fbpx

5+ Tips Cara Sukses Bisnis Karangan Bunga

Kamu penyuka bunga? Hobi merangkainya menjadi karangan yang indah? yang satu ini cocok untukmu. 

, merintis usaha yang satu ini memang tidak mudah. Tapi kalau pintar mengelolanya, bisnis ini bisa hasilkan cuan yang harum. Kali ini Dewabiz membagikan beberapa tips cara bisnis karangan bunga yang bisa membantu kamu. 

Bagi yang belum tahu, bisnis karangan bunga merupakan jenis usaha yang cocok digeluti oleh siapa saja. Ruangnya tersedia, peminatnya pun nyaris tak pernah sepi. 

Niche ini berhasil bertahan di tengah pandemi, karena orang tetap mau beli bunga meskipun susah keluar rumah. Terbukti, di e- China, produk karangan bunga menjadi favorit, bahkan permintaannya sempat melejit. 

Ini kesempatan kamu untuk memulai bisnis dan mencari tahu sebanyak-banyaknya tentang tips cara bisnis karangan bunga. Siapa tahu, kamu bisa membangun bisnis yang besar dan tokomu jadi salah satu yang sukses memimpin pasar.

5 Tips Cara Bisnis Karangan Bunga 

Di Indonesia, bisnis karangan bunga memiliki potensi yang besar. Tahu sendiri kan, berapa banyak orang Indonesia yang menyukai karangan bunga? Tapi, diperlukan tepat untuk mengembangkan bisnis ini. Berikut adalah 5 tips cara bisnis karangan bunga yang bisa kamu ikuti selama merintis usaha.  

Kreatif Dalam Merangkai Bunga 

dalam merangkai bunga adalah tips cara bisnis karangan bunga yang pertama. 

Kreativitas sangat diperlukan dalam bisnis di bidang florist. Ini senjata untuk memenangkan hati pelanggan. Tak masalah, apakah kamu berfokus pada standing flower arrangements (karangan bunga berdiri) atau karangan bouquet, yang penting kamu bisa merangkainya dengan indah. 

Kamu bisa mencari inspirasi melalui , , atau sumber lainnya. Teruslah berlatih sampai kamu cukup mahir membuat rangkaian. Tenang, hal ini bisa dilakukan sambil jalan kok, jadi kamu tidak harus menunggu jago untuk bisa membuka usaha Karangan Bunga Makassar

Baca Juga :  post Pemula : Memahami Dashboard WordPress Admin

Jangan lupa meminta feedback dari klien setiap kamu menyelesaikan pesanan. Saran dan kritik yang mereka berikan bisa menunjukkan kekurangan produkmu. 

Dari saran dan kritik tersebut, kamu bisa membuahkan inovasi yang lebih baik dan menjual produk yang tepat.

Tawarkan Produk Yang Lengkap

Tips cara bisnis karangan bunga yang kedua adalah menawarkan produk yang lengkap. Jangan sampai, tokomu tidak menyediakan kebutuhan pelanggan. Sebab, nanti mereka bisa berpindah ke toko lain. 

Ada bermacam-macam produk yang bisa kamu sediakan, yaitu papan karangan bunga, krans bunga, standing flower arrangements, hand bouquet, karangan bunga meja, karangan bunga dekorasi, dan lain sebagainya. 

Menjawab Selera Pasar

Mengikuti dan menjawab selera pasar merupakan tips cara bisnis karangan bunga yang ketiga. 

Penting bagi seorang pengusaha di bidang florist untuk tahu model karangan bunga seperti apa yang lagi nge-tren di pasaran, contohnya seperti

Penting bagi seorang pengusaha di bidang florist untuk tahu model karangan bunga seperti apa yang lagi nge-tren di pasaran. contohnya seperti Florist Makasar menjual model yang sedang populer, maka kamu bisa menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. 

. Dengan mengetahui model yang sedang populer, maka kamu bisa menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. 

Kamu bisa mengikuti perkembangan tren melalui atau melakukan survey. Tapi ingat, kamu tidak harus copy paste dan sepenuhnya ikut bandwagon. Cobalah untuk menghadirkan produk yang sesuai dengan permintaan pasar, tapi juga memiliki kekhasan tersendiri. 

Harga Yang Bersaing dan Garansi 

Tips cara bisnis karangan bunga yang berikutnya adalah memberi garansi dan menetapkan harga yang terjangkau.

Kamu bisa menawarkan diskon untuk memikat pelanggan baru. Atau, kamu juga bisa melengkapi produk utama dengan bonus yang menarik, misal sebuah rangkaian hand bouquet dijual bersama bonus 2 cangkir cantik

Baca Juga :  Cara Mengamankan VPS Mikrotik

Selain itu, kamu bisa memberikan garansi penggantian produk apabila terjadi kerusakan. Contoh garansi lainnya yang bisa kamu berikan adalah garansi uang kembali bila produk tidak sesuai gambar.  

Selain harga dan garansi, penting juga untuk meningkatkan reputasi tokomu. Sejumlah testimoni positif dari para pembeli bisa mengharumkan nama tokomu. Kamu bahkan tidak harus mengeluarkan biaya besar untuk mengumpulkan testimoni, karena testimoni biasanya diberikan pelanggan secara sukarela.

Bekerjasama dengan influencer / livestreamer

Tips cara bisnis karangan bunga yang satu ini cukup berhasil di China. Kalau tertarik, kamu bisa mencobanya. 

Tapi perlu diketahui, bahwa mempromosikan produk melalui influencer atau livestreamer memakan biaya yang cukup besar. Kalau dirasa berat, lebih baik fokus saja dulu pada promosi dari mulut ke mulut. 

Kamu juga bisa melakukan promosi tanpa harus mengajak influencer maupun livestreamer. Misalnya, promosi melalui iklan atau akun social media milik toko. 

Tak ada salahnya juga mencoba bekerja sama dengan instansi atau organisasi sekitar. Kamu bisa menjadi vendor untuk dekorasi bunga di setiap acara yang mereka helat. Kalau yang ini sih : sambil menyelam minum air, kamu dapat ladang penghasilan sekaligus wadah promosi, iya kan?

Penutup

Itulah 5 tips cara bisnis karangan bunga yang bisa kamu pertimbangkan. Salah satu kunci sukses berbisnis adalah konsisten. Jadi, sebaiknya kamu konsisten dalam berbisnis di bidang ini.

Jangan mudah menyerah apabila menemukan rintangan. Sebab, rintangan tersebut bisa menjadi pelajaran berharga yang menguatkan langkahmu ke depannya. 

Jangan mundur hanya karena tidak punya modal besar. Ingat, hal yang besar dimulai dari hal  kecil terlebih dulu. Begitu pun bisnis, dimulai dari skala kecil, lalu tumbuh menjadi besar. Yuk mulai, see you on top!

[adv]