fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu Front-End? Ketahui Pengertian Dan Keahlian yang Diperlukan

Yodik Prastya

Front-end adalah salah satu komponen yang ada dalam proses pengembangan website. Orang yang menangani masalah front-end disebut sebagai front-end developer. Walaupun penggunaan website sudah semakin umum. Namun, ternyata masih ada yang tidak memahami apa itu Front-end.

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang front-end developer. Maka Anda perlu memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan front-end, tugas yang perlu dilakukan, dan keahlian yang perlu dimiliki.

Mengenal Apa Itu Front-End

Seperti yang disebutkan sebelumnya, front-end adalah salah satu bagian dari pengembang website. Seperti namanya, front-end berkaitan dengan tampilan dari website. Hal ini meliputi gambar, teks, tombol, dan menu yang tampil di bagian awal website.

Bagian ini dioleh dengan berbagai media seperti HTTP, CSS, dan tidak jarang JavaScript. Walaupun berhubungan dengan tampilan dari website. Namun, tugas utama mereka tidak berkaitan dengan desain. Karena hal itu adalah tugas dari UI Designer.

Jadi, fokus dari mereka adalah untuk memindahkan desain yang telah dibuat UI Design pada website. Kemudian, desain itu dibuat agar lebih interaktif dengan orang yang mengakses website.

Tugas dari Seorang Front-End Developer

Setelah memahami pengertian dari apa itu front-end, selanjutnya akan dibahas mengenai apa tugas dari front-end developer itu sendiri. Tentu saja, ada beragam tugas dan tanggung jawab dari profesi ini. Namun, ada batasan yang berlaku juga.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, walaupun terlibat pada penampilan dari sebuah website. Sebenarnya Front-End Developer tidak menangani desain website namun UI Designer. Jadi sebenarnya apa tugas dan tanggung jawab dari seorang front-end developer?

  • Menerapkan konsep dari desain website pada website dengan menggunakan bahasa pemograman. Biasanya menggunakan bahasa pemograman seperti CSS, HTML, maupun JavaScript.
  • Memelihara dan melakukan pengembangan pada antarmuka yang digunakan website.
  • Meningkatkan pengalaman penggunaan dengan menambah dan menciptakan fitur baru.
  • Memastikan kelancaran akses website baik dari platform dekstop, smartphone, dan sebagainya.
  • Memastikan kestabilan dalam akses website baik dari kecepatan maupun skalabilitasnya agar tetap maksimum.
  • Menerapkan elemen grafik pada website. Seperti, audio, video, gambar, dan sebagainya dalam website.
  • Memantau kinerja website.
  • Memastikan website dan tampilannya selalu fungsional.
  • Memahami penggunaan dan metode SEO untuk pengembangan pengalaman penggunaan.

Itulah berbagai tugas dari mereka, ternyata ada banyak sekali yang menjadi tanggung jawabnya. Dalam tugasnya tersebut, ada juga batasan yang membuat tugas dari seorang front-end developer berbeda dengan aspek lain dalam pengembangan situs.

Keahlian yang Perlu Untuk Dimiliki

Setelah mengetahui apa itu Front-end dan tugasnya, selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah kemampuan atau keahlian apa saja yang perlu dimiliki untuk menjadi seorang Front-End developer.

Tentu saja, dalam menjalankan tugasnya ada beberapa set kemampuan yang harus dimiliki. Berikut adalah berbagai kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang front-end developer.

1. Menguasi Tiga Bahasa Pemograman Utama

Seorang Front-End developer wajib hukumnya menguasai bahasa pemograman. Utamanya adalah CSS, HTTP, dan JavaScript. Karena ketiga bahasa pemograman inilah yang paling sering digunakan.

2. Menguasai Pengetahuan Tentang SEO

Seorang front-end developer juga diharapkan menguasai SEO, dengan begitu bisa memahami apa yang dicari oleh para pengguna dan pengunjung website. Sebagai bagian dari bahan pengembangan website.

3. Dapat Bekerja dengan Framework dan Library

Penguasaan terhadap aplikasi Framework dan Library juga sangat dibutuhkan. Tujuannya adalah pekerjaan dapat lebih serasi dan bersinergi dengan bagian yang lainnya.

Itulah pembahasan mengenai apa itu front-end, tugasnya, dan juga keahlian yang diperlukan. Jika Anda ingin menempati posisi ini. Pastikan Anda memahami tugas dan memiliki kemampuan yang diperlukan.

Baca Juga