fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

7 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Keuangan Terbaik

Yanti puspita

Jika kamu seorang wirausaha, memiliki aplikasi pembukuan keuangan merupakan suatu keharusan. Selain memudahkan pencatatan arus kas masuk dan keluar, kamu juga bisa mengontrol keuangan bisnis kamu dengan lebih mudah.

Tentunya aplikasi pembukuan keuangan ini bisa mengurangi permasalahan keuangan yang mungkin terjadi.  Banyak yang mengira bahwa semua hal mengenai pembukuan ini adalah pekerjaan seorang akuntan.

Namun apa jadinya jika kamu tidak memiliki akuntan? Nah, itulah yang menjadi alasan hadirnya aplikasi pembukuan keuangan ini. Pada kesempatan kali ini akan di berikan beberapa rekomendasi aplikasi pembukuan keuangan yang dapat memudahkan bisnis kamu. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Daftar 7 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Keuangan Terbaik

Saat kamu membuka Google Chrome dan mengetik “aplikasi pembukuan keuangan”, maka akan ada banyak pilihan yang tersedia. Tapi kamu tidak perlu khawatir, brikut rekomendasi aplikasi pembukuan keuangan terbaik dari yang terbaik.

1.      MYOB

Aplikasi pembukuan keuangan yang pertama adalah MYOB atau Mind Your Own Business. Ini adalah aplikasi yang bisa mengelola dan mengolah data keuangan untuk semua jenis bisnis. Mulai dari usaha kecil hingga besar.

Kelebihan MYOB adalah mudah di gunakan dan memiliki desain yang sederhana. Jadi bisa di bilang aplikasi ini ramah bagi kamu yang pemula sekalipun.

Meskipun aplikasi MYOB dapat di unduh gratis, kamu juga harus membayar untuk menggunakan fitur-fiturnya. Ada empat paket yang bisa di pilih dengan harga dan fitur berbeda di aplikasi ini.

2.      QuickBooks

Bagi kamu yang masih membutuhkan aplikasi akuntansi dan pembukuan keuangan sekaligus, QuickBooks adalah jawaban nya. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengundang dan berbagi informasi data keuangan bisnis dengan akuntan terpercaya kamu.

Keuntungan QuickBooks adalah menyediakan fitur tanpa batas untuk semua paket. Ini termasuk melihat laporan bisnis, menyimpan data di cloud, dan dukungan gratis yang dapat kamu hubungi kapan saja.

3.      BukuWarung

Aplikasi pembukuan keuangan yang satu ini merupakan aplikasi  karya anak bangsa. Misinya adalah memajukan 60 juta UMKM di Indonesia. Aplikasi ini merupakan solusi untuk semua manajemen penjualan, manajemen utang, dan manajemen stok dan pembayaran.

Fitur-fitur menarik lain yang ada di aplikasi ini juga terus di kembangkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna nya. Menariknya lagi, aplikasi pembukuan keuangan ini tidak memungut biaya sepeser pun kepada pengguna nya.

Selain itu fitur yang di tawarkan cukup lengkap untuk menyelesaikan permasalahan bisnis. Segala transaksi bisnis, termasuk pengendalian arus kas masuk dan keluar, dapat di lacak dalam genggaman tangan kamu di mana saja dan kapan saja.

4.      Odoo

Salah satu aplikasi pembukuan keuangan yang bisa memenuhi segala kebutuhan bisnis kamu adalah Odoo. Mulai dari CRM, e-commerce, akuntansi, inventaris, point of sale, manajemen proyek, pelaporan pajak, dan berbagai solusi lain nya ada di aplikasi ini.

Kelebihan dari aplikasi Odoo adalah mudah di gunakan dan terintegrasi penuh. Tak hanya itu, dengan sistem open source, Odoo juga memungkinkan pengguna nya mempersonalisasi kebutuhan nya masing-masing. Ada lebih dari 30 modul yang bisa kamu beli dan gunakan. Namun perlu di perhatikan, jika ingin menambahkan fitur yang akan di gunakan berarti kamu juga harus mengeluarkan biaya lebih untuk membelinya.

5.      Teman Bisnis

Rekomendasi aplikasi pembukuan keuangan lainnya yang bisa kamu coba adalah teman bisnis. Aplikasi yang juga ramah bagi pemula ini dapat membantu kamu menganalisis dan mengontrol keuangan bisnis.

