fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu Brand Guideline? Ketahui Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Yodik Prastya

Brand guideline atau panduan merek adalah dokumen yang penting bagi perusahaan atau organisasi untuk menjaga konsistensi dan integritas merek mereka. Dokumen ini berfungsi sebagai pedoman yang merinci cara merek harus digunakan dalam berbagai konteks.

Lantas bagaimana langkah terbaik jika Anda ingin membuat Brand guideline yang dikenal banyak konsumen, berikut ini kita akan membahas pengertian, manfaat, dan cara membuat brand guideline yang efektif.

Apa Itu Brand Guideline

Brand guideline adalah dokumen panduan yang berisi aturan, pedoman, dan spesifikasi mengenai penggunaan merek suatu perusahaan atau organisasi. Tujuan utama dari brand guideline adalah memastikan bahwa merek tersebut digunakan secara konsisten dan sesuai dengan visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan. Dokumen ini mencakup berbagai elemen, seperti logo, warna, tipografi, gaya komunikasi, dan sebagainya.

Brand guideline tidak hanya berguna bagi perusahaan besar, tetapi juga penting bagi usaha kecil dan menengah. Dengan memiliki pedoman merek yang jelas, perusahaan dapat membangun citra merek yang kuat dan meningkatkan daya kenal merek di mata pelanggan.

Manfaat Brand Guideline

Jika dilihat dari pengalaman pengguna yang sudah membangun bisnis mereka memakai cara ini, ada beberapa manfaat penting dalam memiliki brand guideline yang baik, antara lain:

  • Konsistensi Merek

Brand guideline memastikan bahwa merek perusahaan digunakan secara konsisten di semua platform dan media. Ini membantu menciptakan kesan yang kuat dan kohesif di mata pelanggan.

  • Melindungi Integritas Merek

Dokumen ini melindungi integritas merek dengan memberikan pedoman yang jelas tentang bagaimana merek harus digunakan. Ini mencegah penyalahgunaan merek yang dapat merusak citra perusahaan.

  • Mempermudah Desain dan Komunikasi

Brand guideline memberikan pedoman tentang penggunaan warna, tipografi, dan elemen desain lainnya. Ini memudahkan tim desain dan pemasaran dalam menciptakan materi promosi yang sesuai dengan merek.

  • Memudahkan Kerja Bersama

Ketika bekerja dengan mitra eksternal, seperti agensi periklanan atau vendor desain, brand guideline membantu mereka memahami bagaimana merek harus digunakan, sehingga kerjasama berjalan lebih lancar.

  • Meningkatkan Pengenalan Merek

Konsistensi dalam penggunaan merek dapat meningkatkan pengenalan merek di pasar. Ketika pelanggan melihat logo atau desain yang konsisten, mereka lebih cenderung mengingat merek tersebut.

Cara Membuat Brand Guideline yang Efektif

Membuat brand guideline yang efektif memerlukan perencanaan dan pemahaman yang baik tentang merek perusahaan. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat brand guideline yang kuat:

  • Definisikan Identitas Merek

Mulailah dengan mendefinisikan identitas merek, termasuk visi, misi, nilai-nilai, dan kepribadian merek. Ini akan membantu menentukan elemen-elemen yang akan termasuk dalam panduan merek.

  • Logo, Variasi dan Warna

Jelaskan dengan detail bagaimana logo harus digunakan. Sertakan aturan tentang warna, ukuran, dan variasi logo yang diperbolehkan. Tetapkan palet warna merek dan berikan contoh penggunaan yang benar. Sebutkan kode warna (misalnya, kode HTML atau Pantone) untuk memastikan konsistensi.

  • Gaya Komunikasi

Tentukan gaya komunikasi merek, termasuk tone of voice, bahasa, dan pesan yang harus disampaikan dalam berbagai konteks. Pilih jenis huruf (font) yang akan digunakan untuk merek dan berikan pedoman tentang ukuran, gaya, dan penggunaan yang benar.

  • Elemen Desain Lainnya

Sertakan panduan tentang penggunaan elemen desain lainnya, seperti grafik, gambar, dan ikon yang terkait dengan merek. Pastikan semua tim yang terlibat dalam penggunaan merek memahami brand guideline dan menerapkannya dengan benar.

  • Aplikasi dalam Media

Jelaskan cara merek harus digunakan dalam berbagai media, termasuk media cetak, media online, dan media sosial. Berikan contoh aplikasi untuk setiap media.

  • Penggunaan dalam Mitra Eksternal

Jelaskan kepada mitra eksternal, seperti agensi periklanan, bagaimana merek harus digunakan dalam proyek bersama. Tentukan bagaimana brand guideline akan diperbarui dan siapa yang bertanggung jawab atas pemeliharaannya.

Kesimpulan

Brand guideline adalah alat penting dalam membangun dan menjaga merek yang kuat. Dengan memiliki panduan merek yang jelas, perusahaan dapat memastikan bahwa merek mereka digunakan secara konsisten dan efektif, sehingga dapat meningkatkan pengenalan merek dan kepercayaan pelanggan. Jadi, jangan abaikan pentingnya brand guideline dalam strategi merek Anda.

Baca Juga