fbpx

Apa Itu Google Analitycs? Kenali Pengertian Dan Manfaatnya

Belakangan ini Anda mungkin mencari penjelasan apa itu Analitycs? Ya, tool yang satu ini akan banyak disarankan bagi pemilik untuk memudahkan pembuatan keputusan, utamanya yang berkaitan dengan digital.

Ini karena alat yang satu ini mampu menyediakan berbagai data penting untuk keperluan analisis.

Apa Itu Google Analitycs?

Jadi apa itu Google Analitycs? Mudahnya, adalah alat pengumpul data web untuk memudahkan penggunanya menganalisis metrik-metrik tertentu.

Temuan dari alat ini kemudian banyak dimanfaatkan dalam penyusunan strategi pemasaran digital website bisnis mereka. Alat ini menjadi populer karena dianggap efektif, terlebih karena bekerja dengan baik dengan produk Google yang lainnya.

Tool ini ditawarkan secara gratis dengan opsi berbayar untuk Google Analytics 360 yang dilengkapi fitur yang lebih lengkap. Pada versi gratisnya, pengguna bisa menganalisis data statistik mendasar, antara lain:

  • Pengguna: yaitu jumlah pengunjung unik dalam jangka waktu tertentu
  • Pengguna aktif: yang merupakan jumlah orang yang sedang berkunjung saat itu juga
  • Sesi: jumlah interaksi pengunjung dengan situs web dalam jangka waktu tertentu
  • Bounce : yang mewakili jumlah pengunjung yang menutup jendela atau klik kembali
  • Durasi sesi: yaitu lamanya rata-rata pengunjung menghabiskan waktu di situs  
  • Lokasi: menunjukkan lokasi pengunjung dalam jangka waktu tertentu
  • Sesi menurut perangkat: untuk melihat grafik jenis perangkat yang digunakan pengunjung untuk mengakses website
  • Pengguna berdasarkan waktu: grafik hari dan waktu pengunjung
Baca Juga :  Perbedaan Cloud Hosting vs VPS, Mana yang Lebih Unggul?

Selain itu, Google Analytics juga dapat menyajikan detail interaksi pengunjung, antara lain meliputi Realtime, Audiens, Akuisisi, Perilaku dan Konversi.

Manfaat Google Analytics

Tentu saja, ada sejumlah manfaat yang bisa dirasakan oleh para pemilik website, terlebih bagi website untuk keperluan bisnis. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mengetahui Kinerja Website

Statistik jumlah pengunjung website dan kesesuaiannya dengan target, seringkali menjadi metrik penentu langkah dalam strategi pemasaran digital suatu perusahaan.

Data yang juga mewakili kinerja website ini memungkinkan pemilik bisnis untuk menyusun strategi jadi lebih spesifik. Ini karena data tersebut memungkinkan analisa tentang manakah halaman yang paling populer dan mana yang kurang efektif. 

2. Menilai Efektivitas Strategi Pemasaran Digital

Google Analytics dapat membantu pemilik website untuk menilai apakah kampanye yang sudah dijalankan dapat memberi dampak sesuai harapan.

Ini karena tool ini dapat memberikan wawasan tentang jumlah pengunjung, rata-rata durasi kunjungan, website perujuk, minat dan lokasi geografis. Data ini dapat membantu bisnis dalam meninjau efektivitas strategi pemasaran digital.

3. Membantu dalam Pembuatan Keputusan

Beberapa metrik dalam Google Analytics memungkinkan bisnis dalam memahami bagaimana orang mengunjungi situsnya.

Anda pun bisa membuat sejumlah penyesuaian untuk bisa mendapatkan hasil yang diharapkan. Mana yang relevan dan lebih disukai pengunjung, di situlah poin yang mungkin perlu mendapat perhatian lebih. 

Misalnya, jika pengunjung lebih menyukai konten berupa video, Anda pun bisa mengetahui seberapa sering konten tersebut ditonton. Juga, apakah penonton melihat video tersebut sampai selesai dan jenis pengunjung yang mana yang sering menonton konten tersebut.  

4. Meningkatkan Ranking di SERP Google

Google Analytics memungkinkan penggunanya untuk mengetahui bagaimana orang bisa menemukan website Anda. Selain itu, alat ini juga membuat pemilik website mengetahui kata kunci apa saja yang memandu orang ke website.

Baca Juga :  7 Cara Mudah Menghilangkan Malware 

Temuan ini, kemudian dapat dimanfaatkan dalam upaya Optimization () agar situs bisa lebih sering berada di halaman hasil penelusuran (Search Engine Result Page – SERP) urutan atas.

Dengan optimasi yang baik, memungkinkan website untuk memiliki lebih banyak cara untuk bisa menghasilkan traffic organic.

Dengan kata kunci yang tepat, berbagai kanal seperti website, media sosial hingga iklan konvensional dapat mencapai hasil yang optimal.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang apa itu Google Analitycs dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh bisnis melalui website-nya.

Tool ini bisa dimanfaatkan untuk bisa mencapai kinerja dan hasil yang sesuai harapan. Terlebih dengan tersedianya opsi berbayar untuk fitur yang lebih lengkap.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.