fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Wordpress

6 Jenis Plugin Pembayaran WordPress dengan Banyak Fitur dan Gratis!

Wiliam

Plugin pembayaran WordPress adalah salah satu jenis ekstensi yang sangat berguna untuk para pebisnis, khususnya Bizzie yang memiliki usaha sendiri dalam sebuah situs web atau aplikasi. Layaknya Plugin pada umumnya, plugin pembayaran WordPress merupakan alat yang bisa memberikan banyak fitur pada situs web maupun aplikasi.

Namun, plugin pembayaran WordPress ini lebih fokus memberikan fitur yang berguna untuk memperlancar metode transaksi atau cara pembayaran. Penting diketahui, ada berbagai alasan mengapa plugin pembayaran WordPress penting diterapkan ke situs web atau aplikasi tempat Bizzie berjualan. Namun, inti dari semua itu tentu saja untuk mengoptimalisasi situs web atau aplikasi agar lebih mendukung kegiatan berjualan. Dengan begitu, Bizzie dapat mengembangkan usaha yang dikelola secara lebih optimal. 

Jenis-Jenis Plugin Pembayaran WordPress  

Agar Bizzie tidak salah dalam memilih, berikut ini ada beberapa rekomendasi plugin pembayaran WordPress yang cukup recommended untuk digunakan. Berikut adalah jenis-jenisnya:

1. WooCommerce

Plugin pembayaran WordPress yang pertama yang sangat direkomendasikan untuk Bizzie gunakan adalah WooCommerce. Untuk diketahui, ekstensi ini sangat tepat digunakan oleh para pebisnis hybrid maupun pengusaha yang baru bertransformasi ke toko online. Hal ini karena WooCommerce termasuk plugin pembayaran WordPress yang disediakan secara gratis untuk pengguna situsnya. Menariknya, plugin pembayaran WordPress satu ini memiliki banyak sekali fitur unggulan.

Salah satu contoh dari keunggulannya adalah situs web atau aplikasi jadi dijadikan untuk menjual produk apapun, baik secara fisik maupun digital. Selain itu, opsi pembayaran yang lengkap juga dapat Bizzie kelola dengan memanfaatkan Plugin ini. Pasalnya, Bizzie bisa mengintegrasikan toko online dengan payment gateway terbaik.

2. Easy Digital Download

Tidak kalah menariknya dari plugin WooCommerce, Easy Digital Download juga dapat Bizzie gunakan untuk memaksimalkan e-commerce yang berbasis WordPress. Sesuai namanya, plugin pembayaran WordPress satu ini tergolong sangat mudah diintegrasikan ke situs web atau aplikasi Bizzie. Bahkan, meskipun Bizzie adalah pemula yang tidak paham mengenai coding sedikit pun.

Di sisi lain, jenis plugin pembayaran WordPress ini juga menawarkan cukup banyak extension yang berguna untuk toko online Bizzie. Misalnya, seperti integrasi dengan payment gateway sampai dengan platform marketing.

3. BigCommerce

BigCommerce menjadi salah satu plugin pembayaran WordPress terbaru yang cocok diterapkan ke e-commerce berbasis WordPress. Meskipun terbilang baru, ekstensi ini punya cukup banyak fitur menarik yang sangat berguna untuk pengembangan toko online Bizzie. Namun, perlu diketahui bahwa Plugin BigCommerce merupakan Plugin yang tidak dapat diunduh secara gratis maupun digunakan dengan tanpa biaya. Bizzie diharuskan untuk membayar biaya per bulannya untuk mendapatkan layanan dari   Plugin ini.

Jika toko online Bizzie sudah cukup maju serta mempunyai penghasilan yang stabil, plugin pembayaran WordPress BigCommerce sangat recommended untuk diterapkan kepada e-commerce. Pasalnya, software ini menyediakan fitur yang dapat mengelola penjualan multi-channel serta mendukung katalog lengkap. Selain itu, BigCommerce juga mampu menampilkan trafik penjualan dan volume pesanan, lho!

