fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu Blogwalking? Manfaat, dan Tips Melakukan Blogwalking

Yanti puspita

Dalam dunia blogger, istilah “Blogwalking” tentu bukan hal baru. Namun tahukah Anda bahwa istilah blogwalking hanya populer di beberapa negara, yang artinya di negara lain istilah tersebut tidak begitu populer.

Namun, populer atau tidaknya sebenarnya di Indonesia istilah ini sangat populer. Jadi seberapa penting blogwalking itu sendiri? dan kenapa banyak blogger yang blogwalking?

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Apa itu blogwalking secara detail. Di mulai dari pengertian, manfaat dan cara blogwalking. Simak pembahasan berikut ini secara lengkap.

Apa Itu Blogwalking?

Pada dasarnya blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog lain untuk tujuan tertentu. Biasanya, blogwalking di lakukan ketika seorang blogger sedang mencari ide konten di blognya. Namun seringkali blogwalking juga di lakukan sebagai sarana bersosialisasi dengan blogger lain.

Jadi bagaimana blogger melakukannya?

Pertama, seorang blogger akan mengunjungi blog yang berbeda yang sesuai dan memenuhi kriteria untuk tujuan mereka. Lebih tepatnya, beberapa blog dengan tema atau niche blog yang sama. Ini juga memiliki tingkat popularitas yang tinggi sebagai bukti bahwa konten blog menarik bagi pembaca.

Setelah itu, blogger akan melihat beberapa artikel yang bermanfaat dan selanjutnya meninggalkan pesan di kolom komentar yang telah di sediakan. Cara ini pasti akan membuat diskusi dengan pemilik blog atau pembaca lainnya. Selain bisa menambah wawasan, para blogger juga bisa memperluas jaringan antar blogger.

Manfaat Blogwalking

Sudah dikenal sejak lama hingga sekarang, banyak blogger juga mempraktikkan blogwalking karena menurut blogger berdampak baik pada blog mereka. Lalu apa saja manfaat dari penerapan blogwalking?

Perluas jaringan

Seperti disebutkan di atas, blogwalking dapat digunakan sebagai sarana untuk memperluas jaringan atau networking.

Sebab, setiap kali Anda memberikan komentar positif di blog lain, itu akan menunjukkan bentuk apresiasi kepada pemilik blog. Atau dapat digunakan untuk mengajukan pertanyaan yang lebih dalam dan membuat diskusi khusus.

Jika ada komunikasi yang lebih dalam, maka Anda memiliki kesempatan yang baik untuk berbagi informasi atau ide sebagai sesama blogger. Bahkan, kemungkinan Anda juga bisa membagikan link artikel blog dengan topik yang sama.

Dapatkan inspirasi baru

Blogwalking adalah cara yang efektif untuk mendapatkan inspirasi baru untuk konten blog Anda. ketika Anda mengunjungi blog lain, Anda akan mendapatkan informasi dan inspirasi baru dari blog tersebut. Anda juga dapat menggunakan inspirasi ini sebagai pengaturan sehingga Anda dapat membuat konten lain.

Idealnya, Anda perlu mengunjungi blog yang sebelumnya sudah sukses atau sudah maju. Jadi, Anda harus mengamati konten apa yang mereka diskusikan dan bagaimana mereka menyajikan konten tersebut. Selanjutnya, Anda juga perlu mencari keunikan konten mereka agar disukai pengunjung.

Tetapi jangan juga menyalin, menempel, atau menjiplak konten lain. Utamakan sikap profesional Anda sebagai seorang blogger. Sertakan referensi atau sumber ketika mengutip artikel atau pernyataan.

Keaslian konten memainkan peran yang sangat penting. Karena jika Anda melakukan plagiarisme, Anda dapat dituntut oleh pemilik aslinya. Selain itu, Google tidak akan mendukung berbagai tindakan duplikasi konten. Bahkan, Anda akan kesulitan mendapatkan trafik karena Google sendiri akan menurunkan peringkat blog Anda di halaman pencariannya.

Dapatkan bantuan dari blogger lain

Blogwalking adalah kegiatan blogging yang umumnya dilakukan secara mandiri. Namun, membangun hubungan yang baik dengan blogger lain sangat penting. Salah satu manfaatnya adalah Anda bisa mendapatkan bantuan saat terjadi kesalahan.

Baik itu non-teknis atau teknis. Plus, Anda juga bisa mendapatkan bantuan dengan kolaborasi, baik dengan berbagi pengalaman atau menjadi mitra kolaborasi di konten Anda.

