fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu CI/CD, Ketahui Pengertian, Tahapan dan Contohnya

Yodik Prastya

Pengembangan perangkat lunak telah mengalami transformasi besar dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu konsep yang telah menjadi sangat penting dalam dunia pengembangan perangkat lunak adalah CI/CD. CI/CD adalah singkatan dari Continuous Integration (CI) dan Continuous Deployment (CD), yang merupakan metodologi penting dalam pengembangan perangkat lunak modern.

Untuk menambah wawasan Anda mengenai CI/CD, inilah ulasan baik dari tahapan dalam penerapannya, serta beberapa contoh implementasinya.

Apa Itu CI/CD?

CI/CD adalah pendekatan dalam pengembangan perangkat lunak yang bertujuan untuk mengotomatiskan proses pengujian, integrasi, dan distribusi kode secara terus-menerus. Dengan kata lain, CI/CD memungkinkan pengembang untuk secara otomatis mengintegrasikan perubahan kode ke dalam repositori utama.

Setelah menjalankan serangkaian pengujian otomatis, dan mendistribusikan perangkat lunak ke lingkungan produksi secara lancar maka hasil ujinya pun akan bisa diketahui secara langsung. Dengan kata lain, fungsi dari CI/CD adalah membantu dalam kinerja tim operations dan tim development saat melakukan aktivitas DevOps.

Tahapan dalam CI/CD

Untuk melakukan uji keberhasilan, penerapan CI/CD melalui sejumlah tahapan. Tahapan dalam CI/CD dapat dibagi menjadi beberapa langkah utama antara lain:

Continuous Integration (CI)

Pada tahap ini, setiap perubahan kode yang diajukan oleh pengembang diintegrasikan ke dalam repositori utama secara otomatis. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa perubahan kode tidak mengganggu kode yang sudah ada dan untuk meminimalkan konflik integrasi di masa depan.

Automated Testing

Setelah kode diintegrasikan, langkah berikutnya adalah menjalankan serangkaian pengujian otomatis. Ini termasuk pengujian unit, pengujian fungsional, dan pengujian integrasi. Tujuannya adalah untuk mendeteksi dan memperbaiki masalah secepat mungkin.

Continuous Deployment (CD)

Jika pengujian otomatis berhasil, perubahan kode siap untuk didistribusikan. CD melibatkan otomatisasi distribusi perangkat lunak ke lingkungan produksi. Ini memungkinkan perubahan kode untuk segera tersedia bagi pengguna akhir.

Monitoring dan Feedback

Setelah perangkat lunak diimplementasikan di lingkungan produksi, proses CI/CD tidak berakhir. Tim pengembangan perlu terus memantau performa aplikasi dan mendapatkan umpan balik dari pengguna untuk perbaikan lanjutan.

Contoh Implementasi CI/CD

Contoh nyata implementasi CI/CD dapat ditemukan di banyak perusahaan teknologi terkemuka. Salah satu contoh yang terkenal adalah Netflix. Netflix menggunakan CI/CD untuk mengelola layanan streaming mereka. Setiap perubahan kode diuji secara otomatis, dan jika pengujian berhasil, perubahan tersebut akan diterapkan ke layanan streaming secara otomatis.

Hal ini memungkinkan Netflix untuk terus memperbarui dan meningkatkan layanan mereka tanpa gangguan berarti bagi pengguna. Perusahaan e-commerce seperti Amazon juga sangat mengandalkan CI/CD. Amazon secara teratur merilis perubahan ke platform e-commerce mereka dengan cepat dan aman menggunakan pendekatan CI/CD. Ini memungkinkan mereka untuk mengikuti tren pasar dan memperbaiki pengalaman pengguna dengan cepat.

CI/CD adalah pendekatan penting dalam pengembangan perangkat lunak modern yang memungkinkan pengembang untuk mengotomatiskan proses pengujian, integrasi, dan distribusi kode. Dengan melakukan ini, tim pengembangan dapat menghasilkan perangkat lunak berkualitas tinggi dengan cepat dan aman.

Beberapa contoh implementasi CI/CD di perusahaan seperti Netflix dan Amazon menunjukkan betapa efektifnya pendekatan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk berinovasi dengan cepat dan tetap bersaing dalam pasar yang berubah dengan cepat.

Oleh karena itu, CI/CD adalah konsep yang penting bagi setiap pengembang perangkat lunak yang ingin sukses dalam era digital saat ini. Beberapa tool yang saat ini popular digunakan antara lain Jenkins, CircleCI, TeamCity, GitLab dan Bamboo. Itulah penjelasan lengkap mengenai CI/CD, semoga Anda semakin memahaminya!

Baca Juga