fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

Apa itu Google Bisnisku, Fitur dan Kegunaannya?

Yanti puspita

Apa itu Google Bisnisku? Google sebagai platform mesin pencari terbesar kini memiliki alat khusus bagi pemilik bisnis. Alat tersebut yang kemudian di sebut Google Bisnisku atau Google My Business.

Google Bisnisku ini memungkinkan kamu sebagai pemilik bisnis melakukan banyak hal mengenai bisnis yang kamu kelola. Apa saja itu? Ayo, kenali apa itu Google Bisnisku lebih dalam beserta fitur dan manfaat yang di tawarkannya melalui ulasan di bawah ini.

Apa itu Google Bisnisku?

Banyak yang masih bertanya apa itu Google Bisnisku dan apa saja fitur yang ada di dalamnya. Nah, Google Bisnisku ini merupakan alat hasil besutan Google yang dapat kamu gunakan untuk mengatur bagaimana bisnis kamu bisa muncul di halaman pencarian Google dan Google Maps.

Setiap kali kamu  membuka bisnis di halaman pencarian Google, maka akan selalu ada informasi tentang bisnis di sisi kanan layar, seperti informasi alamat, jam buka, nomor telepon, dan lainnya.

Nah, dengan Google My Business atau Google Bisnisku ini, kamu bisa mengisi informasi ini secara detail dan sesuai dengan bisnis yang sedang kamu jalankan. Google Bisnisku ini di buat untuk memberi tahu pelanggan tentang informasi bisnis kamu saat mereka menelusuri pencarian Google.

Bukan hanya menampilkan informasi yang sudah di sebutkan tadi, namun bisnis kamu juga bisa mendapatkan ulasan atau review langsung dari pelanggan melalui Google Bisnisku. Bagaimana? Cukup menguntungkan, bukan?

Fitur Google Bisnisku

Kamu sudah tahu mengenai apa itu Google Bisnisku, melalui pembahasan di atas. Lalu sekarang kamu juga harus tahu fitur apa saja yang ada di Google Bisnisku dan mana yang dapat kamu gunakan untuk mempromosikan bisnis kamu secara gratis.

Foto

Fitur yang pertama adalah fitur foto. Kamu bisa menambahkan foto logo bisnis, foto toko, foto produk/menu, dan foto lainnya ke Google Bisnisku. Dengan begitu, pelanggan akan mudah mengenali bisnis kamu dan ini juga akan memudahkan pelanggan untuk datang ke toko kamu.

Deskripsi dan Kategori

Selanjutnya, ada fitur deskripsi dan kategori untuk bisnis kamu di Google Bisnis yang bisa kamu gunakan. Fitur ini membantu calon pelanggan serta Google untuk memahami area bisnis kamu dan apa saja yang kamu tawarkan.

Atribut

Atribut adalah salah satu fitur terpenting Google Bisnisku. Maka dari itu kamu sebaiknya melengkapi informasi pada fitur atribut ini untuk memudahkan pelanggan menemukan informasi. Informasi yang bisa di tambahkan bisa berupa jam operasional dan informasi kontak.

Ringkasan

Fitur keempat dari Google Bisnisku adalah fitur ulasan. Fitur ini memungkinkan pelanggan menilai bisnis, layanan, produk, akses lokasi, dan lainnya dari bisnismu. Dengan demikian, review yang di berikan pelanggan ini tentunya akan memberikan informasi lebih bagi pelanggan lain nya.

Tanya Jawab

Selain ulasan, fitur tanya jawab juga bisa menjadi wadah bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang bisnis yang kamu kelola. Seperti halnya ulasan, pertanyaan dari pelanggan dan jawaban yang kamu berikan juga bisa di lihat oleh siapa saja yang mengunjungi profil bisnis di aplikasi Google Bisnisku ini.

Post

Punya konten yang berbentuk promosi untuk bisnis mu? Jangan lupa untuk membagikannya di Google Bisnisku juga, Ya. Di Google Bisnisku ada fitur Post yang bisa kamu gunakan untuk membagikan konten promosi atau konten lainnya layaknya di media sosial.