Fitur yang tersedia antara lain pencatatan transaksi, pelaporan keuangan, pengelolaan utang dan piutang, dan pengelolaan inventaris. Aplikasi ini bisa menjaga kontak bisnis, dan mematuhi aturan standar akuntansi yang berlaku pada UMKM.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mendownload laporan dan analisis bisnis dari para ahli dan membuat keputusan bisnis menjadi lebih mudah. Semua fitur tersebut bisa kamu nikmati dengan membayar mulai dari Rp. 150 ribu untuk berlangganan tiga bulan. Cukup murah, bukan?

6.      Freshbooks

Aplikasi akuntansi keuangan yang selanjutnya adalah Freshbooks. Ini adalah aplikasi yang dapat di gunakan oleh bisnis dari semua ukuran dan di hampir di semua industri. Aplikasi ini bahkan dapat di gunakan untuk mengelola keuangan pribadi kamu. Kelebihan dari Freshbooks adalah memberikan fitur unlimited bahkan untuk paket termurah sekalipun.

7.      Beecloud

Solusi akuntansi keuangan yang mudah digunakan dan dapat di akses dari mana saja, kapan saja adalah Beecloud. Dengan Beecloud, kamu bisa mengelola keuangan bisnis kamu dengan mudah dan efisien. Tentunya ini juga menjadikan kamu dapat fokus mengembangkan bisnis kamu menjadi lebih besar lagi.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pembukuan Keuangan

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi aplikasi pembukuan keuangan di atas, kamu juga perlu mengetahui apa saja keuntungannya. Di bawah ini adalah beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan saat menggunakan aplikasi tersebut saat mengelola bisnismu.

Memudahkan Pemantauan Arus Keuangan

Fungsi dari aplikasi pembukuan keuangan yang pertama adalah akan memudahkan dalam memantau arus keuangan. Akuntansi keuangan yang terdapat pada aplikasi akan memudahkan pemilik usaha untuk memantau arus keuangan nya melalui gadget di genggaman tangan.

Aplikasi akuntansi keuangan juga bisa membantu kamu memantau siapa saja yang memasukkan data ke dalam akuntansi keuangan. Jadi jika ada kesalahan data, kamu bisa langsung mengetahui siapa yang memasukkannya dan menambahkan data tersebut ke dalam aplikasi.

Database Tersimpan Secara Sistematis dan Akurat

Dengan aplikasi ini, kamu bisa memberikan akses kepada siapa saja yang perlu memasukkan segala jenis data transaksi yang terjadi.

Aplikasi akuntansi keuangan biasanya menyediakan template atau format yang harus di ikuti oleh setiap orang yang akan melaporkan data keuangan bisnis kamu. Oleh karena itu, dengan aplikasi ini laporan akuntansi kamu akan lebih sistematis dan akurat.

Mengurangi Kejadian Human Error

Dalam pembukuan human error bisa berakibat fatal, seperti kesalahan perhitungan, kesalahan entri data, dan lain-lain. Jika pembukuan kamu tidak akurat maka ini akan berdampak pada perkembangan bisnis kamu kedepannya.

Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi pembukuan yang dapat membantu mengurangi human error.

Dapat Menyimpan Banyak Data

Pembukuan yang di lakukan secara manual seperti menggunakan buku atau dalam bentuk digital seperti Microsoft Excel selalu mempunyai keterbatasan dalam penyimpanan data. Ini tentu akan berbeda saat kamu menggunakan aplikasi pembukuan keuangan.

Aplikasi pembukuan mempunyai kapasitas penyimpanan data yang besar sehingga kamu bisa membuka laporan transaksi dalam periode tahunan. Beberapa aplikasi pembukuan juga memiliki fitur penyimpanan data di sistem cloud yang pasti akan membantu kamu.

Sistem Keamanan Terjamin

Fungsi terakhir dari penggunaan aplikasi pembukuan ini adalah untuk menjamin keamanan sistem. Maksud dari sistem keamanan yang terjamin adalah agar semua data keuangan kamu tersimpan rapat di dalam aplikasi dan di lengkapi dengan berbagai sistem keamanan seperti password.

Itulah dia penjelasan mengenai rekomendasi aplikasi pembukuan keuangan dan manfaat yang di bawanya dalam membantu bisnis kamu. Kehadiran aplikasi ini tentunya akan memudahkan kamu dalam mengelola, mengontrol, dan melacak operasional bisnis secara real time dari mana saja dan kapan saja.

Baca Juga