fbpx

Apa Itu Backlink, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya

Bagi anda yang berkutat pada dunia pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah . Backlink merupakan hal yang sangat krusial pada kesuksesan sebuah . Lalu sebenarnya apa itu backlink, dan mengapa menjadi sangat penting?!

Backlink adalah tautan yang menyambungkan satu dengan lainnya. Jika sebuah memiliki backlink, maka semakin tinggi kesempatannya untuk mendapat banyak pengunjung. Lebih lanjut, mari kita bahas mendalam mengenai tautan ini!

Backlink adalah tautan pada sebuah website yang mengarahkan pengunjung ke halaman situs lain. Jika pengunjung ingin melanjutkan pencariannya, maka tinggal mengklik saja link yang tersedia. Oleh karena itu, diperlukanlah sama antar pengelola website agar backlink bisa diterapkan.

Tautan ini juga bisa membantu pengelola website mengontrol aktivitas pencarian pengunjung. User akan diarahkan untuk searching pada halaman yang dikelola. Dibanding harus memulai pencarian baru dan mengunjungi website yang berbeda.

Sayangnya tidak semua website bisa memiliki backlink. Hanya website kredibel dengan konten berkualitas yang diberi kerpercayaan menggunakan fasilitas backlink.

Pasalnya jumlah link akan memengaruhi posisi sebuah website di SERPs. Website dengan peringkat SERPs tinggi, biasanya memiliki SEO yang bagus pula.

Ada beberapa manfaat backlink terhadap performa website anda. Adapun di antaranya bisa anda cek di bawah ini.

Meningkatkan Kredibilitas Website

Dibanding website kecil, anda sebagai pengguna pasti lebih memilih mengunjungi sebuah website dengan nama besar. Inilah pentingnya sebuah kredibilitas yaitu untuk menarik minat dan kepercayaan pengunjung.

Baca Juga :  Apa Itu Database? Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Tidak hanya pengunjung, konten website berkualitas juga berpengaruh pada kepercayaan pengelola website lain. Semakin kredibel tulisan yang dihasilkan, maka semakin tinggi minat kerja sama dari mereka.

Oleh karena itu, untuk mendapat banyak backlink langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperbaiki kualitas konten. Pastikan semua informasi yang tersedia bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Menaikkan Exposure Website

Manfaat lain dari backlink yaitu bisa menaikkan exposure website. Semakin banyak jumlah link, maka semakin tinggi pula pengguna internet yang berkunjung ke website anda. Traffic pengunjung secara otomatis akan naik dengan sendirinya.

Menaikkan Peringkat SERPs

Biasanya pengunjung cenderung memilih website dengan hasil pencarian teratas. Untuk bisa menduduki posisi ini, pengelola website harus menaikkan peringkat SERPs-nya. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menambah jumlah baclink yang dimiliki. Jadi, perbanyaklah kerja sama dengan pengelola website lain dengan niche yang sama.

Backlink ini bisa membantu website terindex di . Semakin cepat proses pengindeksan, maka traffic dan visibilitas website akan naik secara otomatis.

Setelah membaca ulasan tentang apa itu backlink, kini tentunya anda paham betapa pentingnya tautan ini pada sebuah situs. Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk mendapat fasilitas tersebut. Pertama, buatlah konten yang informatif dan bermanfaat bagi banyak orang. Pastikan juga jenis konten yang dimuat banyak dicari oleh masyarakat.

Cara kedua yaitu dengan atau tautan rusak yang sudah tidak ada lagi. Tautan ini akan menyebabkan broken link eror 404 yang ternyata cukup menguntungkan bagi website. Anda tinggal menghubungi webmaster broken link dan mengajaknya untuk bekerja sama.

Cara yang terakhir yaitu dengan bekerjasama dengan influencer. Sebagai seorang influencer tentu diikuti banyak orang, baik di dunia nyata maupun di media sosialnya. Kolaborasi bisa dilakukan dengan menyebarluaskan alamat website yang anda miliki melalui influencer tersebut.

Baca Juga :  5 Cara Membobol Wifi Dengan Mudah

Kesimpulan

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai apa itu backlink, manfaat, dan cara untuk mendapatkannya. Jika ingin website sukses dengan traffic yang tinggi, maka perbanyaklah backlink. Kunci utama dari backlink adalah konten yang berkualitas dan kredibel yang mampu dipertanggungjawabkan keabsahannya.