Google My Business Insights

Fitur Google Bisnisku yang bisa kamu  gunakan sebagai pemilik bisnis adalah Google My Business Insights. Jika fitur sebelumnya bisa di lihat oleh pelanggan dan memberikan informasi terkait bisnis, maka fitur yang terakhir ini berbeda.

Google My Business Insights hanya bisa di lihat oleh kamu sebagai pemilik bisnis dan dapat memberikan informasi seperti berapa kali profil bisnis kamu di kunjungi pengguna. Informasi ini akan sangat berguna untuk kebutuhan digital marketing kamu, Lho.

Manfaat Menggunakan Google Bisnisku

Usai mengetahui apa itu google bisnisku beserta semua fitur yang ada di dalamnya apakah kamu masih ragu menggunakan Google Bisnisku untuk mengembangkan bisnis ? Jika ya, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari alat ini yang mungkin akan menghlangkan keraguanmu.

Mudah di Temukan

Salah satu keunggulan besar yang di berikan oleh Google Bisnisku adalah bisnis akan lebih mudah di temukan oleh semua orang. Saat mencari bisnis kamu di Google, akan ada berbagai informasi, termasuk alamat bsinis.

Kemudian dari alamat tersebut, pelanggan bisa langsung menggunakan Google Maps untuk menuju toko atau bisnis mu kapanpun mereka menginginkannya. Selain itu, akun Google Business juga akan membantu kamu meningkatkan SEO.

Saat orang mencari bisnis kamu di Google, ada kemungkinan besar bisnis kamu nanti akan muncul di halaman pertama pencarian Google. Selain itu, Google Bisnisku juga memiliki fitur analitik yang memungkinkan kamu menganalisis kinerja bisnis dan mengatur strategi periklanan yang tepat.

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Kamu bisa mendapatkan ulasan atau review dari pelanggan dengan mengenal apa itu Google Bisnisku dan membuat akun bisnis disana. Dengan ulasan yang di berikan pelanggan, kepercayaan pelanggan lain terhadap bisnis kamu pasti akan meningkat.

Mereka tidak akan ragu untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Sebab, menurut riset pelanggan mempercayai ulasan online sebanyak rekomendasi dari orang-orang terdekat mereka.

Memberikan Informasi Kepada Pelanggan

Di era digital yang kian maju ini, banyak pelanggan yang melakukan riset secara online sebelum mengunjungi suatu tempat usaha. Nah, Google Bisnisku adalah solusi yang tepat untuk memberikan informasi tentang pelanggan agar lebih memahami bisnis yang kamu kelola.

Dengan informasi yang detail, pelanggan pasti tidak akan ragu untuk datang langsung ke tempat usaha kamu. Selain itu, dengan menambahkan informasi alamat dan jam buka maka ini akan  memudahkan pelanggan untuk mengidentifikasi bisnis kamu sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakannya.

Memudahkan Bisnis untuk Mendapatkan Ulasan

Mendapatkan review dari pelanggan penting untuk mendapatkan perkembangan bisnis yang lebih baik. Berdasarkan penelitian yang pernah di lakukan, lebih dari 63% calon pelanggan melihat ulasan situs web sebelum mengunjungi suatu tempat.

Artinya, calon pelanggan mempercayai situs web yang memiliki ulasan baik sebelum menggunakan produk atau layanan yang di tawarkan.

Dapat Melakukan Analisis Klien

Google Bisnisku menyediakan fitur ‘Insight’ yang berfungsi untuk melihat bagaimana performa bisnis kamu jika di bandingkan dengan bisnis lainnya. Selain itu, kamu juga bisa melihat berapa banyak pelanggan yang menemukan bisnis kamu, dari mana mereka berasal, dan bagaimana mereka bisa menemukan bisnis yang kamu kelola.

Google Bisnisku Terlihat di Semua Perangkat

Google Bisnisku ini di dukung di seluruh perangkat. Jadi, calon pelanggan akan sangat mudah menemukan bisnis kamu kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan smartphone atau tablet mereka.

Itulah dia sedikit informasi mengenai apa itu Google Bisnisku, fitur yang di sediakan serta manfaat yang di berikan alat besutan Google ini. Memiliki profil Google Bisnisku adalah salah satu strategi pemasaran gratis yang bisa memberikan dampak positif bagi bisnis kamu. Bagaimana. tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga