fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu Core Web Vitals, Ketahui Pengertian Dan Cara Untuk Optimasinya

Yodik Prastya

Beberapa tahun lalu ternyata Google sudah memperkenalkan Core Web Vitals. Pastinya banyak yang merasa penasaran tentang apa itu Core Web Vitals.

Jangan merasa khawatir karena kita bakalan membahasnya di sini. Core Web Vitals adalah metrik baru yang mampu gabungkan sinyal UX supaya mampu berikan user experience pada halaman situs web.

Google ini mempergunakan page experience sebagai faktor ranking Google. Jadi faktor tersebut nantinya bakalan didukung oleh beragam indikator yang sering disebut Core Web Vitals.

Sebetulnya page experience tersebut menjadi faktor terpenting agar nantinya mampu peroleh ranking Google.

Inilah mengapa anda perlu memaksimalkan semuanya hanya dengan mempelajari tentang apa itu Core Web Vitals serta cara optimasinya.

Mengenal Apa Itu Core Web Vitals

Core Web Vitals adalah kumpulan beragam faktor khusus yang terbilang penting bagi Google demi kenyamanan serta pengalaman para pengguna halaman website. Sebetulnya Core Web Vitals ini terdiri atas:

  • HTTPS
  • Mobile friendly
  • No intrusive interstitial
  • Safe browsing

Sederhananya tentu saja Core Web Vitals sudah menjadi bagian dari faktor page experience Google. Jadi Core Web Vitals tersebut kini dijadikan sebagai suatu cara bagi Google untuk mengukur UX halaman sebuah situs secara menyeluruh.

Cara Mudah Optimalkan Skor Web Vitals

Ketika anda sudah mengerti tentang apa itu core web vitals. Anda pun juga harus mengerti tentang cara optimalkan skor dari setiap indikatornya. Adapun cara terbaik optimasi core web vitals yakni berikut ini:

Melakukan optimalisasi LCP

Supaya mampu optimalkan skor dengan kecepatan loading yang cepat. Alangkah baiknya anda kompres file dan gambarnya terlebih dahulu. Anda bahkan juga bisa pergunakan plugin seperti hanya lazy road.

Sederhanakan saja file JavaScript kemudian perkecil ataupun perbaiki render blocking JavaScript. Usahakan melakukan perbaikan rendering di browser. Pastikan pula anda  mempergunakan JavaScript unyuk hal yang terbilang penting.

Optimalisasi FID

Skor yang berasal dari Google untuk metrik sekitar 100 milidetik. Cara termudah untuk memperoleh nilai hanya dengan mempercepat kecepatan website. Lantas bagaimanakah cara untuk tingkatkan page speed. Tentunya hanya perlu meminimalkan pemakaian kode JavaScript. Bisa juga anda pergunakan tools page Speed Insight.

Optimalisasi CLS

Supaya anda mampu peroleh skor yang telah ditentukan oleh Google yakni 0,1. Maka anda pun bisa pergunakan tools page Speed Insight kemudian masuk pada diagnostik. Di sana nantinya akan tersedia beragam elemen penting yang mampu kurangi skor anda.

Untuk bisa mengatasinya tentu anda perlu pergunakan plugin lazy load. Usahakan ukuran layout gambar mempergunakan JavaScript.

Itulah tadi beragam cara termudah untuk mengoptimalkan skor dari cara ini. Sebetulnya core web vital ini kumpulan dari beragam faktor yang memang dianggap begitu penting oleh Google.

Faktor-faktor tersebut bisa menentukan rangking dari suatu situs website yang berada pada Search Engine Google. Jadi bagi siapapun anda yang berusaha memperbaiki ranking serta mencapai peringkat nomor satu, usahakan memperhatikan beragam faktor yang ada dalam cara ini.

Penutup

Mengetahui pengertian dari apa itu core web vitals terbilang penting sekali. Terlebih bagi siapa saja yang memang ingin memperoleh ranking dalam mesin pencari. Core web vitals begitu erat sekali kaitannya dengan kualitas situs web.

Hanya melalui panduan dari core web vitals maka sang pemilik situs website akan terasa lebih mudah melakukan sebuah evaluasi terkait kualitas websitenya. Bahkan diharapkan untuk tidak sembarangan dalam pemilihan perusahaan yang memberikan tawaran layanan jual hosting murah.

Semoga saja dengan hadirnya penjelasan di atas semakin memperluas pengetahuan anda mengenai apa itu core web vitals serta penjelasan penting lainnya. Karena bagaimana pun juga bab ini menarik untuk anda pelajari.

Baca Juga