fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu Domain Authority? Pengertian dan Tips Optimasi

Muhammad Rizqy

Ketika melakukan search engine optimization (SEO) tentu tidak lepas dari DA. Itulah sebabnya, perlu tahu apa itu Domain Authority (DA). Begitu juga dengan Page Authority (PA).

Meskipun bukan penentu utama, nyatanya skor domain authority bisa mendukung suatu website bertengger di halaman pertama pencarian. Jika menggabungkan dengan optimasi lainnya, tentu impian berada di page one bisa terwujud.

Pengertian Domain Authority

Otoritas domain ini adalah pemberian skor dari skala 1 sampai 100. Nilai tersebut memberikan gambaran rank suatu website terhadap mesin pencari. Artinya, semakin tinggi angkanya, maka peringkatnya lebih baik.

Otomatis, hal tersebut juga akan berpengaruh pada potensi website tersebut masuk di hasil teratas pencarian search engine. Tentu saja, masih perlu dukungan juga dari optimasi lainnya.

Selanjutnya, bisa jadi akan muncul pertanyaan, apa itu page autrhority? Berbeda dengan DA yang scoring-nya berdasar pada domain, PA berlandaskan halaman dalam website tersebut.

Skalanya juga dari 1 hingga 100. Melalui penilaian ini, Anda akan mudah memahami konten mana yang lebih memerlukan optimasi. Score PA yang bagus juga memberi peluang website tampil di page one hasil pencarian.

Cara Mengetahui Skor DA

Ingin mengecek nilai domain authority website Anda? Ada beberapa tools yang berfungsi melakukan hal tersebut. Di antaranya adalah:

  • DA checker dari Small SEO Tools.
  • Prepostseo Domain Authority Checker.
  • Bulk DA checker.
  • MOZ Opensite Explorer.

Tentu saja, masih ada tools lainnya. Namun, keempat alat di atas cukup populer. Cara penggunaannya pun mudah. Cukup menyalin URL ke kolom yang tersedia, lalu konfirmasi pengecekan.

Tips agar Nilai Domain Authority Meningkat

Setelah mengetahui pengertian dan pentingnya DA, tentu Anda ingin meningkatkan nilainya, bukan? Untuk melakukannya, bisa dengan menerapkan beberapa tips, yaitu:

1. Publish Konten Berkualitas

Pertama, fokus pada konten, hanya menerbitkan yang berkualitas. Artinya, buatlah unggahan yang informatif, memberikan solusi, maupun menghibur. Sangat penting melakukan riset terlebih dahulu mengenai tema yang memiliki banyak peminat.

Selanjutnya, optimasi domain authority adalah jangan lupa juga menyertakan internal link. Tautan yang menuju ke konten lain dalam website yang sama ini akan membantu meningkatkan trafik, serta peringkatnya.

Berbeda dengan internal link, backlink merupakan tautan yang mengarah kepada situs lain. Ini merupakan salah satu cara untuk memverifikasi relevansi suatu situs. Oleh sebab itu, pastikan menggunakan pranala balik yang berkualitas.

Kendati demikian, pastikan untuk tidak melakukan spam backlink. Pasalnya, hal ini akan berpengaruh buruk juga pada penilaian mesin pencarian. Bahkan, bisa jadi mendapat sanksi terburuk dari Google berupa banned.

4. Lakukan Promosi Konten

Langkah lain yang perlu Anda lakukan adalah mempromosikan konten. Jika sudah selesai publish, jangan hanya duduk menunggu trafik datang ke situs web. Sebaliknya, lakukanlah upaya promosi.

Anda bisa membagikan tautan menuju konten melalui media sosial. Beri teaser yang menarik, agar orang mau klik link tersebut untuk membaca lebih lanjut. Tanpa upaya promosi, maka konten Anda akan terkubur di antara jutaan postingan lainnya.

Setelah melakukan tips optimasi domain authority, jangan lupa mengecek menggunakan domain authority checker. Lakukan juga cek page authority (PA) untuk mengetahui halaman mana yang perlu perbaikan.

Dengan melakukan perbaikan, maka website Anda akan lebih mampu bersaing terhadap banyak situs lain. Pada akhirnya, bisa membantu dalam meningkatkan peluang untuk berada pada daftar atas hasil pencarian search engine.Menilik penjelasan apa itu domain authority, tentu Anda tidak akan melewatkan optimasinya dalam melakukan teknik SEO. Pasalnya, hal ini memiliki keterkaitan erat. Semakin tinggi nilai DA, potensi terindeks mesin pencari pun lebih tinggi.

Baca Juga