fbpx

Apa Itu Google Site Kit? Ketahui Pengertian dan Kegunaannya

Mencari informasi apa itu Google Site Kit? Anda yang sedang mempertimbangkan multifungsi untuk pengelolaan dan optimasi website mungkin akan banyak direkomendasikan dengan plugin buatan Google ini. Lantas, apakah ia layak untuk Anda gunakan?

Apa Itu Google Site Kit

Jadi apa itu Google Site Kit? Google Site Kit adalah plugin yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan analytics Google di .

Plugin WordPress ini dapat Anda gunakan untuk mengakses rangkaian tool webmaster dari Google, cukup dari satu dashboard WordPress Anda. Tak perlu lagi beralih untuk melakukan analisis.

Plugin ini mendukung integrasi dengan berbagai tool dengan fungsi penting untuk pengelolaan website, meliputi:

  • Search Console: untuk menganalisa kinerja website terhadap pencarian Google
  • Analytics: untuk mengenali bagaimana traffic website serta preferensi pengunjung
  • PageSpeed Insights: untuk mengetahui berbagai hal terkait kecepatan pemuatan halaman
  • AdSense: untuk memonitor akun AdSense
  • Optimize: memudahkan A/B testing
  • Tag Manager: memudahkan pengelolaan tracking code Google Analytics

Google Site Kit menyajikan berbagai informasi penting untuk memantau website dan memutuskan tindakan yang diperlukan agar situs lebih sesuai harapan pengguna. Berikut ini sajian data pada plugin ini:

1. All Traffic

Sajian data berupa lingkaran yang mewakili persentase bagaimana pengunjung bisa sampai ke website.

Entah itu dari pencarian organik, kunjungan langsung, referral atau bahkan dari . Data ini bisa didapat dengan menghubungkan Google Site Kit ke Google Analytics.

2. Search Funnel

Data yang memuat statistik kinerja website terhadap penelusuran Google. Rangkuman dari data di Google Analytics dan Console ini mewakili informasi tentang jumlah pengunjung yang melihat kemudian mengunjungi website Anda di halaman hasil penelusuran (SERP).

Baca Juga :  Pentingnya Melakukan Backup Website dan 2 Pilihan Caranya

Sajian data kinerja website terhadap akan diwakili oleh Impressions, Clicks, Unique Visitors from Search dan Goals Completed. Data ini kemudian bisa dijadikan sebagai dasar penilaian efektifitas sebelumnya kemudian menentukan apa yang perlu dilakukan berikutnya.

3. Popularity

Data ini menyajikan 2 elemen penting terkait popularitas website, yaitu kata kunci penelusuran teratas serta konten apa yang paling populer pada website situs Anda.

Anda dapat melihat pemeringkatan kata kunci yang menuntun pengunjung ke situs Anda, disertai intensitas tayangan kata kunci tersebut. Sementara konten terpopuler akan diperlihatkan sesuai jumlah tayangannya (views).

4. Speed

Plugin akan menyajikan detail kecepatan website (tampilan desktop ataupun mobile) dalam 2 bagian, yaitu In the Lab dan In the Field.

Data pada kecepatan In the Lab berisi Total Blocking Time, Largest Contentful Paint dan Cumulative Layout Shift.

Sementara pada bagian In the Field, Anda akan melihat data kecepatan seperti First Input Delay, Largest Contentful Paint dan Cumulative Layout Shift. Berdasar temuan data, plugin akan memberikan rekomendasi yang diwakili oleh Poor, Needs Improvement dan Good.

5. Earnings

Berkaitan dengan AdSense, Anda dapat melihat berbagai informasi seperti RPM (Revenue per Mille), Total Earnings, Ad Impressions dan Top Earning Pages. Tentu saja, jika Anda sudah memiliki dan mengaktifkan akun AdSense sebelumnya. 

Dari penjelasan tentang tool yang bisa diintegrasikan ke plugin serta data apa saja yang bisa Anda pantau darinya.

Anda mungkin sudah memiliki gambaran tentang apa kegunaan Google Site Kit ini. Plugin ini juga dapat Anda manfaatkan untuk memantau data krusial terkait Anda, meliputi: 

  • Sumber traffic
  • Aktifitas traffic
  • Halaman dengan traffic tinggi
  • Performa iklan-iklan di website Anda
  • Indikator kecepatan website
  • Hasil split test
Baca Juga :  Penjelasan Secara Lengkap Mengenai Cara Membuat Chat Box di Wordpress

Yang artinya, Anda bisa mengandalkan plugin ini untuk memeriksa kinerja website dari berbagai aspek.

Selain itu, Anda juga lebih mudah dalam menentukan langkah apa yang perlu diambil untuk meningkatkan kinerja situs. Semuanya bisa Anda lakukan dengan cara yang lebih praktis daripada mengakses tool secara terpisah.

Kesimpulan

Sudah lebih memahami tentang apa itu Google Site Kit dan apa saja kegunaannya? Plugin ini memudahkan Anda dalam upaya meningkatkan kecepatan situs karena Anda tak harus mengakses analitik manual. Kelebihan lainnya, plugin yang berguna bagi kegiatan ini juga tak akan membebani website Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.