fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

8 Cara Mengatasi Internal Server Error di Android dengan Berhasil 

Wiliam

Mungkin, ketika mengalami internal server error di android, Bizzie langsung terpikirkan untuk membawanya ke servis center. Sebab, mengatasi masalah tersebut sangatlah sulit dilakukan. Selain membutuhkan kesabaran, Bizzie juga harus mengerti cara mengatasi internal server error di android. Sebab, masalah tersebut terjadi karena kesalahan pada sebuah situs.

Untuk itu, Bizzie dapat mempelajari langkah-langkah memperbaiki internal server error di android terlebih dahulu. Saat ini, Bizzie dapat menemukan banyak cara mengatasi internal server error di android menggunakan internet. Sehingga, dapat diaplikasikan dengan mudah. Bagi yang ingin mengetahui lebih jelas, dapat membaca pembahasan artikel ini sampai akhir.

Apa itu Internal Server Error

Internal Server Error adalah masalah server yang akan terjadi pada website. Pasalnya, masalah ini disebabkan oleh server web yang tidak mampu memberikan kebutuhan pengguna. Dengan begitu, akses URL tidak dapat diakses menggunakan situs web. Sebab, masalah ini diawali dengan munculnya pemberitahuan ‘server mengalami internal error’, kemudian dihubungkan dengan web master yang terdapat kalimat ‘please contact the server admin or webmaster, sehingga kemungkinkan masalah tersebut terjadi di log server. Untuk itu, Bizzie dapat menerapkan cara mengatasi internal server error di android.

Cara Mengatasi Internal Server Aplikasi

Selain penjelasan diatas, terdapat beberapa cara mengatasi internal server error di android yang harus Bizzie ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Melalui cPanel

Cara pertama yang harus diketahui adalah dengan melalui cPanel pada situs web. Pasalnya, server web ini dapat dilakukan untuk meninggalkan pemberitahuan kesalahan dan apa masalahnya pada log. Untuk itu, Bizzie dapat memasukan akun cPanel, kemudian pilih ‘log kesalahan cPanel’. Selain itu, Bizzie juga dapat menggunakan ‘manajemen file log kesalahan html publik’. Cara mengatasi internal server error di android ini dilakukan untuk memeriksa laporan kesalahan dan bagaimana memperbaikinya. 

2. Masalah htacces

Cara kedua yang harus diketahui adalah munculnya kesalahan pada masalah new.htacces. Pasalnya, izin dalam menjalankan aplikasi ini tiba-tiba mengalami kesalahan yang tidak jelas alasannya. Selain itu, saat server down, halaman tidak dapat muncul dikarenakan kesalahan pengkodean new.htacces. Sehingga, terdapat beberapa masalah dalam mengatur file yang dihubungkan ke server, berkas tidak dapat menggunakan awalan titik, sebab bisa menimbulkan kesalahan. Untuk itu dilakukan dengan cara mengatasi internal server error di android, Bezzie dapat membuka server untuk mencari tahu penyebab masalah tersebut, setelah berhasil diperbaiki maka server web bisa dibuka seperti semula.

3. Limit Paket Hosting Terbatas

Cara ketiga yang harus diketahui adalah limit paket hosting yang terbatas. Untuk itu, Bizzie dapat melakukan cara mengatasi internal server error di android dengan menghindari kesalahan server internal pada android. Selain itu, dapat memilih paket hosting dengan spesifikasi yang diterima dan tidak memiliki batasan RAM. Sehingga, hal ini memberikan kebutuhan dari jawaban permasalahan pada android.

4. Terdapat Virus, Malware, Spoofing dan Trojan

Cara keempat yang harus diketahui adalah munculnya virus, malware, spoofing dan trojan. Pasalnya, empat hal tersebut berbahaya dan sangat sulit untuk dibersihkan jika sampai masuk ke dalam sistem android. Bahkan, apabila berhasil dibersihkan dapat meninggalkan berbagai virus yang masih tetap ada tersembunyi pada android. Untuk itu dilakukan dengan cara mengatasi internal server error di android, Bizzie hanya memerlukan plugin keamanan dalam server android. Selain itu, dapat menggunakan anti-virus bawaan android agar diberikan keamanan. Untuk itu, Bizzie harus menjaga kestabilan kinerja server pada android dengan menghindari masalah yang akan terjadi.

5. Tema atau Plugin mengalami Masalah

Cara kelima yang harus diketahui adalah tidak merawat tema atau plugin pada android dengan benar. Pasalnya, dapat menyebabkan kerusakan yang menimbulkan kesalahan server internal. Namun, masalah ini dapat diselesaikan dengan mudah. Untuk mengatasinya dapat menggunakan cara mengatasi internal server error di android, cukup dengan menonaktifkan tema atau plugin yang menjadi penyebab terjadinya masalah. Selain itu, Bizzie harus menginstall ulang untuk mengganti file yang rusak. Sehingga, masalah tersebut dapat terpecahkan dengan cepat.

6. Mengupdate Aplikasi

Cara keenam yang bisa dilakukan adalah mengupdate aplikasi. Pasalnya, cara ini harus dilakukan dengan rutin. Sebab, apabila tidak pernah di update maka akan memunculkan masalah internal server eror dan bug. Selain itu, dapat menimbulkan masalah pada aplikasi. Untuk mengatasinya dilakukan dengan cara mengatasi internal server error di android, Bizzie dapat membuka ‘Google Play Store’ dengan mengetik ‘aplikasi yang bermasalah’. Kemudian, pilih ‘update’ pada aplikasi tersebut, dan tunggu sampai proses selesai.

7. Merestart Internet

Cara ketujuh yang bisa dilakukan adalah merestart internet. Pasalnya, cara mengatasi internal server error di android ini dilakukan untuk mengecek apakah koneksi internet normal. Sebab, apabila masalah tersebut sama maka Bizzie dapat membuka pengaturan pada android, lalu pilih ‘koneksi’, dan pilih ‘wifi’. Selanjutnya, pilih pengaturan pada wifi, lalu pilih ‘lupakan’. Kemudian, sambungan ;wifi’ yang diinginkan, lalu masukan ‘kata sandi’. Terakhir, Bizzie dapat mencoba mengakses kembali situs yang ingin dibuka untuk memeriksa koneksi dapat dilakukan dengan mudah ataupun tidak.

8. Menutup Paksa Aplikasi

Cara kedelapan yang bisa dilakukan adalah menutup paksa aplikasi. Pasalnya, penyebab utama internal server error dikarenakan cache yang terlalu penuh. Untuk mengatasinya dilakukan dengan cara mengatasi internal server error di android, pertama Bizzie dapat membuka ‘pengaturan’ pada android, kemudian cari aplikasi yang muncul pemberitahuan ‘error’. Kedua, pilih aplikasi tersebut dengan memilih opsi ‘paksa berhenti’. Ketiga, pilih ‘penyimpanan’, lalu pilih ‘hapus cache’, kemudian hapus data tersebut sampai proses selesai.

Nah informasi diatas dapat memudahkan Bizzie dalam mendapatkan 8 cara mengatasi internal server error di android dengan berhasil, lho. Untuk itu, jika mengalami masalah tersebut Bizzie bisa menerapkan penjelasan diatas. Selain itu, tidak perlu khawatir lagi dan panik saat akan mengatasi masalah tersebut. Semoga kedepannya artikel ini dapat bermanfaat di kehidupan sehari-hari.

Baca Juga