fbpx

5 Langkah Menjadi UI/UX untuk Kalangan Pemula

Langkah menjadi tentunya penting untuk Bizzie ketahui terlebih jika tergolong pemula untuk bidang satu ini. Memang saat ini banyak orang kerap mendengarkan profesi UI dan UX designer. Banyak orang yang baru tahu ada profesi di bidang tersebut lantaran ada di postingan iklan lowongan . Bahkan lowongan dengan profesi UI atau UX designer kerap dipajang dalam unggahan lowongan pekerjaan.

Karena sangat banyak bermunculan, ramai orang kemudian bertanya-tanya tentang profesi UI/UX designer itu sendiri seperti bagaimana sistem kerjanya. Perkembangan di bidang yang begitu pesat rupanya menjadi salah satu andil begitu terkenalnya profesi sebagai UI/UX designer. Terlebih setelah bermunculannya ecommerce, marketplace, fintech. Jika Bizzie tertarik berprofesi sebagai UI/UX designer wajib memahami uraian berikut ini.

Inilah Langkah Menjadi UI/UX Bagi Pemula

Adapun langkah menjadi UI/UX berikut ini akan memungkinkan Bizzie menjadi seorang UI/UX designer yang professional. Keberadaan UI atau UX designer penting bagi marketplace maupun fintech yang memerlukan tampilan memudahkan user saat memakai produk mereka. UI dan UX adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. UI designer memiliki tugas guna menentukan tampilan pada sebuah ataupun .

Sementara itu UX atau User Experience designer memiliki peran bagaimana suatu aplikasi ataupun bisa dioperasikan dengan lebih mudah. Apabila Bizzie tertarik menjadi seorang UI/UX designer maka bisa melakukan sejumlah langkah di bawah ini.

1. Mengenal tentang dasar UI dan UX designer

 Pertama dalam langkah menjadi UI/UX designer yaitu mengenal dasar dari UI dan UX itu sendiri. Satu hal yang harus Bizzie sadari yaitu sebenarnya UI dan UX adalah dua hal berbeda. User interface atau UI merupakan segala hal yang mencakup segi visual yang ditampilkan pada situs atau aplikasi. Hal ini baik dari sisi layout, tombol, warna sampai tipografi sekalipun. UI designer bertanggung jawab terhadap tampilan aplikasi atau website.

Baca Juga :  Cara Melihat Barcode Wifi Di Hp Vivo Paling Mudah!

Sehingga tampilannya mudah digunakan oleh para pengguna atau user friendly. Tak hanya menciptakan tampilan yang mudah pengguna pakai, sisi estetika juga tak boleh UI abaikan Sehingga UI designer harus mempunyai jiwa seni yang kuat. UI designer diharapkan bisa membuat tampilan yang mudah pengguna pakai. Pekerjaan UI designer mencakup pula perencanaan flow untuk para pengguna serta membuat prototype.

Lain halnya dengan UX designer di mana harus mempunyai kemampuan bidang user research yang cukup baik. Contohnya seperti mendesain alur aplikasi dan website serta user interface supaya mudah pengguna pakai. Hal yang tidak kalah penting adalah UX designer melakukan testing pada website dan aplikasi. Karena itulah langkah menjadi UI/UX terlebih dasarnya sangat penting untuk Bizzie pahami.

2. Mengetahui kunci utama untuk menjadi seorang UI/UX designer

Satu hal penting agar bisa menjadi UI/UX designer adalah setidaknya Bizzie paham tentang konsep dasar dari UI/UX design. Tidak perlu harus mempunyai skill desain tingkat dewa agar bisa belajar tentang UI/UX design. Salah satu hal penting yaitu Bizzie harus tahu tiga kunci utama dari UI/UX design antara lain problem, solution dan result.

3. Banyak berlatih dan belajar

Jika Bizzie tertarik mendalami hal ini maka langkah menjadi UI/UX berikutnya adalah memperbanyak belajar serta latihan yang menjadi keharusan. Dengan seringnya berlatih skill Bizzie juga akan meningkat seiring berjalannya waktu. Bizzie dapat memulainya dengan mencari informasi mengenai profesi UI/UX. Bizzie dapat mulai belajar UI yang terlihat mudah dibandingkan UX.

Contohnya saja membuat konsep aplikasi sederhana memakai Figma atau Adobe XD. Bizzie juga dapat belajar dengan cara membaca buku mengenai UI/UX. Selain otodidak supaya belajar Bizzie lebih terarah dapat mengikuti bootcamp, kursus atau sejenisnya menjadi pilihan terbaik.

Baca Juga :  Cara Menghubungkan Domain ke VPS DewaBiz

4. Memilih tools yang cocok

Untuk langkah menjadi UI/UX selanjutnya, Bizzie dapat memilih tools yang sekiranya sesuai dengan profesi tersebut. Berikut ada sejumlah UI/UX yang populer serta banyak dipakai oleh para desainer:

  • Adobe XD

Tentunya di urutan pertama ada Adobe XD jika Bizzie mencari software untuk UI/UX design. Software keluaran Adobe satu ini mempunyai sejumlah kelebihan yang membuatnya disukai oleh para desainer. Kelebihan itu seperti prototyping tools yang begitu membantu saat mengerjakan proyek. Selain itu Adobe XD menyediakan pula wireframing guna membantu membuat kerangka dari sebuah aplikasi yang Bizzie kerjakan.

  • Figma

Dalam langkah menjadi UI/UX Bizzie memerlukan pula software bernama Figma yang tidak kalah populer. Tak hanya memiliki kemampuan prototyping juga wireframing, kelebihan yang Figma miliki yaitu memungkinkan para anggota tim berkolaborasi di dalam proyek serupa.

  • Sketch

Selanjutnya ada Sketch yang menjadi salah satu software UI/UX design cukup populer. Pasalnya Sketch memiliki kemampuan membuat prototype dengan cukup mudah. Agar memudahkan pekerjaan, software satu ini juga mempunyai yang banyak serta tampilan antarmuka cukup intuitif.

5. Memperkaya referensi

Salah satu langkah menjadi UI/UX dan agar seorang desainer terus berkembang yaitu dengan memperbanyak referensi. Dengan demikian sebagai desainer Bizzie akan tahu yang mana desain bagus dan sebaliknya. Selain itu Bizzie juga dapat mencari tahu kekurangan dan kelebihan dari sebuah desain. Hal tersebut dapat dilakukan jika Bizzie mempunyai referensi yang cukup banyak.

Menambah referensi dapat Bizzie lakukan dengan banyak cara seperti dengan melihat karya dari desainer lain. Bukan hanya itu Bizzie bisa juga dengan membaca , buku maupun publikasi lainnya.

Itulah beberapa langkah menjadi UI/UX yang profesional meskipun Bizzie adalah seorang pemula dan pendatang baru sekalipun. Bizzie wajib memahami hal-hal tersebut dengan runtut supaya bisa menjadi UI dan UX professional.