fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

6 Cara Memilih Lokasi Server Hosting serta Pengaruhnya

Yanti puspita

Beberapa orang menganggap memilih lokasi server hosting bukanlah hal penting, padahal pemilihan lokasi hosting tepat dapat mempengaruhi website. Lokasi server saat ini tersebar di beberapa negara. Namun tidak semua lokasi server mampu memberikan performa maksimal.

Di negara mana kamu harus memilih server? Dan apa pengaruh memilih lokasi server hosting? Yuk cari tahu dulu cara memilih lokasi server hosting agar performa websitemu maksimal.

6 Cara Memilih Lokasi Server Hosting

Sebelum mengetahui dampak pemilihan lokasi server hosting, kini kamu mungkin akan kebingungan. Bagaimana cara memilih lokasi server hosting yang tepat? Agar tidak bingung lagi, kita berikan cara berikut ini:

1. Pelajari Tentang “Siapa” Audiensmu

Jika kamu ingin mendapatkan lokasi server hosting yang bagus untuk websitemu, maka ketahui dulu siapa audiensnya. Artinya, perlu memahami persentase audiens yang datang ke situsmu. Informasi ini dapat di peroleh dengan berbagai cara. Misalnya saja menggunakan Google Analytics.

Ini berisi laporan komprehensif tentang demografi audiens. Ada data berbeda dalam demografi. Namun hal terpenting yang perlu di pahami adalah negara asal audiens. Jika persentasenya besar berasal dari Indonesia, maka pilihlah server Indonesia saja.

kamu bisa memilih lokasi server hosting yang tepat melalui kita. Lokasinya ada dua yaitu di Indonesia dan Singapura. Keduanya mampu memberikan performa terbaik untuk websitemu.

2. Sesuaikan Tampilan Website

Setelah kamu memahami siapa audiensnya, hal berikutnya yang perlu di fokuskan adalah jenis website yang sedang di kembangkan. Kesesuaian antara tampilan website dan pemilihan lokasi server hosting juga sangat mengesankan.

Hal ini di karenakan setiap website mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Ada beberapa jenis website yang sangat berbahaya jika lokasi servernya tidak tepat. Misalnya website dengan fitur yang kompleks, website untuk ujian online, pendaftaran pekerjaan.

Dan jenis website lainnya yang memiliki trafik banyak. Memilih server yang salah dapat membuat website lambat atau bahkan tidak tersedia. Jadi, berhati-hatilah saat memilih lokasi server hosting.

3. Pertimbangkan Akses Kecepatan Hosting

Faktor yang sangat penting untuk kamu pertimbangkan ketika memilih lokasi server hosting adalah kecepatan akses dari hosting itu sendiri. Maksudnya itu apa? Ini erat kaitannya dengan jarak antara server dan penonton yang mungkin lebih pendek.

Secara teknis nanti kamu akan mendapatkan alamat IP dari server sesuai dengan lokasi. Sedangkan di sisi lain, pengunjung juga akan mendapatkan alamat IP sesuai dengan lokasinya.

Jadi, jika IP hosting dan IP guest berada di lokasi yang sama atau minimal berdekatan, maka akses website yang kamu miliki akan jauh lebih cepat di bandingkan jika menghosting alamat IP dari server tadi.

4. Lokasi Server Harus Mempunyai Infrastruktur yang Memadai

Cara memilih lokasi server hosting selanjutnya adalah dengan menentukan apakah infrastruktur yang ada pada lokasi tersebut sudah sesuai. Hal ini erat kaitannya dengan keamanan server yang di bangun disana.

Tentunya tidak ingin website yang kamu kelola terkena dampaknya karena lokasi server rawan kekacauan, bencana alam, kriminalitas, atau pemadaman listrik. Jika tidak ingin hal ini terjadi, pahami dulu bagaimana letak server dan infrastrukturnya.

Cara untuk memenuhi permintaan tersebut adalah dari penyedia hosting yang memiliki infrastruktur mewah dengan teknologi unggul dan akses penuh sumber daya, seperti produk Dedicated hosting. Jika mereka menjelaskan infrastruktur secara lengkap dan menjamin keamanan server, maka pilih saja.

