fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

PanduanDomain

Apa Itu Google Domain? Simak Keuntungannya untuk Bisnis Anda

Muhammad Rizqy

Apa itu Google Domain? Domain buatan Google ini lahir pada tahun 2015 dalam versi beta. Namun dalam waktu singkat, domain ini telah menjadi pilihan para pengelola website dalam menjalankan bisnis mereka.

Sejumlah keuntungan bisa Anda dapatkan saat membeli dan menggunakan domain di Google. Salah satu keuntungannya adalah terhubung dengan fasilitas buatan Google lainnya seperti Google Analytics, Google Search Console, G-Suite, dan lainnya. 

Menarik bukan? Namun bagi Anda yang masih penasaran dengan Google Domain dan perbedaannya dengan domain biasa, berikut ini adalah penjelasan singkatnya. 

Pengertian Google Domain dan Perbedaannya dengan Domain Biasa

Google Domain membawa banyak keuntungan bagi pengelola website bisnis karena kredibilitas dan layanan yang tersedia dari Google. Namun apa itu Google domain dan artinya bagi kredibilitas website?

Secara pengertian, Google Domain adalah layanan bantuan berupa pendaftaran  nama domain yang Anda gunakan dalam WordPress atau situs web lainnya. Layanan Google ini baru tersedia pada Januari 2015 meski hanya dalam versi beta.

Menggunakan layanan Google ini akan memberikan kredibilitas tersendiri pada domain website Anda. Alasannya karena domain yang tersedia cukup populer bagi masyarakat

Namun secara umum, produk buatan Google ini sebenarnya sama seperti provider domain lain pada umumnya. Anda bisa mengecek dan mendaftarkan nama domain yang belum digunakan.

Periode pendaftaran di Domain Google berlaku selama satu tahun dan akan diperpanjang secara otomatis nantinya.

Sedangkan untuk fasilitas lainnya seperti integrasi pembuatan situs website, subdomain, privasi WHOIS, dan layanan email tidak jauh berbeda dengan yang tersedia dari provider domain lainnya.

Beberapa perbedaan yang mungkin akan Anda dapatkan seperti support tambahan berupa sinkronisasi dengan produk-produk Google di antaranya Google Search Console, Google Analytics atau G-Suite.

Perbedaan lainnya adalah tidak tersedianya jasa hosting dalam layanan Google ini.  Sehingga mau tidak mau Anda harus membeli hosting di tempat terpisah.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui cara membuat Google Domain, simak penjelasannya berikut. 

Cara Mendaftarkan dan Membeli Domain Baru di Google

Berikut ini adalah cara beli Google Domain dengan mudah dan cepat:

  1. Mencari Nama Domain yang Diinginkan

Hal yang perlu Anda lakukan di awal adalah masuk ke situs Google Domain. Lalu  cari nama domain pada kolom search dan klik ‘Dapatkan’. Kemudian Google akan menampilkan daftar domain yang tersedia dan harganya untuk per tahun.

Jika ada yang cocok, silakan pilih menu icon cart pada daftar domain pilihan Anda. Sebelum check out, pastikan kembali domain yang Anda pilih telah sesuai.

  1. Check Out Nama Domain dan Lakukan Pembayaran

Langkah berikutnya adalah melakukan check out dan membayar domain yang Anda pilih. Ada dua opsi yang bisa Anda aktifkan sebelum melakukan pembayaran yakni Privacy Protection dan Auto-renew.

Kedua fitur tersebut bertujuan untuk melindungi nama domain Anda dari pencurian atau direbut oleh pihak lain. Selain itu, Google akan memberikan perlindungan terhadap informasi yang ada isikan saat proses pendaftaran. Jika sudah maka Anda bisa melanjutkannya dengan proses pembayaran.

Jika sudah, nama domain tersebut kini sudah resmi menjadi milik Anda. Anda bisa melakukan sinkronisasi dengan berbagai fitur yang tersedia di Google.

Itulah penjelasan mengenai apa itu Google Domain, keuntungan, dan cara untuk mendaftarkan domain baru di Google yang bisa dicoba untuk membangun website bisnis Anda.       

Baca Juga