fbpx

Akibat Yang Terjadi Dari Lupa Perpanjang Domain Dan Hosting

Banyak orang yang telah mengenal apa itu . Bahkan banyak orang yang telah terjun menjadi seorang konten website. Website bisa menjadi sebuah penghasilan yang nyata di era modern saat ini. Karena memang membuat website diperlukan keahlian yang memadai. Keahlian untuk membuat website tersebut meliputi banyak hal. Ada beberapa orang yang berfokus pada pembuatan website tersebut, ada yang berfokus pada tampilan website, ada juga beberapa orang atau kelompok yang berfokus pada perawatan website dan yang terakhir ada juga beberapa orang fokus untuk pengembangan website tersebut. Selain proses pembuatan website tersebut, ada pula yang namanya masa optimasi website. Pada masa optimasi website tersebut anda akan disibukkan dengan konten dan pemaksimalan . Tentunya membuat website memerlukan banyak keahlian. Selain keahlian, membuat website juga dibutuhkan keyakinan dan keuletan.

Jangan Sampai Kalian Lupa Perpanjang Domain dan Hosting

Website sendiri telah menjadi sanksi dari perkembangan zaman, karena itu website akan terus berkembang seiring dari perkembangan zaman tersebut. Hal ini akan membuat banyak orang berbondong-bondong untuk turut ingin mendapatkan keuntungan di dalam website. Namun anda juga perlu mengetahui, bahwa website tidak bisa dibuat dengan murah. Karena banyak sekali tahapan dan keahlian yang digunakan dalam membuat website tersebut bisa mendatangkan banyak pengunjung.

Salah satunya adalah domain dan , bagi anda yang berbisnis dibidang website jangan lupa dan hosting milik anda. Kedua kata ini selalu melekat pada website, dan merupakan hal yang harus dipahami bagi seseorang secara awam jika ingin membuat website. Domain bisa dikatakan adalah sebuah jalan atau akses. Dengan begitu domain bisa dikatakan sebagai alamat yang dituju ketika kita akan mendatangi website tersebut. Tentunya menciptakan domain haruslah berhati-hati dan dipikirkan matang-matang, karena domain dengan kata kunci tertentu akan selalu berada pada ranking halaman pertama sebuah pencarian . Selain dikatakan sebagai akses atau jalan, domain bisa digunakan atau dikatakan sebagai sebuah yang harus kita promosikan dan kita jaga keeksisannya.

Selanjutnya hosting bisa dikatakan adalah tempat untuk menyimpan berkas-berkas untuk kepentingan website anda. Pada hosting ini, ini anda akan diberikan banyak fungsi. Tentunya fungsi-fungsi ini sesuai dengan apa yang anda beli pada penyedia layanan hosting dan domain. Kedua hal ini pada dasarnya tidak bisa didapatkan secara gratis. Sehingga anda perlu membeli hosting dan domain tersebut melalui layanan penyedia hosting dan domain. Layanan penyedia hosting dan domain ini bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda. Biasanya untuk paket satu tahun tipe website personal akan dibandrol dengan harga sekitar satu juta.

Baca Juga :  Strategi Agar WordPress Cepat Terindex Google

Selain mengenai hosting dan domain, biaya untuk membuat website akan terus membengkak bila anda tidak memiliki kemampuan di dalamnya. Salah satunya adalah pada masa pembuatan website hingga pengembangan website tersebut. Pada masa ini besarnya biaya sesuai dengan perencanaan website anda. jika anda tidak memiliki kemampuan untuk membuat website sama sekali, anda bisa menggunakan beberapa cara gratis untuk membuat website. Padahal masa pembiayaan pada website bukan hanya berada pada saat kita membangun dan mengembangkan website tersebut, tetapi juga pada saat pengoptimasian website milik anda. Optimasi website biasanya terkait dengan cara untuk meningkatkan pengunjung pada website. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memiliki produk yaitu konten yang menarik, selanjutnya anda perlu melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan SEO website anda.

Setelah anda mengetahui begitu beratnya membuat website. Dan setelah anda mengetahui mahalnya biaya untuk membuat website tersebut, tentunya anda tidak ingin suatu hal yang buruk terjadi pada website anda. Namun beberapa kasus banyak orang yang lupa perpanjang domain dan hosting. Sehingga nantinya akan sangat merugikan bagi website yang telah anda bangun selama ini.

