fbpx

Apa itu Google My Business dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Jika Anda pelaku yang mulai bergelut di dunia maya, mungkin Anda pernah mendengar tentang google my . Pertanyaannya, apakah penting untuk Anda memilikinya? Dan bagaimanakah cara membuatnya? 

Google my business, atau google bisnisku merupakan sebuah alat pada google yang digunakan untuk mempermudah pelanggan dalam mengetahui informasi bisnis yang Anda miliki. Anda dapat memberikan informasi seputar perusahaan atau bisnis yang Anda jalankan secara detail. 

Anda dapat menampilkan nama bisnis, alamat atau lokasi bisnis, kontak perusahaan seperti alamat email dan nomor telepon, jam operasional, , review pelanggan dan berbagai informasi lainnya. Dengan memanfaatkan google bisnis secara maksimal maka akan mendatangkan pelanggan yang lebih banyak olehnya itu layanan ini dapat dijadikan sebagai salah satu strategi

Beberapa keperluan bisnis yang tercakup dalam google my business ini, yaitu bisnis local, seni, hiburan, produk/merek, perusahaan, organisasi atau institusi, olahraga dan lain-lain.

Biasanya informasi tersebut akan muncul pada pencarian google di bagian atas atau pun bagian samping halaman pencarian ketika seseorang mencari nama yang Anda miliki. Tools ini miliki banyak sekali manfaat untuk para pelaku bisnis karena dapat dijadikan sebagai media promosi. 

Apa Manfaat Google My  Business untuk Bisnis Anda?

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan google bisnisku. Manfaat itu tentu saja perlu Anda ambil agar peluang bisnis Anda makin besar. Apa saja manfaatnya? Diantaranya adalah sebagai berikut. 

Pertama, bisnis Anda akan dipromosikan di google maps yang membuat lokasi bisnis Anda mudah ditemukan. Sesuai dengan yang ditampilkan the telegraph, setidaknya terdapat lebih dari 1 miliar populasi di dunia ini telah menggunakan google maps. Sehingga jika Anda memiliki google bisnisku, peluang untuk bisnis Anda diketahui orang lain lebih besar. 

Baca Juga :  Cara Memperpendek Link Website dengan Mudah

Kedua, bisnis Anda dapat mendapatkan review yang anda kembangkan dari para pelanggan yang pernah menggunakan produk yang anda tawarkan. Tentu review ini berguna untuk meningkatkan kredibilitas bisnis anda. 

Selain itu, anda dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan dengan cara membalas ulasan yang mereka berikan. Adanya komunikasi yang aktif antara Anda dan pelanggan akan membuat mereka merasa lebih nyaman. 

Hal ini jyga dapat meningkat kredibilitas atau kepercayaan pelanggan. Seseorang akan cenderung percaya ketika banyak informasi yang dapat mereka peroleh tentang suatu hal. 

Ketiga, dengan memiliki my google business, Anda dapat meningkatkan jumlah kunjungan toko. Karena lokasi Anda ditampilkan pada google maps, maka akan memudahkan pengunjung yang belum mengetahui lokasi anda. 

Kunjungan ini akan bertambah baik di maupun offline store. Yang akan berimplikasi pada peningkatan Anda. 

Keempat, google bisnisku juga menyediakan layanan untuk membuat website secara gratis. Hal ini juga akan berguna sebagai media promosi dan penjualan Anda di internet. 

Jadi jika anda belum memiliki website sendiri, Anda bisa membuatnya secara gratis. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk kemajuan bisnis Anda di dunia maya. 

Baca Juga : Tips Mendaftar Aplikasi di Google Playstore

Bagaimana Cara Membuat Google My Business?

Setelah Anda mengetahui berbagai manfaat yang dapat diperoleh, tentu Anda merasa tertarik bukan? Untuk mendaftar google my business sangat mudah dilakukan. Jika Anda masih bingung, simak langkah-langkah di bawah ini hingga selesai. 

1. Mempunyai Akun Google  

Sebelum membuat google my business, anda harus memastikan dahulu bahwa anda mempunyai akun google dan juga memastikan memiliki alamat yang jelas sehingga google mudah unutk menelusurinya. 

Setelah semua hal itu sudah siap, anda bisa membuat google my business dengan mengikuti langkah-langkah selanjutnya.

Baca Juga :  Mengenal 7 Jenis Website Builder untuk Membuat Situs

Jika belum memilikinya, Anda bisa langsung membuat dengan mengunjungi https://myaccount.google.com/ lalu klik buat akun. Isi semua informasi yang dibutuhkan pada formulir pendaftaran. 

2. Login Akun Google 

Setelah anda memiliki akun google, silahkan masuk ke akun tersebut dengan memasukkan alamat email dan password anda, kemudian klik login. 

3. Daftar ke Google Bisnisku

Jika anda sudah berhasil masuk ke akun google. Buka halaman google bisnisku kemudian isi data yang diminta pada formulir pendaftaran yang tersedia. Setelah lengkap dan dipastikan benar, klik lanjutkan. 

Setelah itu akan muncul tampilan formulir lagi yang juga perlu untuk Anda isi dengan benar. Lalu klik lagi lanjutkan. Begitu seterusnya sampai form terakhir selesai. 

4. Atur Halaman Utama Google Bisnisku

Setelah semua data telah terisi dengan benar, Anda akan diarahkan ke halaman utama google bisnisku. Halaman ini bisa Anda edit sesuai dengan detail bisnis yang Anda miliki. Seperi alamat perusahaan, logo perusahaan, gambar-gambar pendukung, kontak perusahaan dan lain sebagainya. 

5. Verifikasi Akun Google Bisnisku

Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi akun my google business yang telah dikirim melalui email yang anda gunakan. Caranya dengan membuka email Anda, pada kotak masuk akan ada pesan yang berisi kode verifikasi untuk google bisnisku. 

Kode tersebut terdiri  dari 5 angka yang digunakan untuk verifikasi. Setelah terverifikasi silahkan klik send postcard

6. Cek Tampilan Google Bisnisku di Pencarian Google

Setelah semua langkah di atas telah Anda lakukan, Anda bisa mengeceknya pada mesin pencarian google. Apakah sudah muncul pada halaman pencarian sesuai dengan yang Anda isi sebelumnya atau tidak. 

Jika informasi tentang detail perusahaan atau bisnis Anda sudah muncul, artinya google my business anda sudah sukses dibuat. Namun, jika belum tampil pada halaman pencarian google, Anda bisa menunggu selama 1 x 24 jam setelah melakukan verifikasi. Mudah bukan? Anda bisa langsung mencobanya dan memperoleh manfaatnya.

Baca Juga : Memasang Google Analytics di WordPress dengan Mudah

Leave a Comment

Your email address will not be published.