fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

5 Plugin Visitor Counter WordPress dengan Fitur Terbaik

Muhammad Rizqy

Mengetahui statistik pengunjung sebuah website merupakan hal penting bagi pengelolanya. Cara untuk melakukannya adalah dengan memasang sebuah plugin visitor counter WordPress. Tentu saja jika situs Anda menggunakan mesin blog tersebut.

Nyatanya, sebagian besar website dibangun menggunakan WordPress. Pasalnya, ada berbagai keunggulan, termasuk tersedianya ratusan pilihan plugin untuk mengoptimalkan performa situs.

5 Best WordPress Visitor Counter Plugin

Pada dasarnya, plugin berupa add-on atau ekstensi untuk menambahkan fitur tertentu ke suatu website. Contohnya adalah fungsi penghitung pengunjung. Pemilik situs bisa memasangnya untuk mengetahui jumlah traffic hingga asal kunjungannya.

Berdasarkan pada statistik ini, Anda juga dapat mengetahui jenis konten apa yang menarik bagi audiens. Namun, jumlah pilihan plugin ini sangat banyak, sehingga perlu memilih yang paling Anda butuhkan. Berikut ini ada lima opsi terbaik dan banyak penggunanya.

1. Advanced Page Counter 

plugin visitor counter wordpress

Pertama, istilah ‘advanced’ yang melekat padanya menunjukkan beberapa fitur canggihnya. Di antaranya adalah penyajian statistik pengunjung secara akurat. Selain itu ada beberapa keunggulan lain, yaitu:

  • Memungkinkan Anda menampilkan jumlah pengunjung di bagian mana pun. Baik itu di bawah maupun atas artikel, atau tempat lainnya.
  • Menghitung total kunjungan harian, mingguan, bulan, hingga setahun terakhir.
  • Melacak sumber traffic.
  • Memiliki real time counter untuk mengetahui siapa saja pengunjung yang sedang berada dalam situs.
  • Memberikan statistik trend artikel, halaman, negara pengunjung, dan alamat IP.

Page visitor counter WordPress ini tersedia dalam opsi gratis maupun berbayar. Serunya, Anda juga bisa mengajukan permintaan fitur custom melalui e-mail.

2. Stat Counter-Free Real Time Visitor Stats

plugin visitor counter wordpress

Sebuah website toko online akan sangat cocok menggunakan plugin ini. Pasalnya, bisa menghitung pengunjung berulang. Jadi, akan mudah menganalisis konten atau produk mana yang paling menarik minat konsumen.

Di samping itu, tentu masih ada juga fitur lainnya, seperti sumber traffic, analisis kata kunci, pendeteksi kunjungan palsu, dan lainnya. Anda juga bisa mengetahui durasi kunjungan untuk memastikan bahwa pengunjung membaca konten.

3. Visitor Traffic Real Time Statistic

plugin visitor counter wordpress

Plugin pengunjung situs WordPress ini tergolong populer. Nyatanya, tools tersebut sudah mencatatkan lebih dari 40 ribuan pengguna. Fitur dasarnya dapat Anda nikmati secara gratis, atau bisa juga memilih versi lebih lengkap yang berbayar.

Melalui ekstensi ini, Anda bisa mengetahui jumlah pengunjung real time, lokasi asal, statistik browser, hingga kata kunci pilihan pengunjung. Data tersebut bermanfaat dalam mengembangkan website dan membuat konten sesuai harapan audiens.

4. Post View Counter

plugin visitor counter wordpress

Selanjutnya, ada juga Post View Counter yang memberikan penghitungan lebih spesifik. Anda bisa mengatur akan menghitung jenis posting yang mana. Di samping penghitungan jumlah penayangan sebuah posting-an, masih ada fitur lainnya, yaitu:

  • Melakukan kueri pada postingan, berdasarkan jumlah penayangannya.
  • Bisa mengatur interval hitungan, sesuai kebutuhan.
  • Mengimpor data dalam sekali klik.
  • Pengurutan kolom admin.

5. WP Visitor Statistic

plugin visitor counter wordpress

Plugin penghitung pengunjung WordPress gratis ini mampu menyajikan statistik lengkap dan real time. Anda juga bisa mendeteksi asal wilayah audiens tersebut. Pengoperasiannya simpel dan memudahkan pemantauan perkembangan website.

Selain versi gratis, Anda juga bisa beralih ke layanan berbayar dengan fitur yang lebih lengkap. Di antaranya adalah adanya widget untuk penghitungan online, laporan statistik melalui email, serta menampilkan IP pengunjung terbaru.

Masing-masing plugin tersebut memang memiliki keunggulannya tersendiri. Oleh sebab itu, pilihlah yang paling Anda butuhkan. Sebenarnya bisa saja memasang lebih dari satu add-on, tetapi selain berisiko tabrakan fungsinya, juga boros memori.Memilih plugin visitor counter WordPress yang tepat, akan membantu dalam evaluasi untuk pengembangan website. Di samping itu, menampilkan jumlah pengunjung juga akan menaikkan kredibilitas situs tersebut.

Baca Juga