fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu Google Trend, Ketahui Pengertian Dan Cara Menggunakannya

Yodik Prastya

Tentunya kini banyak yang merasa penasaran akan apa itu Google Trend. Dimana Google Trend ini merupakan sebuah tool yang berguna dalam hal mengatasi kebuntuan ketika membuat sebuah ide konten. Pastinya anda yang bertanggung jawab membuat konten di sebuah blog pernah yang namanya kehabisan ide.

Apalagi kini tool untuk melakukan riset kata kunci tidak semuanya ditawarkan secara gratis. Jadi anda bisa pergunakan Google Trend yang kini sangat membantu sekali. Dalam penggunaannya ternyata Google Trend ini jauh lebih mudah. Supaya lebih memahaminya. Ada baiknya menyimak penjelasan di bawah ini.

Apa itu Google Trend?

Google Trend merupakan sebuah situs milik dari Google yang kini sudah berperan menjadi tool dalam penyediaan data mengenai tren serta seberapa sering kata kunci itu dicari pada mesin pencarian Google.

Google Trend ternyata juga menghadirkan data mengenai volume pencarian sekaligus informasi terkait geografi pencarian keyword. Mengingat search engine Google kini menjadi yang populer di dunia. Jadi wajar saja jika Google Trend mampu hadirkan trend keyword yang akurat.

Pertama kalinya aplikasi tersebut diperkenalkan sekitar tahun 2006. Kemudian versi terbarunya berhasil dirilis sekitar tahun 2018. Google Trend bahkan menghadirkan sejumlah fitur terpenting yakni memberi tahukan hal yang kini sedang ramai menjadi pembahasan. Selain itu juga mengidentifikasi topik yang diperbincangkan sekaligus menemukan tren pencarian geografis yang ada di daerah anda.

Google Trend ini ternyata menjadi salah satu tool gratis yang bisa dipergunakan oleh para penggunanya ketika mencari ide keyword untuk konten websitenya. Jadi dari sini anda pun semakin paham akan apa itu Google Trend.

Cara Mudah Pergunakan Google Trend

Setelah anda mempelajari tentang apa itu Google Trend. Sekarang sudah saatnya memahami bagaimana cara mempergunakannya. Jika memang belum paham, sebaiknya menyimak ulasan di bawah ini:

1. Melakukan riset keyword

Dengan bantuan Google Trend maka anda kini bisa melakukan pencarian keyword hanya dengan mengetikkan kata kuncinya pada homepage Google Trend. Nantinya Google Trend bakalan menampilkan beragam keyword terpopuler.

Selain itu biasanya pada hasil pencariannya juga menampilkan sebuah grafik trend keryword selama beberapa waktu.

2. Temukan topik berkaitan

Topik yang ada kaitannya dengan topik terpopuler saat ini pastinya mampu memberikan anda ide tambahan dalam pembuatan konten. Saat anda melakukan sebuah pencarian keyword pada homepage maka nantinya akan tersedia tabel related topics berisikan rekomendasi topik lainnya. Anda pun pastinya lebih menghemat waktu dalam melakukan pencarian keyword.

3. Tampilkan keyword berkaitan

Kemampuan lain yang telah dimiliki oleh Google Trend tentunya mampu temukan keyword yang ada kaitannya dengan keyword populer. Caranya pun begitu mudah sekali untuk dilakukan. Anda hanya perlu masukkan kata kuncinya pada bagian homepage kemudian tekanlah enter.

Hasilnya nanti akan ditampilkan di bagian tabel related queries yang ada di sebelah tabel related topics. Anda pun kini sudah bisa melakukan pencarian keyword secara lebih spesifik lagi.

Menariknya lagi kini Google Trend juga mampu memperoleh data mengenai pencarian yang kini sedang menjadi trending. Data tersebut berguna sekali untuk website dengan konten berita terbaru.

Cara melakukan pencarian trending pun terbilang mudah yakni hanya dengan membuka sebuah halaman utama pada Google Trend. Selanjutnya pada sudut kiri atas akan ada ikon tiga garis. Pastikan anda klik ikon tadi kemudian pilih trending searches.

5. Mampu prediksi tren

Menariknya lagi Google Trend sekarang ini juga sudah menghadirkan semua data penting mengenai tren pencarian yang kini sedang hangat diperbincangkan. Hal ini nantinya bisa mempermudah anda dalam pembuatan konten.

Sebelumnya anda seharusnya mengerti jika kompetitor anda di luaran sana juga mempergunakan Google Trend untuk bisa peroleh data yang sama.

Penutup

Itulah tadi sekilas penjelasan mengenai apa itu Google Trend sekaligus informasi menarik lainnya. Semoga saja anda mampu memperluas pengetahuan mengenai Google Trend.

Baca Juga