fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Aplikasi

6 Aplikasi Belajar Gratis Seperti Ruang Guru

Wiliam

Di era yang serba modern dan canggih, belajar tidak perlu lagi menggunakan buku pelajaran lagi tapi sudah bisa diakses di dalam sebuah genggaman saja. Melalui media smartphone, belajar bisa lebih asik dan efisien waktu.

Salah satu cara belajar yang efektif dan praktis, yaitu menggunakan aplikasi belajar gratis seperti Ruang Guru. Dengan menggunakan aplikasi belajar gratis seperti Ruang Guru bizzie dapat meningkatkan keterampilan secara efektif.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai aplikasi belajar gratis seperti Ruang Guru. Bagi bizzie yang ingin tahu apa saja daftarnya, yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

6 Aplikasi Belajar Gratis Seperti Ruang Guru

Sebagai berikut 6 aplikasi belajar gratis seperti Ruang Guru yang bisa bizzie pilih dan gunakan :

1. Zenius

Aplikasi belajar berlogo warna ungu ini membantu bizzie di dalam mempersiapkan diri untuk memasuki perguruan tinggi semenjak kelas 10. Zenius juga menyediakan beberapa soal UTBK secara lengkap. Tidak hanya itu saja, Zenius juga menyediakan bimbingan juga untuk SIMAK UI.

Saat ini Zenius mempunyai fitur ZenBot. Fitur ini bisa mempermudah anak di dalam mendapatkan solusi untuk soal matematika hanya dengan unggah foto soalnya. Bagi anak-anak yang membutuhkan aplikasi pelajaran matematika disarankan langsung menggunakan aplikasi Zenius.

KelebihanKekurangan
Menyediakan ribuan soal latihan beserta dengan pembahasannya.Ada beberapa review yang mengatakan, bahwa ZenBot sering mengalami gangguan.
Mempunyai fitur Zenbot yang memungkinkan anak-anak bertanya tentang soal dan dijawab secara otomatis.Materi mata pelajaran agama tidak tersedia di aplikasi Zenius.
Bisa mengakses video materi secara gratis. 

2. Duolingo

Aplikasi belajar gratis seperti Ruang Guru berikutnya adalah Duolingo. Duolingo memang sempat menjadi tren di Indonesia sebagai aplikasi belajar bahasa dari smartphone.

Tidak hanya itu saja, Duolingo juga memberikan penawaran lebih dari 10 bahasa yang bisa bizzie pelajari. Wajar saja, ketika Duolingo sempat menjadi salah satu aplikasi Best of the Best di Google Play pada tahun 2013 lalu. Aplikasi ini sangat cock dipilih oleh bizzie yang ingin mendalami pengetahuan Bahasa Inggris.

KelebihanKekurangan
Menyediakan placement test, sehingga bizzie bisa mengetahui tingkat kemampuan Bahasa bizzie.Kosakata yang disajikan bersifat random dan terkadang tidak sesuai dengan konteks kalimat.
Bisa melacak perkembangan belajar bizzie. 
Semua kursus tersedia di dalam versi gratis. 

3. Check Math

Mengerjakan soal matematika terkadang menjadi salah satu momok bagi beberapa orang. Jika bizzie mencari aplikasi untuk belajar khusus matematika, maka langsung memilih Check Math.

Di dalam aplikasi ini bizzie disediakan fitur yang bisa membantu di dalam mengerjakan berbagai soal matematika. Salah satu fitur menarik dari aplikasi satu ini adalah memindai soal.

Bizzie hanya perlu memindai soal matematika dari ponsel dan aplikasi ini akan memberikan jawaban secara rinci. Selain itu, aplikasi Check Math juga menyediakan macam-macam soal latihan yang bisa bizzie kerjakan.

KelebihanKekurangan
Bisa membantu bizzie di dalam mengerjakan soal matematika dari pindai foto dengan penjelasan secara rinci.Terkadang tidak dapat mendeteksi tulisan tangan, di saat mengerjakan soal melalui pindai foto.
Menyediakan berbagai soal latihan matematika yang bisa bizzie kerjakan. 

4. Udemy

Jika bizzie ingin meningkatkan kemampuan di dalam pekerjaan, Udemy menjadi pilihan yang paling tepat. Ada banyak sekali materi les online terbaik di dalam aplikasi Udemy dan bisa bizzie dapatkan secara gratis.

Desain, marketing, development, IT and software dari aplikasi Udemy ini menjadi fitur menarik dari aplikasi satu ini. Apabila bizzie memilih membeli materi pembelajaran dengan cara berlangganan, maka akan diberikan akses seumur hidup.

Lalu, bizzie juga bisa belajar dengan nyaman karena Udemy menampilkan video dengan tampilan Airplay. Satu hal yang tidak kalah menariknya lagi adalah bizzie dapat belajar di dalam berbagai kondisi cahaya.

KelebihanKekurangan
Paket kursus dari Udemy bisa digunakan seumur hidup.Sertifikat yang disediakan belum diakui oleh instansi berwenang.
Menyediakan beberapa bahasa, termasuk Bahasa Indonesia di video materi. 

5. Rumah Belajar

Rumah Belajar adalah aplikasi belajar online gratis yang dikeluarkan oleh Pemerintah. Konten belajarnya juga berbasis audio visual. Bizzie bisa menemukan beberapa materi untuk murid PAUD. Fitur unggulannya, yaitu Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya dan lain-lain. Semua fitur tersebut bisa diakses oleh bizzie secara gratis.

Aplikasi Rumah Belajar sebenarnya sudah hadir sejak tahun 2011 lalu guna membantu guru dan murid di beberapa daerah terpencil. Salah satu fitur menarik dari aplikasi Rumah Belajar yang banyak digunakan oleh para penggunanya adalah augmented reality. Jadi, anak-anak bisa belajar dengan melihat beberapa objek 2D atau 3D.

KelebihanKekurangan
Akses aplikasi Rumah Belajar sepenuhnya gratis.Website agak berat, sehingga diperlukan internet yang stabil untuk bisa mengaksesnya.
Menyediakan banyak buku sekolah elektronik yang dikeluarkan langsung oleh Kemendikbud.Percobaan di laboratorium maya masih sangat terbatas.
Mempunyai fitur laboratorium maya yang memunhgkinkan para pengguna melakukan percobaan, seperti di laboratorium secara visual. 

6. Pahamify

Untuk bizzie yang sedang mempersiapkan tes UTBK, Pahamify adalah aplikasi penunjang dan harus dipertimbangkan. Aplikasi ini juga menyediakan fitur menarik untuk mempersiapkan UTBK. Salah satunya adalah Pegasus, yaitu Persiapan Gapai Sukses UTBK.

Fitur ini akan memberikan bimbingan kepada para pengguna untuk menyiapkan materi dan strategi UTBk dari nol. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur tryout dengan dengan soal HOTS. Dengan model soal ini, maka para pengguna akan lebih mudah di dalam memecahkan masalah.

KelebihanKekurangan
Video materi disajikan dengan bentuk animasi, sehingga lebih menarik.Belum ada materi untuk jenjang pendidikan SD.
Metode pembelajaran dengan sistem flashcard, sehingga bisa lebih efektif. 
Mempunyai grup diskusi yang bisa digunakan untuk bertukar pikiran para pengguna. 

Sekian penjelasan mengenai 6 aplikasi belajar gratis seperti Ruang Guru yang bisa dipilih. Semoga bizzie bisa mendapatkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga