fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu Apache? Kenali Pengertian Dan Cara Kerjanya

Yodik Prastya

Penasaran bagaimana bisa data dan file website yang ada di layanan server bisa diakses oleh orang di internet? Hal ini terjadi karena adanya Apache yang seakan menjembatani antara server dan client agar dapat berkomunikasi dengan lancar dan aman. Tapi apa itu Apache?

Kenali Apa Itu Apache

Sebelum lebih jauh membahas tentang apa itu Apache, tak ada salahnya kita sedikit mengulas tentang web server. Ini karena Apache tergolong sebagai teknologi dari web server. Web server itu sendiri merupakan suatu sistem yang menampung semua file website serta berguna untuk mengirim respons sesuai request dari client.

Agar dapat menjalankan fungsi di atas, maka sistem server memerlukan software web server, salah satunya adalah Apache.

Artinya, penggunaan Apache memungkinkan komputer sistem web server untuk mengirimkan halaman web dan berbagai konten di dalamnya sesuai permintaan client yang dikirim melalui browser.

Jadi dapat disimpulkan, Apache memiliki fungsi untuk menjembatani antara browser dengan server.  

Apache adalah software atau aplikasi web server yang dapat dipergunakan secara gratis, bersifat open source dan dapat berjalan lintas platform. Software ini memungkinkan penggunanya untuk mengunggah website ke internet.

Begitu pula dengan file maupun konten yang juga kemudian bisa dilihat pengunjung website di layar browser mereka.

Aplikasi ini memiliki nama resmi Apache HTTP Server dan menjadi salah satu tools web server tertua.

Selain itu, Apache yang dirilis tahun 1995 silam ini juga masih menjadi salah satu dari yang terbaik. Software ini dikelola dan dikembangkan oleh Apache Software Foundation.

Namun perlu Anda ketahui pula bahwa Apache bukanlah satu-satunya tools yang dapat menyambungkan antara klien dan server. Masih ada berbagai aplikasi atau layanan lain yang juga tak kalah kredibel dibanding Apache ini.

Secara garis besar, ada beberapa kelebihan dan kekurangan pada Apache yang perlu untuk Anda ketahui:

Kelebihan Apache:

  • Bersifat open-source, cross platform dan dapat digunakan secara gratis, bahkan untuk tujuan komersial sekalipun
  • Mendukung penggunaan pada situs berbasis WordPress
  • Memiliki reputasi terpercaya dari segi keandalan dan stabilitas kinerjanya
  • Jaminan keamanan dengan patch yang selalu diperbarui secara rutin
  • Menawarkan fleksibilitas penggunaan karena menerapkan struktur berbasis modul 
  • Lebih ramah bagi pemula dengan konfigurasi yang relatif mudah
  • Memiliki dukungan komunitas yang besar sehingga memudahkan pengguna menemukan bantuan saat terjadi masalah

Kekurangan Apache:

  • Memiliki risiko gangguan performa, terutama jika website memiliki traffic sangat tinggi
  • Konfigurasi dan struktur modul juga bisa menjadi celah kerentanan keamanan

Cara Kerja Apache untuk Akses Web

Mekanisme Apache dalam akses web yaitu dengan mengirim file baik dari browser klien (Chrome, Firefox, Edge dan sebagainya) ke web server maupun sebaliknya.

Misalnya, pada saat ada seseorang yang ingin mengakses website melalui browser, maka aplikasi browser tersebut akan mengirimkan HTTP request. Request tersebut akan diproses dengan mengirimkan HTTP response ke browser sehingga tampil halaman web yang diinginkan oleh orang tersebut.

Antara komputer server dan klien memang saling berkomunikasi menggunakan protokol HTTP. Dalam hal ini, Apache berguna untuk memastikan bahwa komunikasi tersebut dapat berjalan dengan lancar dan aman. Fungsi Apache ini dimungkinkan karena strukturnya yang berbasis modul.

Struktur modul pada Apache memungkinkan administrator web server untuk mengakses berbagai fungsi dan fitur tambahan. Ya, administrator dapat mengaktifkan atau menonaktifkan modul antara lain modul untuk keamanan, caching, URL rewriting, otentikasi password dan lain sebagainya.

Ada pula fitur seperti .htaccess (konfigurasi server), support IPv6, FTP, support HTTP/2 dan sebagainya.

Kesimpulan

Sudah lebih mengerti tentang apa itu Apache bukan? Harus diakui bahwa Apache masih menjadi salah satu aplikasi web server yang paling populer hingga saat ini.

Ia juga layak Anda pertimbangkan karena berbagai kelebihan yang dimiliki, meskipun ada beberapa keterbatasan yang perlu dimaklumi.

Baca Juga