7 Strategi Digital Branding Untuk Bisnis Anda

7 Strategi Digital Branding Untuk Bisnis Anda

Strategi Digital Branding merupakan salah satu hal terpenting dalam dunia digital karena merupakan upaya untuk meningkatkan citra yang sebuah brand dalam dunia digital lebih baik lagi. Apalagi jika produk Anda berbasiskan internet maka tersebut menjadi sangatlah penting.  

Digital branding singkatnya yaitu bagaimana cara untuk membangun brand Anda secara online. Salah satunya melalui website, aplikasi, sosial media, ads dan beberapa lainnya.

Di era saat ini, digital branding jadi salah satu cara yang paling tepat untuk menyampaikan brand Anda dan membangun koneksi dengan konsumen. Branding digital juga membantu Anda dalam menjalankan berbagai strategi pemasaran, terutama pada dunia digital. 

Logo adalah salah satu hal terpenting karena merupakan menjadi identitas sebuah merk. Logo akan menjadi strategi digital branding mewakili produk Anda akan lebih mudah dikenal. Itulah mengapa alasan penting untuk membuat logo yang mendeskripsikan sebuah brand.

Logo bisa dibuat berdasarkan karakter dan nilai brand Anda, dan juga target market industri yang Anda tuju. Menciptakan logo adalah langkah penting dalam menciptakan digital brand yang sukses. Maka dari itu sebisa mungkin produk Anda harus memiliki logo yang menarik dan ikonik.

Website

Website adalah tempat berjualan yang berfungsi sebagai etalase dalam sebuah produk atau brand.  Dan juga bisa berfungsi untuk memberikan informasi agar konsumen mengetahui lebih detail tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Jaman sekarang, strategi digital branding penting bagi calon konsumen untuk mengetahui reputasi sebuah brand, dan biasanya mereka akan mencari tahu hal tersebut melalui google. Jika sebuah brand memiliki website yang baik dan profesional, bukan tidak mungkin akan semakin memantapkan pilihannya ke produk Anda.

Nah untuk menjadikan website terlihat profesional dan bekerja dengan baik, pentingnya memilih provider penyedia jasa web & hosting yang terpercaya, maka dari itu Dewabiz salah satu penyedia terbaik, terpercaya dan sudah berpengalaman menghandle ribuan website profesional dengan baik.

Baca juga : Cara Membeli Domain di Dewabiz

SEO

Search Engine Optimization merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemungkinan website yang sudah Anda buat agar dapat tampil optimal di halaman mesin pencarian. Hal ini sangat penting apalagi jika bisnis Anda mengandalkan media digital sebagai basisnya.

Anda bisa mengoptimalkan performa website Anda di mesin pencari dengan cara memilih keyword yang populer serta memperbaiki kualitas website Anda.

Agar lebih optimal, Anda bisa menggunakan beberapa tool seperti Ubersuggest untuk menemukan rekomendasi kata kunci yang tepat yang bisa digunakan dalam artikel Anda.

Ada beberapa faktor penting penunjang SEO untuk strategi digital branding, diantaranya optimisasi kecepatan website, struktur penulisan di halaman yang tepat, penggunaan backlink dari website yang terpercaya dan keyword atau kata kunci serta judul konten yang klikbait.

Sosial Media

Sosial media saat ini menjadi media besar yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal, tak terkecuali dalam bisnis. Anda pasti sudah mendengar bahwa terdapat beberapa bisnis yang sangat sukses walau hanya mengandalkan sosial media. Apalagi, hampir semua lapisan umur saat ini menggunakan media sosial dan hampir setiap saat digunakan sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pemilik bisnis dalam melebarkan sayapnya.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Digital Branding Sangat Penting

Tapi yang perlu diketahui bahwa dalam menentukan strategi pemasaran di sosial media, tentu bisa berbeda pada tiap sosial medianya. Alasannya karena setiap sosial media tentu memiliki ciri dan pengguna mayoritasnya masing-masing.

Saat ini yang paling efektif bisa dilakukan ketika melakukan strategi digital branding melalui sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter dan Youtube dalam meningkatkan digital branding sebuah bisnis. Anda bisa menggandeng ahlinya untuk berkonsultasi agar performa sosial media Anda lebih optimal.

Email Marketing

Menggunakan email sebagai strategi digital marketing merupakan salah satu langkah yang cukup efektif. Beberapa perusahaan ternama yang kita ketahui yang berbasiskan penjualan melalui email membuahkan hasil yang baik. Karena mereka bisa membagikan penawaran menarik kepada konsuman loyal yang sudah memiliki pengalaman menggunakan jasa atau produk mereka.

Langkah yang wajib diterapkan jika menggunakan email yaitu Anda harus bisa mengidentifikasikan karakteristik konsumen dan berdasarkan data yang sudah ada agar pencapaian dan sasaran pemasaran Anda lebih tepat.

Tampilan konten yang menarik dipadukan dengan penyusunan dan pemilihan kata yang efektif akan membuat konsumen tertarik dengan strategi digital branding yang sesuai dengan penawaran bisnis Anda.

Konten Marketing

Konten marketing adalah salah satu cara ampuh untuk menciptakan ikatan antara audiens dan produk Anda. Konten marketing pula yang membuat branding secara digital lebih manusiawi. 

Dengan memberikan konten yang terbaik, tentunya Anda perlu melakukan audit konten seperti menghapus konten-konten kadaluarsa, memantau pergerakan artikel dan memaksimalkan website serta konten agar SEO friendly dan menembus halaman pertama search engine.

Konten marketing yang baik akan bisa memudahkan konsumen agar lebih tertarik dan jatuh cinta dengan brand Anda.

Gunakan Jasa Influencer

Menggunakan jasa influencer atau publik figur adalah bentuk marketing yang menggunakan jasa orang yang memiliki pengikut pada sosial media dengan jumlah yang besar. Cara yang lazim dilakukan yaitu mereka mengiklankan produk atau brand kita di platform yang mereka kelola serta dikemas dengan menarik agar audiens mereka tertarik dengan produk yang mereka iklankan.

Dalam memilih influencer juga tak bisa sembarangan, harus disesuaikan dengan target market bisnis Anda. Kemudian juga biaya yang dikeluarkan bisa dibilang cukup besar, maka dari itu perlu ketepatan dan kecocokan agar dana promosi Anda tidak terbuang secara percuma.

Penutup

Nah itulah 7 strategi digital branding yang bisa Anda terapkan pada sebuah produk atau bisnis. Anda bisa juga menggunakan beberapa strategi termudah seperti dengan membuat logo, memanfaatkan sosial media, atau membuat website. 

Jika Anda ingin membuat website untuk membranding bisnis Anda secara profesional, Jangan lupa untuk membeli domain dan hosting Anda di tempat yang sudah terpercaya seperti Dewabiz. Segera kunjungi website Dewabiz untuk informasi selengkapnya! Semoga bermanfaat.

Related Posts