8 Tips Mengelola Bisnis Saat Pandemi Covid-19

8 Tips Mengelola Bisnis Saat Pandemi Covid-19

Saat pandemi Covid-19 seperti kondisi saat ini pasti akan berdampak juga pada sektor ekonomi. Termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bahkan bisnis berskala besarpun banyak yang terpengaruh sehingga terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya.

Kondisi perekonomian yang tidak menentu sampai kapan pandemi ini berakhir, Anda harus lebih hati-hati dan terperinci dalam mengambil kebijakan strategi. Anda harus bisa menerapkan strategi bisnis dengan penyesuaian baru agar usaha Anda tetap bertahan meski berada di masa sulit seperti sekarang.

Berikut ini ada 8 tips mengelola bisnis saat pandemi covid-19 seperti saat ini.

Work From Home / Kerja Remote   

Guna memperkecil resiko penularan atau penyebaran virus Covid-19 yang sangat rentan terjadi saat bertatap muka secara langsung, maka dengan cara menerapkan kerja jarak jauh remote atau sekarang familiar disebut dengan istilah Work from Home (WFH).  Artinya, Anda tetap bekerja walau dari rumah, akan tetapi perlunya pembagian jobdesk yang memadai agar pada saat WFH tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Anda atau tim manajer HRD perusahaan Anda harus bisa membuat peraturan atau kesepakatan jam kerja dalam hal ini seperti berapa lama jam kerja, seperti apa deadline yang harus dipenuhi, dan bagaimana tata cara atau pedoman dalam berkomunikasi secara daring. Semua orang yang terlibat harus memiliki fasilitas penunjang dalam melaksanakan WFH seperti laptop, atau telepon genggam, koneksi internet, pencahayaan, dan lainnya. 

Banyak sekali alternatif pilihan aplikasi yang bisa Anda gunakan selama WFH agar tetap bisa berkomunikasi dan menjalankan sebuah pekerjaan, yang populer digunakan adalah Google Meet, Zoom, Whatsapp Call, atau bahkan Skype untuk komunikasi tatap muka secara realtime.

Terbuka Dengan Karyawan dan Pelanggan

Pandemi seperti saat ini banyak sekali perusahaan yang merumahkan karyawannya. Sebagai pemilik bisnis Anda harus bisa selalu terbuka dengan karyawan Anda tentang situasi apa yang kemungkinan besar akan terjadi.

Setiap keputusan yang diambil, Anda harus mempertimbangkan dan harus memberikan alasan yang jelas dan terperinci kepada karyawan Anda dan juga tentang perubahan apa yang terjadi pada usaha Anda.

Mengembangkan Website

Kondisi saat ini banyak orang yang menghindari untuk keluar rumah, apalagi jika hal tersebut masih bisa dilakukan hanya dengan dirumah saja. Nah, mungkin ini adalah sebuah peluang yang bisa Anda manfaatkan dengan cara membuat website bisnis ataupun jika sudah ada, Anda bisa memperbaiki kualitasnya agar memiliki performa yang lebih baik lagi untuk diakses oleh konsumen Anda.

Jika Anda belum memiliki website maka saat inilah Anda bisa membuatnya. Namun, sebisa mungkin Anda memilih nama domain brand Anda yang mudah diingat.  

Jangan lupa untuk membeli web hosting dan domain tentunya hanya di DewaBiz, karena kami memiliki pelayanan dan harga yang sangat baik.

Baca Selengkapnya Cara Membeli Domain di Dewabiz.

Kelola Keuangan  

Untuk selalu menjaga kondisi keuangan dalam bisnis Anda, apalagi dalam situasi pandemi spereti saat ini. Perlunya pembatasan dalam pengeluaran dan melakukan efisiensi keuangan secara rutin. Evaluasi keuangan secara rutin bisnis Anda untuk mencegah sebuah bisnis menderita sebuah kerugian.

Apabila bisnis Anda mengalami kerugian, sebaiknya selaku pemilik atau pengelola usaha, Anda harus rela mengorbankan aset pribadi untuk dijual atau menggunakan uang pribadi untuk menutupi keuangan yang sedang minus.

Gencar Melakukan Promosi & Diskon

Salah satu cara lainnya yang bisa diterapkan yaitu melakukan promosi dan menerapkan diskon. Karena saat ini daya beli masyarakat Indonesia sedang menurun dikarenakan mereka lebih memilih mendahulukan prioritas atau kebutuhan pokok.

Perlunya adaptasi dan penyesuaian harga agar konsumen bisa tertarik dengan produk Anda, dan bisnis tersebut tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Evaluasi Bisnis Anda 

Selanjutnya yaitu pandemi ini bisa jadi saat yang tepat untuk kembali mengevaluasi jalnnya bisnis Anda. Anda berbagai hal terpenting dalam lini bisnis Anda. Jika memungkinkan, Anda bisa mengubah konsep penjualan dengan beberapa strategi agar tetap memiliki daya beli yang tinggi dan dengan sebuah anggaran yang efektif dan efisien.

Mencari Alternatif Solusi

Anda bisa mencari sebuah alternatif solusi baru terhadap beberapa kondisi yang mempengaruhi. Mengapa demikian? Karena seperti yang kita ketahui cukup banyak toko online yang malah mendapatkan keuntungan yang besar padahal sedang adanya pandemi.

Hal ini bisa terjadi karena mereka bisa memanfaatkan sebuah situasi dengan berjualan barang barang atau produk yang dibutuhkan oleh masyarakat dan dengan harga yang bersaing. Apakah itu bisa diadaptasikan dengan bisnis Anda? Anda bisa mencobanya terlebih dahulu.

Tetap Yakin Bahwa Pandemi Pasti Berakhir

Sebuah bisnis sangat berpengaruh dari bagaimana cara pemimpinnya mengambil sikap, ketika pemimpinnya memiliki visi yang jelas dan bisa meyakinkan anggotanya dalam berbisnis, tentu akan membawa hal positif. Mengambil sebuah keputusan dengan terukur akan menyelamatkan bisnis Anda dari kebangkrutan.

Libatkanlah para karyawan Anda dalam menentukan langkah, dan ambillah keputusan yang paling bijaksana yang bisa Anda ambil. Percayalah bahwa krisis yang diakibatkan oleh pandemi seperti ini nantinya pasti akan usai.  

Penutup

Demikian 8 Tips Mengelola Bisnis Saat Pandemi Covid-19, Semoga bisa membantu Anda dalam mengelola bisnis dan Tetap semangat serta pantang menyerah ya!

Related Posts