5. Tanyakan Tentang Lokasi Internet Exchange

Sebelum memilih hosting, tanyakan dulu lokasi internet exchange. Belum tahu Internet Exchange? Jadi, Internet Exchange adalah tempat untuk terhubung ke Internet dari Internet Service Provider (ISP) di Indonesia.

Biasanya banyak orang yang menyebut ini sebagai ISP Indonesia. Tugasnya memastikan koneksi internet di Indonesia tidak harus ke luar negeri dulu lalu kembali ke Indonesia.

6. Sesuaikan dengan Anggaran

Berapa anggaranmu? Ini adalah pertanyaan yang harus kamu pertimbangkan. Percuma saja, sudah memilih lokasi server yang bagus namun tidak terjangkau kantongmu. Apalagi jika kamu memilih lokasi server hosting di Indonesia. Secara umum, ini lebih mahal di bandingkan server AS dan server Eropa.

Apa Pengaruh Memilih Lokasi Server Hosting?

Setelah membahas cara memilih lokasi server hosting, ada baiknya memahami dampak pemilihan lokasi server pada websitemu. Seperti:

Tentukan Persentase Uptime

Pemilihan lokasi server dapat mempengaruhi persentase uptime. Persentase uptime adalah persentase ketersediaan server yang biasanya dapat di jangkau dalam jangka waktu tertentu. Jika lokasi server yang kamu pilih berada pada lokasi yang rawan bencana alam dan gangguan lainnya.

Maka di pastikan websitemu akan sering mengalami gangguan. Oleh karena itu, pilihlah server hosting yang aman, minim risiko bencana, dan di lengkapi infrastruktur memadai untuk memastikan website selalu aktif dan online.

Mempengaruhi Loading Website

Lokasi server tentu mempengaruhi loading data pada website. Mari kita bandingkan dengan pemesanan barang. Ketika kamu berada di kota Jakarta, kemudian berbelanja di toko di Jakarta, maka pesananmu akan lebih cepat sampai di bandingkan jika memilih toko pada Kalimantan.

Sama halnya dengan website, jika memilih server di Indonesia (Jakarta), berarti pengunjung website di nusantara bisa menerima informasi dengan cepat. Selain itu, servernya di lengkapi dengan teknologi CDN dengan mengirimkan data ke pengguna melalui server terdekat.

Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencari

Pemilihan server hosting yang tepat mempengaruhi peringkat website kamu di mesin pencari. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa, karena semakin tinggi kecepatan website maka akan semakin mempengaruhi peringkat Google. Jadi, semakin cepat website, maka peringkat websitemu akan semakin tinggi.

Lokasi Server Manakah Yang Cocok Untuk Sebuah Website?

Seperti yang sudah dibahas di atas, server hosting tersebar di beberapa negara. Di bawah ini adalah lokasi server hosting yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih, yaitu:

Server Indonesia

Saat ini server Indonesia mempunyai kualitas yang mampu bersaing dengan server luar negeri lainnya. Dimana lokasinya? Umumnya server Indonesia berlokasi pada ibu kota Jakarta.

Server Indonesia sangat cocok jika target audiensnya berada di dalam negeri karena masih berada pada IP Address sama. Namun jika target audiensnya luar negeri, server lokal tidak di sarankan.

Server UK

Lokasi server yang bisa kamu pilih adalah server UK. Situs ini cocok untuk mereka yang menargetkan pemirsa Eropa dan Inggris.

Lokasi server berikutnya berada di USA. Lokasi server ini cocok bagi mereka yang memiliki target audiens Amerika Serikat dan beberapa negara sekitarnya seperti Kanada dan Meksiko.

Server Singapura

Server Singapura cocok bagi mereka yang membutuhkan kecepatan akses internasional. Banyak pemilik website memilih server Singapura jika target audiensnya internasional atau nasional. Karena kita tahu Singapura tidak jauh dari Indonesia, maka dampaknya terhadap kecepatan sangatlah kecil.

Jika kamu sudah sampai di sini maka berarti sudah mengetahui cara memilih lokasi server hosting serta pengaruhnya. Maka dari itu kita harap dapat membantumu memahaminya.

Baca Juga