fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Mengenal Tentang Apa Itu Database WordPress

Yanti puspita

Dalam pengembangan website menggunakan WordPress, sangat penting untuk memahami konsep dan peran database.

Database WordPress merupakan komponen kunci yang bertanggung jawab dalam menyimpan dan mengelola berbagai data yang diperlukan untuk menjalankan sebuah website.

Pada artikel ini, akan di jelajahi secara lebih mendalam apa itu database WordPress dan bagaimana pentingnya pemahaman tentangnya dalam konteks pengembangan website. Selamat membaca!

Mengenal Database WordPress Dalam Pengembangan Website

Dalam konteks sebuah website, database merupakan tempat penyimpanan semua data penting yang dibutuhkan oleh website tersebut.

Database WordPress, khususnya, berfungsi sebagai wadah untuk menyimpan berbagai informasi seperti username dan password pengguna, artikel (post), halaman, komentar, tema, pengaturan website, dan sebagainya.

Dalam artikel ini, akan membahas beberapa hal penting terkait database WordPress. Selamat membaca!

Database pada WordPress

Dalam pengembangan situs web menggunakan platform WordPress, pemahaman tentang database WordPress menjadi sangat penting.

Database WordPress merujuk pada kumpulan data yang terstruktur dan terorganisir. Database WordPress berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan pengaturan data yang digunakan oleh situs web.

Dalam analogi yang sederhana, database WordPress dapat di bayangkan sebagai sebuah lemari yang terdiri dari beberapa bagian yang disebut tabel, di mana data disimpan.

Ketika Anda membutuhkan data tertentu, Anda dapat mencarinya di bagian yang sesuai dalam database dan mendapatkan data yang dibutuhkan.

WordPress menggunakan MySQL sebagai sistem manajemen database yang digunakan untuk membuat, menyimpan, dan mengambil data sesuai permintaan.

MySQL juga merupakan software open source yang bekerja dengan baik dengan perangkat lunak open source lainnya, seperti server web Apache, PHP, dan sistem operasi Linux.

Ketika menginstal WordPress, database MySQL di perlukan. Setiap penyedia hosting WordPress umumnya menyediakan paket hosting yang mencakup MySQL. Selama proses instalasi, informasi mengenai database WordPress di berikan, dan WordPress akan mengurusnya secara otomatis.

Database Host

Database WordPress di kelola oleh database host, yang menempatkannya pada server MySQL. Dalam analogi ini, Anda dapat mengibaratkan database host sebagai rumah yang akan Anda kunjungi setelah Anda memiliki alamat lengkapnya (hostname).

Di dalam rumah tersebut terdapat beberapa ruangan (database names) yang berisi informasi atau data yang Anda cari.

Namun, sebelum masuk ke dalam rumah tersebut, Anda harus meminta izin terlebih dahulu dengan memberikan username dan password yang valid. Selain itu, localhost di gunakan untuk mengelola dan menghubungkan WordPress dengan database.

Database Table

Dalam konteks database WordPress data di simpan dalam bentuk tabel. Setiap tabel terdiri dari baris-baris data yang unik. Masing-masing baris berisi informasi atau parameter lainnya.

Secara default, WordPress secara otomatis membuat tabel-tabel inti saat pertama kali mengatur website. Pada WordPress versi 4.4, tabel-tabel inti database berikut di buat:

  • wp_posts: Tabel ini menyimpan semua data terkait dengan postingan, termasuk halaman dan item menu navigasi.
  • wp_commentmeta: Tabel ini berisi informasi unik yang terkait dengan setiap komentar, yang di sebut metadata.
  • wp_comments: Tabel ini berisi semua komentar yang ada di situs WordPress.
  • wp_options: Tabel ini berisi data yang di gunakan oleh WordPress untuk menyimpan preferensi dan pengaturan konfigurasi.
  • wp_termmeta: Tabel ini berisi informasi unik yang terkait dengan setiap entri kategori atau tag pada tabel wp_terms.
  • wp_users: Tabel ini mengelola daftar pengguna.
  • wp_terms: Tabel ini berisi tidak hanya postingan dan tautan, tetapi juga tag khusus untuk postingan.
  • wp_term_taxonomy: Tabel ini menggambarkan taksonomi (kategori, tautan, atau tag) untuk entri pada tabel wp_terms.
  • wp_postmeta: Tabel ini, seperti wp_commentmeta, berisi informasi unik yang terkait dengan setiap postingan, yang di sebut metadata.
  • wp_links: Tabel ini berisi informasi terkait dengan link yang di tambahkan dalam fitur Links di WordPress.
  • wp_usermeta: Tabel ini berisi informasi unik yang terkait dengan setiap pengguna, yang di sebut metadata.

