fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

8 Tips Membuat Judul Artikel Yang Ampuk Mengundang Pembaca

Yodik Prastya

Tips membuat judul artikel mungkin Anda butuhkan saat menyadari bahwa konten yang Anda tulis harusnya mendapat jumlah views yang lebih. Ya, ada kalanya tulisan yang begitu berbobot tak berhasil menarik minat calon pembaca karena judulnya yang kurang mengundang. Perlu diingat, bahwa meskipun terkesan begitu mudah, nyatanya tak sedikit pula penulis yang membutuhkan waktu hingga berjam-jam atau bahkan beberapa hari untuk memutuskan sebuah judul.   

Apa Saja Tips Membuat Judul Artikel yang Efektif?

Tips membuat judul artikel adalah serangkaian kiat yang bisa diterapkan secara konsisten agar bisa merumuskan judul yang efektif. Ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan agar judul yang Anda buat untuk konten artikel tak sekedar merepresentasikan isi, tetapi juga menarik. Berikut ini tips yang bisa coba Anda lakukan:

1. Kenali dulu apa yang Anda tulis

Tentu saja, Anda harus mengetahui apa yang Anda tulis terlebih dahulu. Caranya dengan melakukan riset terhadap konten yang muncul di halaman hasil penelusuran (Search Engine Result Page – SERP) sesuai focus keyword Anda. Coba lihat artikel-artikel yang relevan dengan artikel yang Anda tulis di Google, misalnya.

Dari sini, Anda bisa menganalisa apa yang digunakan di artikel kompetitor, apakah itu listicle atau lainnya, dan apa yang menjadi search intent dari kata kunci tersebut.

Dengan memahami hal-hal semacam ini, Anda akan lebih mudah dalam merumuskan sebuah judul. Lakukan modifikasi berdasarkan isi artikel Anda dan sesuaikan dengan tujuan artikel tersebut dibuat.

2. Gunakan tone positif

Hindari membuat judul dengan nada atau unsur negatif dan provokatif. Ingat bahwa kita tidak perlu menjatuhkan atau merendahkan pihak lain agar kita terlihat lebih tinggi bukan?

Sebaliknya, gunakan nada yang positif, untuk membantu membangun image website di mata calon pembaca agar kepercayaan mereka mudah terbentuk.

Jadi bisa dikatakan ini adalah batasan atas kreasi Anda terhadap judul. 

3. Tambahkan angka untuk listicle 

Pada artikel berisi daftar, Anda bisa menggunakan angka pada judul. Angka yang menunjukkan konten secara spesifik ini berhubungan dengan ekspektasi pembaca. Biasanya, makin besar angka yang Anda gunakan (dibanding milik kompetitor), bisa lebih menarik bagi calon pembaca. 

Artinya, artikel Anda menjanjikan isi yang lebih lengkap dibanding artikel di website lain. Namun jangan lupa, bahwa Anda juga harus bertanggung jawab atas penggunaan angka lebihan ini. Jangan sampai, tambahan isi yang Anda gunakan di artikel tersebut hanya jadi paragraf pelengkap yang tak bermakna.

4. Ramah SEO, sekaligus ramah pembaca

Maksudnya, boleh saja Anda mengoptimasi judul agar mendapatkan skor SEO yang lebih tinggi. Namun jangan lupa bahwa judul tersebut diperuntukkan untuk manusia, calon pembaca, yang juga menjadi sasaran dari mesin pencari. Hal ini sepertinya juga sudah didukung oleh beberapa plugin SEO populer yang memudahkan Anda dalam membuat judul yang optimal namun tetap bisa dibaca dan dipahami manusia. 

5. Lakukan pengujian terhadap kinerja artikel

Sederhana saja, Anda bisa melakukan pengujian menggunakan data persentase CTR di Google Search Console.

Apabila hasilnya masih di bawah harapan, silakan analisa kembali untuk menemukan di mana letak kelemahan artikel yang Anda buat. Perbaiki judul atau perkaya artikel dengan melihat-lihat hasil teratas dari penelusuran relevan dan coba implementasikan ke konten Anda. 

Jangan cepat menyerah karena mungkin Anda perlu melakukannya hingga beberapa kali hingga mendapatkan hasil yang lebih baik. Meskipun tak langsung menggeser posisi website kompetitor, namun saat jumlah click meningkat bisa jadi sebuah pertanda baik bagi website Anda bukan?

6. Tak ada salahnya memiliki judul alternatif

Misalnya, sebelum menulis artikel, Anda sudah menyiapkan judul berdasarkan kata kunci dan search intent.

Kemudian setelah tulisan selesai, Anda membuat judul lain yang mungkin terasa lebih mengalir sesuai apa yang ada dalam benak Anda setelah menyelesaikan artikel. Selain bisa memilih salah satunya, Anda juga bisa mengombinasikan keduanya bukan? 

7. Perkaya kosakata

Setelah membiasakan diri mengenali tulisan, berikutnya Anda juga perlu memperkaya diksi, utamanya kata-kata yang mampu menggugah emosi calon pembaca. Perkaya perbendaharaan kosakata Anda agar lebih mudah dalam membuat kombinasi kata dalam judul.

Yaitu kata-kata yang membuat penasaran, membangkitkan rasa ingin tahu, memberi harapan, menjanjikan dan sebagainya.

Gunakan kata-kata emosional yang mampu menghentikan scroll down pembaca, hingga meng-klik judul yang Anda buat. Pastikan bahwa kata-kata yang Anda susun menjadi headline tersebut bisa menyampaikan pesan bahwa setelah mereka membaca, akan manfaat yang didapat.

Entah itu berupa informasi terbaru, jawaban atas sebuah pertanyaan, solusi atas masalah pembaca atau bahkan sekedar hiburan segar.

Namun ingat pula bahwa bagaimanapun, judul yang Anda susun tersebut harus etap merefleksikan isi artikel. Jangan sampai, pembaca merasa kecewa atau bahkan tertipu oleh trik clickbait. Siapapun tak ingin membuang waktu di internet karena judul yang tak sesuai harapan bukan? 

8. Perbanyak membaca

Untuk menambah referensi bagaimana penyajian judul yang baik dan menarik, jadikanlah membaca sebagai sebuah kebutuhan. Coba pahami bagaimana para penulis profesional lainnya menyajikan artikel melalui judul dengan sudut pandang tertentu. Secara tidak langsung, kebiasaan ini akan membentuk framework di otak Anda dalam merumuskan judul secara lebih cepat atau bahkan otomatis.  

Kesimpulan

Mungkin tips membuat judul artikel di atas terkesan begitu berat untuk dilakukan secara konsisten. Mengingat betapa kuatnya judul dalam menarik perhatian calon pembaca, maka sepadan pula usaha yang Anda lakukan dengan potensi hasil yang bisa didapatkan. Maka mulailah berlatih dan konsistenlah.

Baca Juga