tag terhadap Website

Header tag memiliki dampak signifikan pada SEO dan pengalaman pengguna sebuah website. Inilah beberapa pengaruhnya:

  • SEO

Mesin pencari menggunakan header tag untuk memahami hierarki dan relevansi konten. Menggunakan header tag yang tepat, seperti <h1> untuk judul utama dan <h2> untuk subjudul, dapat meningkatkan peringkat SEO halaman Anda.

  • Keterbacaan

Header tag membantu pengunjung untuk dengan cepat memahami struktur dan topik halaman. Ini membuat konten lebih mudah dibaca dan dipahami.

  • Navigasi

Pengguna dapat menggunakan header tag untuk menjelajahi halaman web lebih mudah. Header yang jelas memandu mereka dalam menemukan informasi yang mereka butuhkan.

  • Penyandang Disabilitas

Header tag juga penting untuk aksesibilitas web. Mereka membantu pengguna dengan kebutuhan khusus dalam menavigasi dan memahami konten.

  • Responsif

Header tag dapat disesuaikan dengan tampilan berbeda pada perangkat mobile. Ini membantu dalam menciptakan pengalaman yang lebih baik di berbagai platform.

Bisa disimpulkan, header tag menjadi elemen kunci dalam desain dan struktur halaman web. Mereka bukan hanya memberikan tampilan yang menarik, tetapi juga berdampak pada SEO dan pengalaman pengguna. Memahami penggunaan yang benar dari header tag, termasuk jenis-jenisnya, adalah langkah penting dalam meningkatkan kualitas website Anda. Dengan header tag yang tepat, Anda dapat membuat halaman web yang lebih informatif, mudah dinavigasi, dan ramah pengguna.

Baca Juga