Query SQL

SQL merupakan kependekan dari Structured Query Language, dan di kenal sebagai bahasa pemrograman yang di gunakan untuk mengelola database.

Permintaan atau perintah SQL yang di kirimkan untuk melakukan operasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) pada server database di sebut query.

Query memiliki berbagai kegunaan, terutama dalam optimasi halaman web. Sebagai contoh, query dapat di gunakan untuk menghapus komentar spam yang membebani database dan menurunkan kecepatan loading halaman web.

Untuk melakukan hal tersebut, dapat di jalankan perintah berikut: DELETE FROM wp_comments WHERE wp_comments.comment_approved = ‘spam’.

Query juga dapat di gunakan untuk menghapus postingan yang tidak lagi di perlukan, seperti postingan yang sudah usang.

Mengapa WordPress Membutuhkan Database

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu di pahami bahwa database merupakan tempat untuk menerima, menyimpan, dan mengelola data serta informasi penting. Database wp merupakan kumpulan data yang terstruktur dan terorganisir.

Dalam dunia teknologi informasi, sistem manajemen database (DBMS) merujuk pada perangkat lunak yang berinteraksi dengan pengguna, data, serta menerima dan menyimpan data.

Secara sederhana, database wp dapat di ibaratkan sebagai drive komputer yang menyimpan gambar atau video, atau binder kartu nama bisnis yang di gunakan untuk menyimpan kartu nama.

MySQL adalah perangkat lunak sumber terbuka yang bertanggung jawab atas pengelolaan komponen database WordPress, termasuk data pengguna, meta pengguna, postingan, komentar, dan sebagainya.

WordPress menjalankan bahasa pemrograman PHP yang menggunakan query SQL dalam markup PHP sebagai bahasa instruksi untuk operasi CRUD data pada database MySQL.

Database wp menjadi hal yang penting dan berguna untuk menyimpan semua informasi. Database wp juga memastikan bahwa halaman situs web berjalan dengan lancar dan di optimalkan sepenuhnya.

Dengan adanya perangkat lunak ini, pengguna juga dapat melakukan pencadangan data secara teratur.

Cara Mengelola Database WordPress

Untuk mengelola database wp atau server MySQL, Anda dapat menggunakan aplikasi phpMyAdmin. PhpMyAdmin adalah aplikasi berbasis web yang sumber terbuka dengan antarmuka pengguna yang mudah di gunakan.

Anda dapat mengakses phpMyAdmin melalui halaman Manajemen Database di hPanel. Setelah masuk ke phpMyAdmin, Anda akan di hadapkan dengan antarmuka pengguna phpMyAdmin.

Di antarmuka tersebut, Anda akan melihat tabel-tabel inti yang di buat oleh wp. Jika tidak ada perubahan signifikan yang telah di lakukan pada situs web, maka tidak akan ada tabel tambahan yang di buat.

Penting untuk di ingat bahwa ketika melakukan perubahan pada database wp, tabel-tabel juga akan di tambahkan. Oleh karena itu, penting untuk mengelola database dengan baik dan benar.

Salah satu manajemen dasar yang dapat di lakukan adalah dengan membuat pencadangan data. Anda dapat mengklik tab “Export” dan memilih opsi yang sesuai untuk melakukan pencadangan.

Kesimpulan

Dengan pemahaman yang kokoh tentang konsep dan peran database wp, Anda dapat lebih efektif dalam mengelola dan mengoptimalkan website menggunakan platform ini.

Memahami bagaimana database wp menyimpan data penting dan pengaturan website merupakan langkah penting dalam meraih keberhasilan pengembangan website yang sukses.

Teruslah eksplorasi dan tingkatkan pengetahuan Anda tentang database WordPress untuk meningkatkan keterampilan pengembangan web Anda.

Baca Juga