fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

7 Cara Mengatasi Laptop Freeze Windows 10, Ampuh

Wiliam

Ada banyak perubahan yang terjadi setelah dua tahun terakhir pandemi Covid-19 melanda di seluruh dunia. Salah satunya satunya adalah di sektor pendidikan dan pekerjaan. Dimana, setiap masyarakat membutuhkan perangkat laptop untuk menunjang semua aktivitas sehari-hari mereka. Mulai dari melakukan video conference, mengerjakan dokumen di Microsoft Office, streaming video online dan lain-lain.

Memang hal ini tidak dapat dipungkiri, karena segala aktivitas yang bizzie gunakan saat ini dilakukan secara digital. Meskipun laptop memberikan banyak manfaat untuk bizzie, tapi bukan berarti bisa menggunakannya dengan lancar.

Karena akan ada waktunya, dimana bizzie mengalami kendala error di saat mengoperasikan laptop. Salah satu kendala yang sering dialami oleh para pengguna adalah Windows mendadak freeze atau hang.

Di kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara mengatasi laptop freeze Windows 10. Bagi bizzie yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Laptop Freeze Windows 10

Berikut adalah beberapa cara mengatasi laptop freeze Windows 10 :

1. Mencoba Restart Laptop

Cara pertama yang bisa bizzie lakukan adalah restart laptop. Biasanya, error ini disebabkan oleh salah satu device yang crash atau tidak berjalan dengan baik. Harapannya dengan cara mengatasi laptop freeze Windows 10 kali ini bisa memperbaiki kesalahan error agar tetap stabil, ketika digunakan kembali. Jika dengan memuat ulang sistem masalah ini tidak dapat teratasi, bizzie bisa lanjut ke cara berikutnya.

2. Mengurangi Aktivitas Multitasking

Salah satu alasan kenapa laptop Windows sering freeze adalah terlalu banyak menjalankan aplikasi di dalam satu waktu. Semakin banyak program yang bizzie jalankan, maka sumber daya perangkat dan sistem akan otomatis terbagi. Hal ini juga membuat resource RAM dan CPU menjadi terbebani dan menyebabkan respon perangkat melambat.

Memang ini tidak memberikan pengaruh pada laptop spesifikasi tinggi, tapi jika bizzie menggunakan laptop dengan spesifikasi rendah akan terasa dampaknya. Maka dari itu, periksa task manager secara berkala guna mengatur sumber daya yang digunakan agar isya melebihi batas.

3. Pastikan Driver Tidak Bermasalah

Cara mengatasi laptop freeze Windows 10 berikutnya adalah memastikan, bahwa tidak ada masalah pada komponen driver. Apabila driver laptop bermasalah, maka bisa menimbulkan permasalahan di dalam sistem dan termasuk laptop Windows freeze.

Untuk itu, bizzie bisa memanfaatkan device manager guna mengecek kondisi driver laptop san lakukan update apabila dibutuhkan. Sebagai berikut adalah cara melakukan pengecekan pada driver laptop :

●   Pertama, klik kanan di “start menu Windows dan pilih device manager”.

●   Kemudian, klik bagian driver yang sedang bermasalah dan klik kanan di salah satu driver harus dilakukan update.

●   Apabila sudah, bizzie  bisa memilih “search automatically for drivers”.

●   Selanjutnya, laptop akan melakukan proses pencarian dan instalasi driver – jika sudah silahkan bizzi klik “close”.

●   Selesai.

Utamakan bizzie mengecek pada bagian driver display, driver network, driver BIOS dan driver processor. Semua komponen tersebut mempunyai tingkat kemungkinan besar atas permasalahan ini. Biasanya disaat driver bermasalah, akan muncul ikon warna kuning pada driver.

4. Mengecek Ruang Penyimpanan

Berikutnya, bizzie bisa memeriksa ruang penyimpanan laptop. Ketika ruang penyimpanan laptop sudah penuh, maka tidak menutup kemungkinan kinerja sistem akan menjadi lambat dan sering mengalami macet.

Maka dari itu, disarankan untuk menyisakan ruang kosong san terutama di driver c setidaknya 20% dari total kapasitas penyimpanan. Atau jika dikira-kira sekitar 16GB untuk OS 32-bit dan 20GB untuk OS 64-bit. Namun di saat ruang penyimpanan sudah penuh, maka bisa uninstall aplikasi atau menghapus file yang tidak dibutuhkan lagi.

5. Menjalankan Perintah Perbaikan

Setelah itu, bizzie juga bisa perintah DISM Tool san Sistem File Checker di Command Prompt. Mengingat dengan kedua perintah tersebut, segala jenis kerusakan pada file sistem atau program aplikasi bisa teratasi dengan mudah. Akan tetapi, sebelum bizzie menjalankan perintah ini bisa memperhatikan dua instruksi sebagai berikut :

●   Bagi pengguna Windows 10/8 – Disarankan untuk menjalankan DISM Tool terlebih dahulu. Khusus pengguna sistem operasi ini, DISM Tool berfungsi untuk menyediakan berkas yang dibutuhkan. 

●   Bagi pengguna Windows 7 atau Vista – Silahkan abaikan perintah DISM tool dan langsung jalankan perintah SFC Windows.

6. Menjalankan Pemindaian Virus

Kemudian bizzie juga bisa untuk menjalankan pemindaian virus. Mungkin saja freeze di laptop Windows bizzie disebabkan oleh adanya virus atau malware yang tanpa disadari. Untuk memastikannya, gunakan aplikasi antivirus untuk scanning secara menyeluruh di dalam sistem dan aplikasi terinstall. Sebagai berikut tahapan menjalankan pemindaian antivirus :

●   Pertama, bizzie bisa membuka menu “setting – update dan security – windows security”.

●   Kemudian klik “open windows security – virus & threat protection”.

●   Klik “quick scan” untuk menjalankan proses scanning.

●   Tunggu sampai dengan proses scanning selesai dilakukan.

●   Selesai.

Selain menggunakan aplikasi bawaan Windows, bizzie juga bisa melakukan scan dengan aplikasi antivirus pihak ketiga. Saat ini ada banyak aplikasi antivirus yang bisa membantu di dalam membersihkan virus laptop lebih maksimal ketimbang aplikasi antivirus bawaan.

7. Menjalankan Windows Update

Apabila dengan cara sebelumnya masih belum bisa berhasil, maka bizzie bisa mencoba untuk menjalankan Windows Update di laptop. Hal ini dilakukan agar bizzie mendapatkan fitur baru, perbaikan bugs dari versi sebelumnya, skalabilitas dan keamanan. Sebagai berikut adalah cara untuk melihat ketersediaan update Windows di perangkat laptop :

●   Pertama, klik “start menu – setting – update & security – windows update.

●   Klik “check for updates” guna melihat ketersediaan Windows versi paling baru.

●   Apabila ada, silahkan lakukan update sampai dengan selesai.

●   Selesai.

Nah, itulah dia 7 daftar cara mengatasi laptop freeze Windows 10 yang bisa bizzie gunakan. Semoga penjelasan diatas bisa membantu bizzie dan khususnya pengguna Windows 10, ya.

Baca Juga