fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

General

5 Plugin Membership WordPress untuk Situs Berlangganan

Muhammad Rizqy

Plugin membership WordPress ini merupakan suatu alat untuk menjadikan sebuah website mempunyai program berlangganan. Artinya, Anda dapat menyediakan konten premium khusus untuk orang-orang yang telah subscribe saja. 

Di samping itu, plugin ini juga cocok untuk website toko online. Dengan menggunakannya, Anda bisa membuat program diskon spesial bagi pelanggan, sesuai tingkatan member.

5 Pilihan Best Plugin Membership WordPress

Sebenarnya, WordPress menyediakan banyak sekali plugin yang dapat Anda pilih. Namun, tidak jarang berbagai opsi tersebut malah membuat bingung. Maka dari itu, sebaiknya memperhatikan apakah fiturnya sesuai kebutuhan, seperti berikut ini.

1. WP-Membership Plugin

Plugin membership wordpress

Pilihan yang pertama ini menawarkan kemudahan dalam proses setup. Selain adanya panduan instalasi, tidak ada perubahan pengaturan ataupun tema yang perlu Anda lakukan pada website.

Adapun fiturnya cukup menarik, yaitu:

  • Formulir pendaftaran yang dapat Anda kustomisasi.
  • Halaman profil bisa menyesuaikan kebutuhan.
  • Teaser konten premium akan tampil secara otomatis, sehingga menarik pengunjung untuk subscribe keanggotaan.
  • Anda pun dapat melakukan kustomisasi program keanggotaan. 
  • Terdapat pilihan keanggotaan di WooCommerce.

2. Restrict Content Pro

Plugin membership wordpress

Plugin yang satu ini juga menjanjikan setup mudah dengan kustomisasi luas. Anda dapat membangun website berlangganan dengan pengaturan sesuai kebutuhan. Di antaranya adalah level keanggotaan tidak terbatas, serta adanya dashboard pelanggan.

Member area juga bisa terkoneksi dengan WooCommerce. Di samping itu, plugin Restrict Content Pro juga sudah terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran. Uniknya, pengguna bisa langsung berganti pilihan paket membership dengan mudah.

Terdapat empat pilihan paket membership, yaitu personal, plus, professional, dan ultimate. Semakin tinggi level keanggotaan, Add-on yang tersedia pun kian banyak dan lengkap.

3. LearnDash Plugin

Plugin membership wordpress

Selanjutnya, ini plugin keanggotaan di WordPress yang tepat jika Anda ingin mengelola sebuah website berbasis kursus atau pendidikan online. Salah satu fiturnya adalah profil member sebagai sarana komunikasi dan diskusi.

Anda pun bisa mengelola konten belajar dengan sangat mudah, karena terdapat fitur seret dan jatuhkan (drag and drop). Jika ingin membuat konten ujian, cukup mengumpulkan jawabannya, lalu tools akan menyajikan pertanyaannya.

Keunggulan lain adalah pengaturan jadwal konten berdasarkan jangka waktu penayangannya. Hal ini membuat member baru masih tetap bisa mengaksesnya. Dengan demikian, tidak seorang pun akan ketinggalan materi.

4. Simple Membership

Plugin membership wordpress

Plugin subscription WordPress yang satu ini sesuai dengan namanya, yaitu mudah penggunaannya. Dengan menggunakan add-on, Anda dapat melakukan penguncian konten atau halaman tertentu dan yang bisa mengaksesnya adalah pengunjung member saja.

Jika memerlukannya, Anda juga bisa membuat level berbeda untuk masing-masing kelompok keanggotaan. Serunya, tingkatan membership tersebut tanpa batas, sesuai kebutuhan.

Satu hal yang unik, dalam plugin ini tidak hanya terdapat keanggotaan berlangganan saja. Pengelola situs juga bisa membuat pengaturan metode sekali bayar untuk mengakses konten.

5. Ultimate Member

Plugin membership wordpress

Jika memerlukan plugin berlangganan di WordPress yang ringan, ini merupakan pilihan tepat. Kendati demikian, fitur yang tersedia cukup lengkap. Pengunjung website pun akan merasakan kemudahan saat melakukan pendaftaran.

Beberapa fitur yang tersedia adalah:

  • Interface profil, pendaftaran, dan login pengguna secara front end.
  • Pembuatan formulir mudah, dengan metode drag and drop.
  • Pemilik website bisa menentukan logika bersyarat untuk pengisian formulir 
  • Terdapat e-mail pengguna dan direktori anggota.
  • Bisa menampilkan konten postingan dan komentar penulis pada profil anggota.
  • Adanya fitur pembatasan konten.

Cukup banyak pengelola website yang puas menggunakan plugin ini, karena user friendly. Jadi akan mudah membuat penyesuaian melalui berbagai filter atau opsi tindakan.Berbagai pilihan pluginmembership WordPress tersebut umumnya unggul dalam kemudahan instalasi maupun setup. Tanpa menggunakan aplikasi tambahan, Anda bisa mengubah situs menjadi website dengan keanggotaan berlangganan.

Baca Juga