Lupa Perpanjang Domain

Tidak sedikit orang lupa untuk memperpanjang domainnya, mungkin hal ini dikarenakan anggapan Setelah anda membeli domain tersebut anda memiliki hak sepenuhnya atas domain anda. Tetapi pada kenyatanya, anda harus melakukan pembaharuan atau membeli masa berlaku pada domain anda. Biasanya paling sedikit adalah satu tahun masa penggunaan.

“Lalu apa yang terjadi bila anda lupa untuk tidak melakukan pembaharuan masa aktif domain?”

Ketika anda lupa untuk tidak memperbarui masa aktif domain, tentunya hal pertama yang akan terjadi adalah website anda tidak dapat diakses menggunakan domain tersebut. Dengan begitu anda akan kehilangan reputasi di pengunjung website anda. Hal ini tentu sangat merugikan bagi anda, namun bila masa expired domain tersebut belum melewati sekitar sebulan anda masih bisa menebus kembali domain anda. Tentunya biaya yang digunakan untuk menebus kembali domain cukup besar, yaitu sekitar 200 dolar. Tetapi setelah anda melewati masa expired domain, domain anda akan benar-benar bebas.

Tetapi pada beberapa kasus, bila domain anda memiliki jumlah pengunjung yang banyak dan memiliki SEO yang baik. Pada domain yang memiliki keunggulan tersebut, tentunya untuk mendapatkan kembali domain anda akan sangat sulit. Karena kemungkinan pertama yang mungkin terjadi adalah domain anda akan masuk pada marketplace hosting. Ketika masuk pada marketplace hosting domain anda akan dilelang secara terbuka, dan siapapun orang yang memenangkan lelang tersebut akan mendapatkan nama domain yang sebelumnya anda lupa untuk memperpanjang. Untuk biayanya sendiri, kita tidak pernah tahu seberapa banyak orang akan membeli domain tersebut. Namun kecil kemungkinan bagi anda untuk mendapatkan domain anda telah masuk pada marketplace. Karena nantinya di dalamnya akan banyak orang dengan kepentingan tertentu. Salah satu kepentingan yang mungkin bisa muncul untuk membeli domain di marketplace adalah kepentingan milik pebisnis di bidang backlink PBN.

Baca Juga :  Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Cloud Hosting dan Web Hosting

Tentunya bila anda kehilangan domain anda karena keteledoran lupa untuk melakukan perpanjangan masa aktif, hal ini akan sangat merugikan bagi website anda. Karena domain merupakan salah satu akses dan branding terhadap anda.

Lupa Perpanjang Hosting

Selanjutnya mengenai apa yang terjadi bila anda lupa tidak memperpanjang hosting anda. Tentunya Sebelum masa berlaku pada hosting anda habis, anda akan mendapatkan pemberitahuan dari layanan penyedia hosting ini. Pemberitahuan ini bisa berupa maupun telepon. Pada umumnya anda akan mendapatkan email mengenai masa aktif hosting anda yang akan habis. Lalu mereka akan menawarkan kembali jasa hosting milik mereka.

Yang akan terjadi bila anda lupa untuk memperpanjang masa aktif dari hosting anda adalah anda tidak dapat mengakses hosting website anda. Dengan begitu segala jenis berkas yang ada di dalamnya bisa dikatakan hilang atau tidak dapat digunakan. Sehingga anda akan kehilangan semua jerih payah dari awal membuat website. Tentunya hal ini akan sangat merugikan, bila anda tidak melakukan backup sebelum masa hosting anda habis.

Tentunya ketika hosting anda habis dan domain anda masih berlaku, akan menyebabkan website anda tidak memiliki tampilan. Namun masih bisa masuk melalui alamat domain anda. Jadi sangat jelas para pengunjung website anda akan merasa kecewa yang selanjutnya akan membuat reputasi pada website anda menurun.

Itu dia informasi mengenai lupa perpanjang domain dan hosting. Tentunya hal ini harus anda hindari, karena website anda terlalu berharga bila anda lupa untuk melakukan pembaruan masa aktif pada domain dan hosting milik anda. Karena sudah banyak waktu dan dana yang anda gelontorkan untuk membuat website tersebut. Tentunya bila anda berhenti pada saat ini ini akan membuat anda semakin rugi.