fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

Apa Itu Action Plan, Ketahui Pengertian Dan Manfaatnya

Yodik Prastya

Saat ini, produktivitas kerja akan lebih meningkat ketika membuat action plan. Tapi, apa itu action plan dan apakah pembuatannya bisa benar-benar meningkatkan produktivitas pekerjaan? Kamu bisa cek jawabannya lewat uraian kami di sini.

Action plan menjadi suatu strategi yang bisa kamu gunakan jadi pedoman ketika sedang menggarap banyak pekerjaan dan tanggung jawab. Entah itu dengan deadline harian, mingguan, ataupun bulanan.

Alat ini nantinya bisa membuatmu jadi fokus saat harus mengerjakan seluruh deadline menggunakan langkah yang jauh lebih terstruktur. Penggunaannya pun bisa dalam skala profesional, bisnis, marketing, sampai manajemen proyek.

Tapi memangnya apa sih yang dimaksud dengan action plan itu? Seperti apa manfaat yang diberikan? Kamu bisa cek paling lengkap mengenai jawabannya di sini.

Apa Itu Action Plan?

Action plan adalah suatu dokumen yang berisikan penjabaran berbagai macam tugas yang butuh diselesaikan guna meraih suatu tujuan. Dokumen tersebut nantinya bisa memecah proses jadi garis besar aktivitas.

Secara fungsinya, action plan merupakan pedoman yang bisa dipakai oleh siapapun dan tidak hanya untuk kebutuhan personal saja. Walaupun nampak sepele, action plan yang tepat akan membantumu dalam pencapaian tujuan dalam jangka waktu yang ditetapkan.

Kalau ada masalah di tengah jalan, maka action plan bisa jadi semacam pedoman untukmu agar keep on track dalam menuju goal yang sebelumnya telah dibuat.

Manfaat Pembuatan Action Plan

Seperti yang sudah kami katakan, pembuatan action plan akan membuatmu mendapatkan banyak manfaat. Contohnya saja bisa paham tentang target jangka pendek serta jangka panjang. Berikut ini penjelasannya:

1. Arah Pekerjaan Lebih Jelas

Dengan adanya action plan, kamu bisa tahu tentang apa saja yang butuh dilakukan. Jadi, setelah action plan dibuat kamu nggak bakal kebingungan lagi untuk melaksanakan tugas yang mana dulu.

Setelah arah pekerjaan sudah diketahui, tentu akan lebih mudah dalam merinci dan membuat daftar detail tentang apa saja yang kamu butuhkan dan menjadikan pekerjaan bisa selesai dengan baik.

2. Semakin Termotivasi

Motivasi yang kami maksud di sini adalah kamu akan terus menjadi excited dalam menyelesaikan berbagai macam tugas lainnya. Sehingga kamu bisa memberi tanda centang pada action plan.

Dengan adanya action plan ini pula, kamu akan mendapatkan kepuasan tersendiri ketika sudah menyelesaikan satu tugas. Tentu karena kamu sudah jeli dengan memberi target serta detail yang wajib dilakukan.

3. Mengetahui Traksi Tugas

Terkadang, multitasking membuat kamu bingung. Misalnya saja saat mengerjakan suatu tugas tiba-tiba saja pindah pada tugas lain tanpa perlu menyimpan riwayat pengerjaan tugas yang sebelumnya.

Akhirnya, kamu akan bingung sendiri mengenai apa saja yang masih belum dievaluasi. Bisa saja tugas yang sebelumnya punya banyak kekurangan, tidak akan bisa menjadikanmu lebih baik karena tidak ada evaluasi.

Sedangkan ketika kamu membuat action plan, maka langkah-langkah yang telah kamu lakukan bisa diketahui secara spesifik karena telah menuliskannya.

4. Tahu Tugas yang Diprioritaskan

Action plan juga akan menjadikanmu tahu mengenai tugas yang wajib diselesaikan atau dikerjakan lebih dulu. Jadi, kamu tidak akan terlalu ketetaran saat ada pihak yang bertanya mengenai tugas prioritas yang memang harus segera diselesaikan.

5. Timeline Terarah

Deadline yang berdekatan kadang membuat kamu tidak bisa punya catatan yang baik. Saat ada action plan, biasanya timeline akan jadi lebih tertata dan juga terarah.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai apa itu action plan sekaligus penjelasan tentang manfaatnya.

Baca Juga