fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

9 Cara Membuat QRIS Merchant , Metode Pembayaran Non Tunai untuk Bisnis

Wiliam

Jumlah pengguna standar Kode QR Indonesia atau QRIS di Indonesia ini sudah mencapai dengan 28,75 juta di bulan Desember 2022 dan mengalami kenaikan 15,95 juta di akhir tahun. Kemudahan cara membuat QRIS merchant ini menjadi salah satu faktor kontribusi di dalam meningkatkan jumlah pengguna.

QRIS mempermudah bizzie di dalam melakukan pembayaran dan prosesnya lebih cepat. Semua pelanggan juga hanya perlu melakukan pemindaian kode QRIS tanpa harus menunggu kembalian dan mengurangi waktu untuk antri di kasir.

Menariknya lagi, QRIS juga bisa menerima pembayaran dari beberapa sumber mulai dari mobile banking sampai dengan dompet digital. Maka dari itu, usaha bizzie harus membuat QRIS agar bisa memberikan fasilitas kepada pelanggan yang ingin melakukan pembayaran simple.

Pengertian QRIS Online

QRIS Online adalah salah satu sebutan untuk sistem pembayaran yang bisa dijangkau oleh semua orang, khususnya para pengguna merchant digital. Sebagai informasi, layanan QRIS ini sudah ada sejak tahun 2019 dan tepatnya pada tanggal 17 Agustus.

Layanan yang satu ini dibuat dengan sistem digital, sehingga bisa lebih mudah diakses oleh banyak orang kapan dan dimana saja. Kehadiran sistem ini menjadi pilihan opsi pembayaran dan tentu bisa memberikan banyak keuntungan serta kemudahan bagi masyarakat.

Ketika sebelumnya bizzie sudah memanfaatkan barcode QR code dari satu bank saja, QRIS ini tidak berbeda jauh dengan hal tersebut. Akan tetapi, untuk masalah jangkauannya lebih luas sebab memanfaatkan kecanggihan dari smartphone.

Hal ini dikarenakan, sejak tahun 2019 QRIS dijadikan sebagai salah satu standar pembayaran digital pada beberapa aplikasi uang elektronik. Baik dari server based, e-wallet atau mobile banking.

Ketika bizzie mempunyai QRIS, maka orang-orang bisa melakukan pembayaran dengan metode apa saja. Entah itu menggunakan uang elektronik dari mobile banking maupun e-wallet.

Hal ini tentu saja berbeda dengan sistem QR Code yang sebelumnya bizzie miliki. Sebab, QR Code hanya menggunakan uang elektronik dari mobile banking atau e-wallet saja. Artinya, ketika bizzie membuat QR Code dari mobile banking maka transaksi yang bisa dilakukan orang lain harus dari aplikasi yang sama.

Ingin Membuat QRIS untuk Bisnis? Pelajari Panduan Lengkapnya Dibawah Ini.

Menggunakan QRIS sebagai salah satu metode pembayaran non tunai di dalam bisnis, maka harus melakukan pendaftaran dan memenuhi syarat terlebih dahulu. Sebagai berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum menerapkan cara membuat QRIS  merchant :

1. Syarat untuk Perorangan

Ada beberapa dokumen yang harus dipenuhi, mulai dari scan KTP asli dari pemilik usaha dan nomor Kartu Keluarga (KK) berdasarkan dengan KTP. Untuk kedua dokumen tersebut mempunyai kekuatan hukum yang sah, sehingga bisa dipertanggungjawabkan.

2. Syarat untuk Badan Usaha

Sedangkan, syarat mendaftar QRIS untuk badan usaha membutuhkan dokumen yang lebih banyak lagi. Mulai dari scan KTP asli pemilik usaha, nomor Kartu Keluarga (KK) yang sesuai KTP, scan akta perusahaan sesuai badan usaha dan scan NPWP. Apabila ingin diwakilkan, maka bizzie harus mempunyai scan surat kuasa asli.

3. Syarat untuk Penggalang Donasi atau Yayasan

Cara membuat QRIS merchant untuk donasi atau yayasan ini membutuhkan syarat dokumen lebih kompleks lagi. Diantaranya, yaitu scan KTP orang asli yang ditunjuk sebagai penanggung jawab donasi atau yayasan, nomor KK sesuai dengan KTP terdaftar, scan NPWP, akta pendirian yayasan, surat resmi dari yayasan dan surat ketetapan dari Pemerintah.

Bizzie juga harus download terlebih dahulu formulir registrasi InterActive QRIS dan melakukan tanda tangan. Sertakan juga surat kuasa yang diberi nama orang bertanggung jawab dan tanda tangan diatas materai.

4. Syarat untuk Lembaga Pendidikan

Untuk kategori pendidikan, untuk cara membuat QRIS merchant ini berbeda dengan badan usaha. Syarat daftar QRIS di dalam kategori ini membutuhkan beberapa dokumen, seperti scan KTP pemilik lembaga pendidikan, nomor KK sesuai KTP terdaftar, scan akte pendirian lembaga pendidikan sesuai nama lembaga dan scan NPWP lembaga pendidikan.

Cara Membuat QRIS Merchant

Apabila semua syarat yang sudah disebutkan diatas lengkap, maka bizzie bisa mengikuti cara membuat QRIS merchant sebagai berikut :

●      Pertama, bizzie bisa masuk ke halaman merchant QRIS di HP yang digunakan.

●      Selanjutnya, klik pada menu “belum mempunyai akun? daftar sekarang!” untuk membuat akun baru.

●      Masukkan juga nomor HP bizzie.

●      Lakukan verifikasi dengan cara memasukkan kode OTP yang sudah dikirimkan ke nomor HP bizzie.

●      Ketika sudah masuk ke dalam halaman “daftarkan usaha”, maka berikan centang kotak kecil di samping “saya memahami dan menyetujui syarat dan ketentuan pemberi layanan QRIS”.

●      Cara membuat QRIS merchant selanjutnya, yaitu memasukkan kode pos area usaha bizzie.

●      Bizzie harus memasukkan informasi KTP pemilik usaha, detail usaha dan info rekening bank.

●  Apabila semua data yang diperlukan sudah lengkap, maka bisa menunggu sampai dengan proses verifikasi sudah selesai dilakukan. Untuk status verifikasi ini akan berlangsung kurang lebih 1 hari kerja, setelah data diterima dari email yang digunakan mendaftar. Ketika verifikasi belum berhasil dilakukan, maka Anda bisa melakukan pengecekan alasannya dengan cara masuk di dalam halaman bantuan supaya bisa dibantu di dalam menangani permasalahan sedang terjadi.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat QRIS merchant dan beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk mengembangkan usaha bizzie, maka bisa langsung saja tingkatkan penjualan dengan salah satu merchant.

Baca Juga