fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu Duplicator, Plugin yang Memudahkan Migrasi dan Backup Website

Yodik Prastya

Mencari alat yang memudahkan Anda untuk pembuatan website secara offline? Alat semacam ini juga banyak dipergunakan untuk kebutuhan memindahkan website dari satu hosting ke layanan lainnya. Jika demikian, Anda mungkin tertarik untuk mengetahui apa itu Duplicator.

Apa Itu Duplicator

Apa itu Duplicator dapat dijelaskan sebagai sebuah plugin WordPress yang memungkinkan penggunanya untuk membuat duplikat atau salinan sebuah website. Hasil duplikasi ini kemudian bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk diaktifkan di hosting yang baru, atau untuk diuji di ekosistem komputer pribadi sebelum di-online-kan. Plugin ini ditujukan untuk memudahkan proses migrasi website maupun file secara manual.

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa layanan hosting saat ini sudah banyak menawarkan jasa migrasi secara gratis dalam layanan mereka. Anda sebagai pengguna tidak perlu repot-repot melakukan hal teknis dan cukup terima jadi saja. Namun biasanya, layanan semacam ini dihargai dengan biaya layanan yang cukup tinggi dan tak selalu mampu ditebus oleh para pemilik website.

Untuk alasan lain, mungkin ada kalanya pengelola website juga harus melakukan migrasi website secara manual. Salah satu kendalanya adalah, migrasi manual rentan dengan masalah error database import export dan path. Terlepas dari itu, memindahkan website secara mandiri ini juga bisa memakan waktu yang lama. 

Fungsi Dari Duplicator

Plugin Duplicator ini menawarkan fungsi dan fitur untuk:

  • Memungkinkan Anda untuk memindahkan website dengan downtime seminimal mungkin, baik itu migrasi antar domain maupun hosting
  • Memungkinkan Anda untuk memindahkan segala macam file, mulai dari gambar, tema bahkan plugin WordPress sekalipun
  • Membuat salinan website untuk pengujian di local host sehingga testing tidak mempengaruhi status website Anda
  • Membuat salinan website sebagai sebuah file cadangan yang kemudian dapat disimpan dan dikelola dengan mudah
  • Migrasi website WordPress Anda tanpa harus melakukan instal ulang dan konfigurasi lagi  

Fitur-Fitur Duplicator

Perlu Anda ketahui pula bahwa plugin ini ditawarkan dalam 2 opsi, yaitu gratis dan berbayar. Untuk versi gratis, plugin ini sudah cukup efektif digunakan untuk kebutuhan standar. Berikut ini fitur-fitur yang bisa Anda pergunakan pada Duplicator gratis:

  • Mencadangkan file dan database, artinya Anda bisa membuat salinan semua file maupun database yang ada di website. Meskipun pada versi gratis ini tidak ada opsi membuat cadangan secara otomatis, jika yang Anda butuhkan hanya untuk migrasi sekali waktu saja, maka tidak ada masalah bukan?
  • Fitur Directory Filters yang memungkinkan Anda untuk menentukan file dan direktori khusus yang ingin dipindah atau sebaliknya. Mungkin saha ada direktori tertentu yang dirasa tidak penting dan tidak ingin menambahkannya.
  • Fitur Database Table Filters ini mirip dengan fitur di atas, hanya saja item yang di sortir adalah basis data. Jadi, Anda dapat menentukan sendiri database mana yang akan dicadangkan atau dipindah.
  • Migration Wizard yang memudahkan Anda memindahkan website secara otomatis dalam beberapa klik saja. Pada versi berbayar (Pro), Anda juga bisa membuat database pada hosting yang baru melalui wizard ini.

Penggunaan Duplicator mungkin bisa Anda selesaikan dari Wizard untuk kemudian menghasilkan sebuah file salinan yang bernama package. Untuk memindahkan website dalam package ini ke hosting baru, Anda cukup mengupload  file installer.php pada lokasi yang sama. Jika sudah jalankan installer lalu lakukan 4 langkah untuk membuat website cadangan tersebut online.

Kesimpulan

Sudah memiliki gambaran tentang apa itu Duplicator dan bagaimana menggunakannya? Duplicator memudahkan Anda memindah atau mencadangkan website, bahkan jika Anda seorang pemula sekalipun. Meskipun beberapa fitur di versi gratisnya sedikit dibatasi, Anda masih bisa melakukannya secara manual.

Baca Juga