fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Business

7 Manfaat Kerjasama Tim Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis

Wiliam

Ketika melihat pamflet atau brosur open recruitment, tak jarang kita temui syarat di dalamnya yaitu dapat bekerjasama dalam tim. Hal ini tentu dilakukan bukan tanpa alasan. Ada hal-hal pendorong sehingga HRD menjadikan hal tersebut sebagai soft skill yang wajib dimiliki oleh para calon karyawannya. 

Apa itu Kerjasama Tim?

Kerjasama tim (teamwork) adalah satu hal yang fundamental dalam sebuah perusahaan. kerjasama yang baik menjadi salah satu penentu keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. 

Sebuah penelitian yang dilakukan Queens University Of Charlotte, menyebutkan bahwa terdapat 3 soft skill yang menjadi penilaian manajer pada karyawan saat hendak dimasukkan dalam daftar promosi, salah satunya adalah kemampuan kerjasama tim nya. 

Manfaat Kerja Sama Tim untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis

Berikut ini berbagai manfaat kerjasama tim untuk meningkatkan kinerja bisnis:

1. Mendapatkan Banyak Ide

Saat bekerja dalam tim, bukan hanya satu kepala yang berpikir, tetapi banyak kepala yang bisa digunakan. Setiap anggota tim akan berusaha memunculkan ide kreatif yang dapat menjadi pertimbangan atau mungkin saja akan digabungkan untuk mendapatkan ide yang baru. 

Selain untuk mendapatkan banyak pilihan ide, hal ini tentu juga akan meningkatkan kemampuan berpikir setiap anggota. Yang nantinya akan berimbas pada peningkatan kinerjanya di perusahaan. Hal ini juga akan berpengaruh pada penentuan strategi yang nantinya akan digunakan di masa yang akan datang. 

2. Beban Kerja jadi Lebih Ringan

Saat bekerja dalam sebuah tim, pekerjaan yang awalnya berat jika dilakukan sendiri akan lebih ringan jika dilakukan bersama. Jika diibaratkan saat mengangkat sebuah meja, tentu akan sulit jika hanya dilakukan sendiri, beda halnya jika dilakukan berdua atau bertiga, beban meja tersebut akan terasa lebih ringan. 

Tak bisa dielakkan juga, bahwa saat bekerja sendiri Anda akan lebih fokus pada pekerjaan yang akan Anda lakukan. Namun jika proyek atau pekerjaan Anda banyak dan rumit, tentu berbagi pekerjaan akan lebih efisien. Anda perlu mengakui bahwa anda memerlukan bantuan dari rekan kerja Anda. 

Meskipun masing-masing memiliki tugas berbeda, namun semuanya akan saling melengkapi sebab ada tujuan bersama yang mesti dicapai. Apalagi ketika dalam tim sudah memiliki ikatan yang kuat, maka kepentingan pribadi tidak akan menjadi hal utama. 

3. Menggali Potensi dalam Diri

Saat bekerja dalam tim, Anda dapat mengenali dan menggali potensi yang ada dalam diri Anda. Seperti yang diketahui, dalam sebuah tim, akan ada pembagian kerja yang dibuat agar pekerjaan lebih efektif dan efisien. 

Pembagian tanggung jawab tersebut biasanya dibuat berdasarkan minat dan kemampuan setiap anggotanya agar setiap pekerjaan dapat dilakukan dengan maksimal. Nah dari sini, setiap anggota dapat mendalami apa yang diminati ataupun dapat belajar hal baru dengan sungguh-sungguh. 

4. Problem Solving Lebih Mudah

Dalam sebuah perusahaan, tentu saja akan ada saja masalah yang timbul. Mungkin jika permasalah tersebut tidak terlalu rumit, dengan satu kepala pun dapat diatasi. Namun jika permasalah tersebut rumit, tentu perlu banyak kepala yang dibutuhkan untuk berpikir agar mendapatkan penyelesaian yang baik. 

Penyelesaian masalah dalam sebuah tim sama dengan mengumpulkan pengetahuan, keterampilan dan keahlian yang dapat digunakan sebagai senjata untuk menyelesaikan masalah dan mendiskusikan solusi potensial yang dapat dilakukan. 

5. Saling Berbagi Pengetahuan

Dalam sebuah tim tentu ada pembagian kerja yang dibuat sesuai dengan spesialisasi masing-masing anggota. Perbedaan keterampilan dan kemampuan setiap anggota ini akan memungkinkan terjadinya sharing knowledge (berbagi pengetahuan). 

Dengan melakukan sharing knowledge, akan ada proses pertukaran pengetahuan antar individu yang nantinya akan meningkatkan value diri masing-masing dan meningkatkan produktivitas kerja. 

Membangun budaya saling berbagi pengetahuan di tempat kerja tentu sangat penting untuk diperadakan. Sebab,selain meningkatkan kualitas setiap individu, juga dapat menciptakan hubungan yang baik antar sesama anggota. Hal ini juga akan menghasilkan produktivitas, loyalitas dan hasil kerja yang bagus. 

6. Membangun Bonding

Dalam bekerja, hal yang menjadi dambaan setiap orang adalah lingkungan kerja yang positif. Hal ini dapat diperoleh dengan membangun bonding atau ikatan yang baik antar sesama karyawan. 

Dengan bekerjasama dalam tim, tanpa disadari, ikatan persaudaraan, kekeluargaan, dan pertemanan akan terbangun. Yang mana ikatan ini akan membentuk rasa nyaman dalam bekerja yang akan membangun lingkungan kerja yang positif. 

7. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat lain dalam melakukan kerja sama tim adalah meningkatkan produktivitas. Kerjasama tim dalam pekerjaan melibatkan pemikiran dua orang atau lebih yang akan lebih cepat jika dilakukan hanya seorang diri. 

Anggota tim aka saling mengenal dan percaya. Sesama anggota tim dapat saling membantu dan membentuk komunikasi yang baik sehingga perubahan ke arah lebih positif dapat terjadi. Imbasnya, produktivitas akan meningkat dan hasil kerja lebih memuaskan. 

Setiap anggota dalam tim mungkin saja punya pemikiran yang berbeda. Namun, semua orang selalu sepakat dalam hubungan kerja. Tim kerja perlu memahami target dalam tim dan memiliki satu visi sebagai acuan dalam bekerja.

Jika terjalin kerja sama yang baik, produktivitas kerja jadi meningkat. Setiap orang akan menjalankan tugasnya secara bersamaan sesuai tanggung jawab yang diemban masing-masing, sehingga pekerjaan yang menumpuk dapat cepat dibereskan.

Itulah berbagai manfaat kerjasama tim untuk meningkatkan kinerja bisnis. Seperti kata bijak yang mungkin pernah Anda dengar, jika mau berjalan cepat, maka jalanlah sendiri. Tetapi jika ingin berjalan jauh, maka jalanlah bersama-sama. 

Baca Juga