fbpx

Apa Itu Carousel? Kenali Juga Jenis-Jenisnya

Perkembangan sosial media dan setiap tahunnya mengalami peningkatan. Pada jaman sekarang, juga dimanfaatkan untuk keperluan dalam meningkatkan engagement. Salah satu cara yang tepat untuk memaksimalkan sosial media adalah dengan sitem carousel. Apa itu carousel, apa saja jenisnya?

Carousel merupakan fitur yang memungkinkan kamu untuk mengunggah lebih dari satu foto atau dalam satu postingan. Fitur ini kerap kali digunakan dalam proses pembuatan suatu konten pada sosial media.

Menariknya, carousel ini bersifat interaktif karena pengunjung dapat melihat deretan sebuah gambar atau video dalam satu postingan. Kamu bisa scroll postingan carousel ini ke kiri dan ke kanan sesuai urutan konten. Hal ini pastinya berbeda dengan konten stasis yang umumnya hanya ada satu postingan saja.

Kamu juga dapat menggabungkan konten gambar dan video dalam satu postingan carousel. Menurut beberapa studi, carousel yang memadukan antara gambar dan video dapat meningkatkan engagement pada postingan hingga 2,33%.

Jika kamu sedang mempromosikan semua produk, firur carousel ini bisa kamu coba untuk melengkapi konten. Fitur carousel ini sudah ada di beberapa media sosial seperti , dan LinkedIn.

Setelah mengetahui apa itu carousel, lalu apa saja jenisnya? Jenis konten caraousel terbagi menjadi dua jenis yakni caraousel post dan carousel ads. Berikut beberapa pembahasannya :

Carousel Post

Carousel post merupakan deretan gambar tersusun dalam halaman posting pada media sosial. Tujuan penerapan carousel post ini adalah menginformasikan dan mengenalkan topik dalam sebuah konten lebih rinci pada para pengguna.

Baca Juga :  Keuntungan Sewa Server yang Berlokasi di Indonesia.

Terdapat dua macam carousel yang termasuk dalam kategori post ini yaitu instagram dan LinkedIn

  • Instagram

Pada Instagram carousel, kamu dapat memasukan maksimal 10 gambar atau video dalam suatu postingan. Kelebihan dalam menerapkan fitur ini adalah dapat mendatangkan banyak pengunjung secara konsisten. Hal ini dapat tercapai apabila konten kamu buat menyajikan yang menarik dan tampilan desain visual yang user friendly.

  • LinkendIn

Jika kamu ingin membangun sebuah , maka kamu bisa memaksimalkan peran Linked ini untuk membantu dalam menyusaikan hidup. Pembuatan konten pada platform LinkendIn ini cukup mudah, dimana kamu bisa membagikannya dalam sebuah feed.

Pembuatan konten carousel pada LinkendIn sangat efektif dalam meningkatkan engagement para brand kamu. Untuk meningkatkannya kamu bisa menggunggah konten pada LinkendIn secara konsisten.

Carausel Ads merupakan jenis postingan gambar yangg bertujuan mengiklankan atau mempromosikan produk / jasa. Menurut laman Spout Social, pemasaran melalui media sosial cukup optimal dengan rata-rata CTR (Click Throught Rate) mencapat 72%. Berikut adalah beberapa contoh platform media sosial yang bisa kamu coba untuk menerapkan carousel untuk meningkatkan konten :

  • Facebook

Beriklan di Facebook terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan metode konvensional. Kamu bisa memasukan 3 hingga 5 gambar dalam satu kali iklan. Namun, hal menarik disini kamu bisa memasukkan satu produk dengan fitur yang tersedia.

  • Instagram

Iklan pada Istagram memiliki konsep yang sama dengan sistem carousel post. Dimana, kamu bisa menggabungkan beberapa gambar dalam satu iklan. Fitur menarik dalam carousel ads ini, kamu bisa memasukan 10 stroy dalam satu kali iklan.

Nah itulah sekilas pembahasan tentang apa itu carousel dan jenisnya. Carousel adalah salah satu fitur pada media sosial yang bisa kamu membantu kamu menarik pengunjung hingga 2,3%.

Baca Juga :  Contoh Use Case Diagram, Pengertian dan Simbol