7 Rekomendasi Situs Belajar Online Untuk Anda

7 Rekomendasi Situs Belajar Online Untuk Anda

Dampak dari pandemi Covid 19 ini yang mengharuskan Anda untuk terpaksa lebih sering untuk di rumah untuk waktu yang lama. tak menutup kemungkinan juga yang dialami oleh pelajar. Selama pandemi ini, mereka direkomendasikan untuk belajar di rumah. Nah untuk menunjang kegiatan belajar mengajar agar berjalan dengan baik, ada beberapa situs belajar online memudahkan kita belajar dimanapun dan kapanpun.

Mengikuti kelas belajar secara online, Anda tentunya juga dapat mengembangkan dan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang tak kalah bagusnya dengan sekolah tatap muka. Dengan memanfaatkan waktu dengan belajar online bisa jadi solusi untuk mengembangkan diri pada masa pendemi seperti saat ini. Beruntungnya sekarang terdapat banyak sekali alternatif pilihan situs belajar online yang bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan gratis.

Di artikel kali ini, tim dewabiz mengulas beberapa website belajar online yang dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda.

Ruangguru

Ruangguru adalah salah satu situs bimbingan belajar online terbesar di Indonesia. Ruangguru juga menyediakan materi pembelajaran untuk para pelajar dari tingkatan SD sampai dengan tingkat SMA. Ruangguru sangat diminati karena metode belajarnya yang kekinian, disertai dengan penjelasan para mentor yang menggunakan video per materi sehingga memudahkan para penggunanya untuk memahami materi dan bisa di putar kembali. Tentunya dengan kualitas video yang cukup baik.

Kemudian terdapat juga seperti kuis interaktif yang memudahkan para siswa untuk mengikutinya hanya dengan handphone atau laptop, tanpa perlu menulis tangan kembali.

Aplikasi Ruangguru ini bisa diakses dengan membuka situs belajar online atau website ruangguru atau jika ingin menggunakan mobile phone, maka Anda dapat mengunduh aplikasinya melalui Playstore atau App Store.

Zenius

Zenius adalah website belajar online di Indonesia yang telah ada sejak tahun 2007. Hampir serupa dengan Ruangguru, Zenius menyediakan materi-materi pembelajaran untuk siswa SD sampai SMA. Materi juga tersedia dalam bentuk video yang hemat kuota dan ebook untuk kumpulan soal Ujian Nasional sesuai dengan kurikulum pembelajaran pendidikan Indonesia saat ini.

Selain akses video dan ebook yang sangat menarik, Zenius juga memiliki fitur yang sangat berguna yaitu jadwal belajar harian dan pengingat waktu belajar. Hal ini tentunya akan membantu siswa untuk lebih giat untuk belajar secara mandiri dirumah.

Untuk mengikuti kursus Zenius, bisa mengakses website belajar online yang sudah mereka buat dan juga bisa dengan mengunduh aplikasinya di Playstore.

Brainly

Brainly adalah kursus online dengan jumlah siswa yang terdaftar 200 juta siswa dan pakar edukasi, belajar bersama untuk menyelesaikan soal-soal yang paling susah sekalipun. Ketika bergabung dengan Brainly, siswa bisa bertanya tentang pelajaran yang kesulitan dan dapat jawaban secara realtime. 

Bagi seseorang yang memberikan jawaban, maka akan mendapatkan reward berupa point yang bisa dijadikan sebagai penilaian reputasi di brainly. Dan juga memiliki live chat yang bisa dimanfaatkan dengan baik.

Selain website, Brainly juga bisa diakses dengan mendownload aplikasinya di Play Store dan App Store. 

Quipper School

Selanjutnya yaitu Quipper School yang merupakan layanan pendidikan online untuk guru dan siswa SMP dan SMA. Quipper dibuat untuk memfasilitasi guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara digital. Pengguna quipper tercatat sudah mencapai 6 juta pengguna.

Quipper juga menyediakan tryout online dengan soal yang variatif. Kemudian Materi di Quipper cukup lengkap dan menarik untuk dipelajari oleh siswa agar lebih mudah mengerti sebuah pembelajaran.

Edmodo

Edmodo adalah sebuah layanan pendidikan online yang membantu guru untuk berkomunikasi dengan siswa dan orang tua. Dengan menggunakan aplikasi atau situs Edmodo, guru dapat membagikan materi, teks, video, pekerjaan rumah dan tugas kepada muridnya secara online.

Aplikasi ini sebenarnya dirancang untuk guru, karena siswa dan orang tua hanya bisa login dengan Edmodo jika mendapat undangan dari guru.Ketika mendapatkan kode kelas dari guru, hanya diperlukan memasukkan nama, nama keluarga, dan password saja.

Edmodo dapat membawa pengalaman baru dalam proses belajar mengajar di kelas maupun di luar kelas. Secara tidak langsung bisa membuat siswa terbiasa dengan memanfaatkan digital untuk pendidikan, mendukung kolaborasi antar siswa, dan memungkinkan guru memberikan feedback dalam mengajar.

Coursera

Coursera merupakan website belajar online untuk Anda yang ingin belajar keterampilan baru. Kelas online Coursera dilengkapi dengan 8 bahasa pengantar yang berbeda dengan situs belajar online lainnya.

Coursera memungkinkan Anda terhubung dengan pembelajar atau partisipan dari seluruh dunia. Sehingga Anda bisa berdiskusi atau bahkan melakukan kolaborasi dengan mereka. 

Kemudian Coursera merupakan kursus fleksibel dengan durasi course yang bervariasi. Kemudian pengajar dan materi dudukung oleh universitas di seluruh dunia. Dan yang terpenting dilengkapi dengan sertifikat ketika Anda berhasil menyelesaikan course.

Udemy

Yang terakhir adalah Udemy, yang merupakan website pembelajaran asal Amerika Serikat dan sudah diluncurkan sejak 2009 yang terfokus pada materi pembelajaran dan pengajaran yang teknis dengan 1000 kursus online. Situs belajar online ini terbuka untuk Anda yang pemula bahkan sudah berpengalaman.

Udemy bisa menyalurkan kemampuan dengan menggunggah video. Semua kursus dan materi yang disediakan Udemy berasal dari banyak sekali penulis andal dan ahli di bidangnya. Banyak materi menarik yang ada di Udemy seperti membuat website, belajar programming, dan marketing.

Penutup

Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satu website yang sudah kami ulas diatas? Atau ada yang sudah pernah menggunakannya untuk belajar bisa sharing-sharing di kolom dibawah ya!

Related Posts