Sebagai bahan evaluasi

Anda juga bisa menggunakan blogwalking sebagai bahan penilaian kualitas blog Anda saat ini. Ini berarti Anda bisa mendapatkan perbandingan dari blog yang sukses sebelumnya.

Semakin sering Anda mengunjungi blog lain, semakin banyak referensi yang akan Anda dapatkan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menemukan berbagai kekurangan blog dan bagian mana yang memang perlu Anda perbaiki.

Evaluasi dalam hal ini meliputi berbagai komponen, mulai dari pemilihan topik, penguasaan materi, gaya bahasa, metode komunikasi, hingga bentuk penyajian gambar.

Mempromosikan blog Anda

Selain sebagai ajang untuk memperluas jangkauan sosial antar sesama blogger, blogwalking juga merupakan salah satu cara untuk mempromosikan blog Anda.

Namun Anda tidak boleh sembarangan meninggalkan link blog di kolom komentar. Metode ini secara efektif akan dianggap sebagai spam dan akan menjadi kurang elegan. Hal ini juga berpotensi untuk menimbulkan dampak negatif.

Tips Melakukan Blogwalking yang Tepat

Setelah mengenal blogwalking secara singkat, Anda jelas tertarik untuk melakukannya karena akan mendapatkan manfaat positif. Nah, jika Anda seorang blogger yang belum terlalu paham dengan blogwalk, ikuti tips berikut ini.

Carilah blog dengan niche yang sama dengan blog Anda

Tips pertama untuk melakukan blogwalking adalah memulai dari blog yang sama dengan niche Anda. Jika Anda seorang food blogger, carilah blog yang juga membahas tentang makanan atau minuman.

Ini akan memudahkan untuk membagikan tautan jika relevan dengan topik yang sedang dibahas. Bahkan, akan lebih baik lagi jika Anda mengunjungi blog terkenal. Bagaimana bisa? karena informasi yang dikandungnya pasti sangat bermanfaat. Anda bahkan bisa mendapatkan inspirasi pembuatan konten terbaru.

Selain itu, blog juga harus memiliki banyak pembaca. Jadi ketika Anda meninggalkan komentar, semakin besar kemungkinan pengunjung lain untuk membacanya.

Berikan komentar positif

Tips kedua dalam melakukan blogwalking adalah memberikan komentar positif dan berdasarkan topik. Ini sangat penting untuk mencegah Anda mengirim komentar spam.

Misalnya, hindari komentar “artikelnya bagus banget”. “konten yang bermanfaat”. Bagaimana bisa? karena komentar seperti ini sudah sangat mainstream dan sedikit nilainya. Jika ada poin penting dalam artikel tersebut, laporkan di komentar Anda.

Jika perlu, tambahkan pujian kepada penulis sebagai bentuk apresiasi sebelum berkomentar. Untuk ini, pastikan Anda membaca seluruh konten dan memahaminya dengan baik.

Anda juga dapat mengajukan pertanyaan sebagai bentuk diskusi yang baik. Jika relevan, Anda bahkan bisa mendapatkan respon positif dari pemilik blog atau pengunjung lain.

Pelajari kontennya

Selain dua poin sebelumnya, Anda juga perlu mempelajari struktur konten saat melakukan blogwalking, terutama pada blog yang sudah populer. Anda bisa memperhatikan konten apa yang sedang dibahas dan bagaimana blog menyajikan informasi di setiap artikelnya.

Jika ada beberapa kata kunci, Anda dapat menuliskannya untuk dipelajari nanti. Cari tahu juga media apa saja yang disertakan dalam setiap artikel agar dapat membantu pembaca memahami.

Perhatikan juga tingkat frekuensinya saat memperbarui konten. Apakah diterbitkan mingguan atau bulanan? Ini akan memberi Anda informasi tentang cara terbaik untuk mengatur konten yang sukses.

Gunakan Gravatar

Gravatar adalah foto profil yang dapat menunjukkan identitas online Anda. Gravatar juga akan muncul ketika Anda berkomentar di setiap blog saat Anda blogwalking. Untuk ini, gunakan foto profil terbaik untuk membuat kesan profesional. Hal ini sering luput dari perhatian para blogger.

Banyak dari mereka yang jarang memasang gravatar dengan foto yang cocok dengan blog mereka. Bahkan, gravatar dapat membantu blogger atau pengunjung lain mengenali blog Anda.

Juga, jika Anda bertujuan untuk mempromosikan blog, menggunakan gravatar dapat meningkatkan kesadaran merek pribadi Anda.

Baca Juga