fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu Broken Link? Ketahui Pengertian, Penyebab, dan Tips Aman Mengatasinya

Yodik Prastya

Bagi Anda yang sering berinteraksi dengan dunia web, sering kali kita menemukan halaman web dengan tautan yang rusak atau “broken link.” Broken link adalah tautan yang tidak lagi mengarah ke halaman web yang seharusnya, dan ini bisa sangat mengganggu pengalaman pengguna.

Supaya lebih mudah memahaminya, didalam artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian broken link, penyebabnya, dan memberikan tips aman untuk mengatasinya.

Pengertian Broken Link

Broken link, atau sering juga disebut tautan rusak, adalah tautan atau hyperlink dalam halaman web yang tidak lagi mengarahkan pengguna ke halaman yang benar. Sebagai contoh, ketika Anda mengklik tautan dan mengalami pesan “404 Not Found” atau “Halaman Tidak Ditemukan,” itu adalah indikasi bahwa tautan tersebut rusak.

Ada beberapa kendala yang menjadikan masalah ini muncul. Untuk lebih jelasnya, berikut ini sejumlah penyebab yang sering kali terjadi.

Penyebab Broken Link

Ada beberapa alasan mengapa broken link terjadi. Inilah beberapa penyebab yang dimaksud:

  • Perubahan URL

Halaman web mungkin telah dipindahkan ke URL yang berbeda. Ini sering terjadi ketika situs web mengalami pembaruan struktur atau pengorganisasian.

  • Penghapusan Halaman

Ketika pemilik situs web memutuskan untuk menghapus halaman tertentu, tautan yang mengarah ke halaman tersebut akan menjadi rusak.

  • Kesalahan Penulisan URL

Terkadang, broken link terjadi karena kesalahan penulisan URL oleh pengguna atau pengelola situs web.

  • Kehabisan Masa Aktif

Beberapa tautan mungkin memiliki masa aktif terbatas, dan jika masa aktifnya habis, tautan tersebut akan menjadi rusak.

Dampak Adanya Broken Link

Broken link dapat memiliki dampak negatif pada pengalaman pengguna dan reputasi situs web Anda. Beberapa dampaknya antara lain:

  • Pengalaman Pengguna yang Buruk

Broken link membuat pengguna frustasi karena mereka tidak dapat mengakses informasi yang mereka cari.

  • Penurunan Peringkat SEO

Search engines seperti Google menghargai situs web yang memiliki tautan yang berfungsi dengan baik. Broken link dapat mempengaruhi peringkat SEO situs Anda.

  • Kehilangan Trafik

Jika pengunjung situs Anda menemui broken link, mereka mungkin beralih ke situs lain, yang berarti Anda kehilangan trafik.

Tips Aman Mengatasi Broken Link

Untungnya, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda mengatasi broken link dengan aman. Jika Anda tidak ingin mengalami masalah serius kedepannya, inilah beberapa tips dalam mengatasinya.

  • Pantau Tautan Secara Berkala

Selalu pantau tautan di situs web Anda secara berkala. Anda dapat menggunakan alat pemantauan tautan otomatis untuk membantu Anda mengidentifikasi broken link.

  • Gunakan Redirects

Jika Anda memindahkan halaman atau merubah URL, gunakan pengalihan (redirects) untuk mengarahkan pengguna ke URL yang benar. Redirects dapat membantu mencegah broken link.

  • Pesan 404 yang Informatif

Jika Anda harus menghapus halaman, pastikan untuk memberikan pesan 404 yang informatif. Sertakan tautan ke halaman beranda atau sitemap sehingga pengguna dapat tetap menjelajah situs Anda.

  • Gunakan Alat Pengecekan Tautan

Ada banyak alat online yang dapat membantu Anda memeriksa tautan di situs web Anda dan mengidentifikasi broken link. Beberapa alat ini bahkan dapat memberi tahu Anda melalui email jika tautan rusak ditemukan.

  • Koreksi Tautan Manual

Lakukan pemeriksaan manual terhadap tautan di situs Anda. Ini mungkin memakan waktu, tetapi dapat membantu Anda mengidentifikasi tautan yang rusak.

Bisa disimpulkan jika broken link merupakan salah satu masalah umum di dunia web, dan dapat memengaruhi pengalaman pengguna dan peringkat SEO situs Anda. Dengan memahami penyebabnya dan mengikuti tips di atas, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan aman dan memastikan situs web Anda tetap berfungsi dengan baik. Jaga tautan di situs Anda agar tetap berfungsi, dan pengunjung Anda akan menghargai usaha Anda untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Baca Juga