fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu CDN, Kenali Pengertian dan Beberapa Manfaatnya

Yodik Prastya

Sudahkah kamu tahu betul tentang apa itu CDN? Istilah ini mungkin sudah sangat akrab apalagi di telinga orang yang kini sedang belajar dan mendalami hosting serta website. Teknologi satu ini memang cukup banyak dipakai oleh pengembang maupun pengelola website dengan fungsi menjaga stabilitas situs website saat bermasalah.

Contohnya saja, CDN bisa mempercepat loading dari website. Fungsinya tentu memastikan pengiriman konten yang statis dari lokasi server paling dekat dengan pengguna yang sedang mengakses websitemu. Hal itu bisa meningkatkan kecepatan respon dari suatu website ketika sedang ada orang yang mengaksesnya.

CDN itu sendiri memang ditujukan bagi website dengan skala besar yang mempunyai sangat banyak konten. Walaupun begitu, sebenarnya tidak hanya website berskala besar saja yang bisa menggunakannya. Semua website masih bisa memakai CDN ini.

Apa Itu CDN

Bagi yang belum tahu, CDN merupakan singkatan dari Content Delivery Network yang merupakan kumpulan server global yang letaknya pada beberapa data center. Biasanya memang tersebar di beberapa negara.

Jaringan ini mempunyai fungsi untuk mengirim konten dari suatu server menuju website yang menggunakannya. Sebelum itu, kamu pasti tahu bahwa server merupakan pusat dari resource khusus lokasi penyimpanan serta layanan.

Nah, tugas dari CDN ini sendiri adalah meningkatkan kecepatan dari suatu pengiriman data lewat server menuju visitor dari lokasi yang paling dekat dan paling memungkinkan.

Kamu mungkin berpikir bahwa saat memakai hosting powerful, penggunaan CDN tidak akan membawa pengaruh atau efek yang cukup signifikan. Padahal, berapapun besar resource yang kamu miliki, lokasi dari suatu server menjadi faktor penting yang bisa meningkatkan kecepatan dari suatu website.

Keuntungan Serta Manfaat Menggunakan CDN

Tidak hanya mengetahui penjelasan tentang pengertian ataupun definisinya. Penggunaan CDN itu sendiri memiliki sejumlah manfaat yang ditawarkan bagi setiap penggunanya. Contohnya saja beberapa manfaat ini:

1. Solusi Bagi Website dengan Banyak Visitor

CDN akan menyimpan cache dari suatu website pada beberapa server yang sudah tersebar di seluruh dunia. Saat ada visitor yang ingin masuk ke dalam websitemu, maka CDN akan langsung mengarahkannya ke server yang paling dekat dengan visitor.

Biasanya, mekanisme tersebut akan membuat beban server jadi berkurang. Bahkan ketika situs yang menggunakan CDN tersebut mempunyai cukup banyak visitor.

2. Memastikan Website Bisa Diakses Global

Penyedia CDN punya beberapa server yang memungkinkan semua visitor dari belahan dunia manapun bisa mengakses website yang sedang kamu kembangkan. Apalagi di sejumlah negara yang memang memblokir akses terhadap jaringan tertentu dan membuat setiap pengguna dari negara tersebut tidak dapat mengakses suatu website.

3. CDN Mengurangi Penggunaan Resource

CDN akan melakukan proses cache lalu mengirimkannya langsung pada visitor dengan cara meminimalisir permintaan yang ada ke server hosting. Hal ini tentu saja bermanfaat apalagi bagi kamu yang punya hosting dengan resources terbatas.

Misalnya saja ketika ada pembatasan bandwith yang kadang bisa melebihi kapasitas. Selain itu, sejumlah penyedia hosting biasanya juga menerapkan adanya batasan disk space sekaligus RAM dari suatu hosting.

Tentunya, dengan penggunaan CDN, kamu sebagai pelanggan dari suatu layanan hosting wajib menggunakannya agar disk space usage bisa berkurang. Hal itu akan bermanfaat untuk terus menjaga ruang pada server agar tetap lega dan loadingnya tetap cepat.

Penutup

Itu adalah sedikit penjelasan tentang apa itu CDN. Tidak hanya penjelasan tentang pengertiannya, kamu pun bisa memahami tentang manfaat apa saja yang bisa didapatkan ketika menggunakan CDN.

Baca Juga