fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu Exact Match Domain, Ketahui Pengertian Dan Tips Memilihnya

Yodik Prastya

Sebelum Google melakukan update besar-besaran pada algoritma yang dimilikinya, ada istilah yang cukup dikenal yakni exact match domain. Jadi, apa itu exact domain? Mungkin pertanyaan itulah yang saat ini berada di kepalamu.

Untuk dapat kesempatan agar konten yang kamu miliki bisa berada di laman Google, umumnya website waktu itu memakai exact match domain. Secara sederhana, exact match domain yakni domain yang memang sesuai dengan keyword.

Tentu saja, exact match domain itu memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap SEO. Pasalnya, hal itu menjadi nama domain yang memang punya high valuable keyword.

Ingin informasi yang lengkap tentang exact match domain? Kami sudah menyediakan informasi lengkapnya yang telah dirangkum di sini.

Apa Itu Exact Match Domain?

Exact Match domain merupakan domain yang di dalamnya memiliki kata kunci. Nah, kata kuncinya itu persis dengan keyword yang memang ditargetkan oleh pengelola website untuk search engine.

Contohnya saja, kalau target keywordnya adalah ‘undangan digital’, maka exact match domain yang bisa dipakai adalah undangandigital.maker.

Tidak hanya untuk mengoptimalkan website agar ada di laman pertama Google saja, penggunaan match domain ini pun juga diharapkan bisa menjangkau target pemasarannya.

Contohnya seperti yang sudah kami sampaikan mengenai exact match domain. Seseorang yang memakai keyword tersebut untuk bermain, ingin agar website miliknya bisa dijangkau oleh orang-orang yang membutuhkan undangan digital.

Awal kepopuleran domain ini tepatnya tahun 2003. Ketika itu, ada domain yang bergerak pada bidang pariwisata yaitu hotels.com. Domain saja, bisa laku sampai harga 11 juta rupiah dan sampai saat ini menjadi domain yang dibeli dengan harga termahal.

Setelah itu, ada berbagai teori yang berkata kalau keyword phrase di nama domain bisa menawarkan ranking tinggi untuk siapa saja yang menggunakannya. Maka, jangan heran kalau EMD dulu digunakan oleh cukup banyak orang.

Tips Memilih Exact Match Domain

Setelah tahu tentang pengertiannya serta pengaruhnya pada ranking, kamu mungkin ingin menggunakan Exact Match domain juga. Kami punya beberapa tips kalau ingin memilihnya:

1. Pilih Nama Domain Singkat

Pertama, pastikan kalau kamu memilih nama domain yang singkat. Sebagaimana yang sudah diketahui, domain itu dibuat bukan untuk keren-kerenan. Melainkan agar pengunjung bisa gampang mengingatnya.

Pemilihan nama domain jelas akan berpengaruh besar ke ranking website. Semakin ringkas nama domain maka semakin gampang juga diingat.

2. Gunakan TLD Populer

TLD atau Top Level Domain adalah bagian akhir nama domain yang letaknya setelah tanda titik. Dengan adanya TLD ini, biasanya akan membantu website terhindar dari adanya spam karena TLD punya rating trust yang tinggi.

Contohnya saja ada .co, .com, .id, .org, dan lainnya. Paling populer yakni TLD .com karena telah dipakai 46,9% dari semua nama domain yang sudah terdaftar. Kamu pun bisa menggunakannya agar ranking website jadi lebih baik.

3. Mendukung Strategi SEO

Strategi SEO yang kami maksudkan dalam pemilihan domain tentu saja yakni unggahan konten relevan dan berkualitas. Kamu pun harus rajin dalam melakukan optimasi landing page, profile backlink juga harus dibangun.

Meskipun kamu sudah menggunakan Exact Match Domain yang bagus sekalipun, jika tidak memakai strategi SEO yang tepat maka percuma saja.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai apa itu Exact Match Domain dan juga penjelasan mengenai tips untuk memilihnya. Semoga membantu.

Baca Juga