fbpx

6 Cara Optimalkan YouTube untuk Website Bisnis Anda

Membuat dikenal luas dan sering dikunjungi orang memang bisa menjadi pekerjaan sulit di tengah semakin ketatnya persaingan belakangan ini. Nah, salah satu alat yang semakin kuat potensinya adalah YouTube. Lantas adakah cara optimalkan YouTube untuk website agar mendapatkan traffic organic? Silakan lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih jauh.

4 Alasan Mengapa Cara Optimalkan YouTube untuk Website Layak Dipertimbangkan

Ya, ada beberapa alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan cara optimalkan YouTube untuk website. Seperti yang diketahui bahwa setiap memiliki kekuatan dan kelemahannya, tak terkecuali menggunakan YouTube ini.

Namun ada alasan jelas mengapa cara ini layak dipertimbangkan, antara lain:

  • YouTube adalah website terpopuler kedua di dunia; fakta ini memungkinkan berbagi video ini menawarkan peluang untuk menjangkau lebih dari 2 juta pengguna bulanan aktif   
  • Menjangkau orang yang lebih menyukai vide ketimbang teks; konten audiovisual terbukti semakin diminati audiens daripada teks. Beruntungnya, konten tertulis di bisa Anda sesuaikan kembali menjadi video YouTube
  • Video terbukti berhasil; sama-sama membutuhkan , video marketing menjanjikan potensi yang lebih kuat, terlebih strategi ini juga terbukti cukup berhasil bagi sebagian besar bisnis 
  • YouTube bisa menjadi sumber penghasilan tambahan; tentu saja jika channel Anda populer dan dikelola secara bijak, bisa mendatangkan keuntungan tambahan yang juga cukup signifikan
Baca Juga :  Produk Jualan Online Terlaris 2022, Paling Banyak Dicari!

6 Cara Optimalkan YouTube untuk Website

 Ya, Anda perlu menerapkan strategi khusus untuk membuat YouTube bisa menjadi tool berharga yang dapat mendatangkan traffic organik ke website Anda.

Jadi, bukan sekedar membuat channel lalu menambahkan video dari waktu ke waktu saja. Anda tetap memerlukan usaha ekstra untuk menjadikannya efektif untuk website, yaitu dengan:

1. Menerapkan optimasi pada halaman dan video YouTube

Pastikan bahwa video dan channel bisa ditemukan oleh target Anda nantinya. Artinya, cara optimalkan youtube untuk website Anda perlu menerapkan dan menerapkannya secara natural (judul, deskripsi video dan tags).

Baca Juga : Cara Memperpendek Link Website dengan Mudah

Anda bisa membuat thumbnail yang representatif, membuat subtitle dan transkripsi untuk melengkapinya.

2. Promosikan website Anda di bagian About

Sertakan informasi tentang Anda pada bagian About di channel YouTube. Cara optimalkan youtube untuk website Anda bisa memanfaatkan bagian ini untuk menekankan tentang siapa Anda dan mengapa penonton perlu memberi perhatian. Lengkapi teks deskripsi video dan link di bawahnya dengan ke website Anda. 

3. Sertakan link spesifik ke bagian website 

Setiap video yang Anda unggah pastinya memiliki penjelasannya masing-masing. Dan oleh karena itu, bisa saja backlink yang Anda sertakan akan mengarahkan penonton ke website Anda secara spesifik. Jadi, video YouTube akan mengarahkan ke halaman website dengan konten yang relevan.

4. Sertakan CTA ke website Anda di video YouTube

CTA yang tepat dapat memudahkan penonton untuk melakukan apa yang mereka atau Anda inginkan. Jadi, Anda bisa membuat call to action dalam skrip tayangan videonya, YouTube card berisi link yang merupakan CTA.

5. Tambahkan channel art berisi link ke website

Anda juga bisa menaruh link pada bagian channel art YouTube. Hal ini bisa semakin memudahkan penonton yang memiliki minat relevan untuk menemukan channel dan bisnis Anda nantinya.

Baca Juga :  Akibat Yang Terjadi Dari Lupa Perpanjang Domain Dan Hosting

6. Jika memungkinkan, selipkan link di bagian Komentar 

Cara ini dapat meningkatkan engagement karena Anda juga terlibat aktif sebagai peserta obrolan. Jadi, pada saat ada penonton yang menanyakan tentang video Anda, berikan jawaban yang memuaskan. Untuk lebih memuaskan mereka, persilakan mereka mengunjungi situs Anda untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Kesimpulan

Memang, membuat sebuah channel YouTube yang sukses juga membutuhkan usaha yang keras. Namun jika Anda menerapkan cara optimalkan YouTube untuk website secara tepat, bukan tidak mungkin Anda meraih sukses di keduanya sekaligus. menarik bukan?