4. WP EasyCart

Untuk Bizzie yang baru membangun situs belanja online, Plugin WP EasyCart ini cocok dijadikan pilihan. Pasalnya, WP EasyCart menyediakan paket yang dapat Bizzie gunakan untuk beberapa waktu.

Meskipun gratis, layanan yang tersedia sangat berguna untuk perkembangan bisnis Bizzie.

Salah satunya adalah proses integrasi yang sangat mudah sehingga tidak merepotkan Bizz. Apabila mengakses fitur premium, Bizzie bisa mendapatkan layanan QuickBooks untuk bookkeeping. Lalu, ada juga AffiliateWP guna memanage afiliasi.

5. Midtrans

Plugin Midtrans akan membantu customer untuk mempermudah proses pembayaran online. Plugin ini bisa kamu gunakan untuk Woocommerce. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menawarkan sistem pembayaran online, Gopay.

Midtrans sendiri merupakan sebuah plugin yang merupakan bagian dari Gojek. Sistem pembayarannya sudah mendukung pembayaran di toko dan juga sistem kirim antar bank.

Midtrans juga punya berbagai fitur menarik untuk pembayaran. Adapun fitur-fiturnya seperti pembayaran menggunakan e-money, cicilan tanpa kartu kredit, bank transfer, dan beberapa fitur pembayaran lainnya.

Selain itu, sistemnya juga sudah mendukung pembayaran berkala untuk produk berlangganan. Bahkan sudah didukung juga dengan pilihan one-click dan juga two-click untuk merekam data credit card milik pelanggan.

Midtrans juga merupakan sebuah plugin yang sudah terintegrasi dengan Woocommerce untuk versi 2 dan 3.

6. Nicepay

Bagi kamu yang ingin plugin pembayaran dengan fitur lengkap, maka Nicepay adalah pilihannya. Nicepay sudah menyediakan fitur yang akan memudahkan proses pembayaran customer kepada kamu.

Plugin ini sudah mendukung metode pembayaran transfer bank, minimarket, e-banking, e-wallet, cicilan tanpa kartu, credit card, hingga transfer bank. Selain itu, fiturnya pun sangat mobile friendly sehingga mudah digunakan.

Proses pembayaran menggunakan plugin ini pun tergolong aman. Pasalnya, proses transaksi pada sistem ini akan diverifikasi dengan SMS OTP real-time.

Nicepay juga merupakan plugin yang sudah tersertifikasi oleh Visa, Mastercard, JCB Secure, Secure Code, Norton Secured, PCI DSS, dan American Express.

7. Paypal

Plugin yang satu ini sudah begitu dikenal oleh para pelaku bisnis online. Paypal secara umum adalah sistem pembayaran ternama yang sudah mendunia. Bahkan pengguna Paypal kini sudah menyentuh 400.000.000 pengguna.Paypal juga merupakan salah satu plugin terpopuler di Woocommerce. Hingga saat ini diperkirakan ada 800.000 pengguna aktif yang menggunakan plugin tersebut di Woocommerce untuk pembayaran.

Paypal juga sudah mendukung konversi 25 jenis mata uang di sebanyak 202 negara. Itu artinya, layanan ini dapat digunakan untuk transaksi secara global. Plugin ini sangat tepat untuk Bizzie yang ingin mengembangkan bisnis online ke ranah internasional. Di samping itu, Paypal juga merupakan sebuah plugin yang sudah menyediakan banyak fitur menarik untuk membantu proses pembayaran yang meliputi dashboard untuk memantau transaksi, opsi pembayaran kredit maupun debit, serta fitur lainnya.

Demikian enam rekomemdasi plugin pembayaran WordPress yang bisa Bizzie pertimbamgkan dan gunakan. Semoga bermanfaat, Bizzie!

Baca Juga