fbpx

5 Ide Kreatif Membuat Artikel Dengan Mudah

Pada saat bizzie sedang berada di bangku Taman Kanak-Kanak tentunya sudah mulai diajarkan untuk mengenal macam-macam huruf dan ejaan. Setelah mengerti kedua hal tersebut bizzie akan di lanjut untuk ke tahap selanjutnya yaitu menulis. Menulis merupakan suatu kegiatan yang sudah diajarkan mulai sejak awal pendidikan sekolah.

Ketika bizzie akan tidak dapat dilakukan secara mudah seperti yang dibayangkan. Ada beberapa membuat yang bisa bizzie gunakan. Untuk bizzie yang penasaran bisa langsung simak penjelasan di bawah ini. 

Semua masyarakat bebas untuk melakukan penulisan dengan segala jenis bentuk tulisan. Salah satu bentuk tulisan yang banyak diminati oleh masyarakat adalah membuat artikel. Untuk membuat artikel tidak begitu mudah seperti yang bizzie bayangkan. 

Macam-Macam Ide Kreatif Membuat Artikel

1. Menggunakan Teknik Deskriptif 

Ide membuat artikel yang pertama adalah bizzie bisa menggunakan teknik deskriptif. Teknik Deskriptif adalah tulisan yang berguna untuk memberikan pesan dan kesan oleh para pembaca mengenai objek, ide gagasan dan peristiwa. 

Penjelasan secara singkat dari teknik deskriptif adalah kata-kata yang digunakan untuk menjelaskan sebuah adegan. Pada saat akan membuat artikel dengan teknik tersebut bizzie tidak perlu menjelaskan secara detail menggunakan tulisan. Sehingga, bizzie hanya perlu menggambarkan adegan di artikel tersebut bisa  dengan menggunakan bentuk bahasa visual saja. 

Penggunaan teknik deskriptif ini mempunyai satu tujuan yaitu agar para pembaca bisa membayangkan mengenai situasi di dalam cerita tersebut. Contohnya ketika cerita di artikel tersebut menceritakan mengenai “sosok besar” bizzie bisa mengubah dengan menggunakan frasa “matanya selalu terlihat melotot”. 

2. Memperhatikan Dalam Penggunaan Bahasa

Ide kreatif membuat artikel satu ini juga tidak kalah penting dengan yang sebelumnya. Pada saat bizzie akan membuat sebuah artikel usahakan menggunakan bahasa yang mudah dipahami atau sering disebut dengan renyah. 

Baca Juga :  Cara Install Webmin di Fedora Linux

Ketika bizzie mempunyai target anak muda maka ide kratif membuat artikel dengan menggunakan bahasa renyah ini sangat direkomendasi. Ada satu penelitian yang mengatakan bahwa anak-anak muda lebih suka dengan artikel atau bacaan dengan menggunakan bahasa mudah dipahami. 

Akan tetapi dalam penggunaan bahasa dalam penulisan artikel ini harus disesuaikan lagi dengan topik atau tema yang akan di tuliskan. Pada saat bizzie akan menuliskan artikel dengan topik atau tema pendidikan tentunya untuk bahasa yang digunakan harus formal. 

Penggunaan bahasa dalam membuat sebuah artikel harus membutuhkan krativitas yang sangat tinggi. Bahkan seorang penulis dapat dikatakan hbizziel ketika sudah berhasil dalam memilih dan menempatkan diksi. 

Maka dari itu, sangat wajar ketika penulis baru melakukan penulisan artikel dengan penggunaan bahasa yang hambar dan kaku. Untuk melahirkan sebuah tulisan artikel dengan kata-kata renyah membutuhkan waktu dan jam terbang yang sangat tinggi. 

Baca Juga Artikel Berikut :  Inilah Cara Membuat Daftar Isi Blog Pada WordPress

3. Menghindari Penggunaan Kata Sifat 

Ide kreatif menulis artikel selanjutnya adalah bizzie harus menghindari penggunaan kata-kata sifat. Kata sifat merupakan kata benda yang dirubah menjadi kata ganti. Selain itu, kata sifat ini banyak dipergunakan untuk menggambarkan sebuah objek atau seseorang yang lebih akurat. 

Untuk bizzie yang ingin melakukan penulisan artikel secara kreatif tidak di sarankan untuk menggunakan kata benda. Pada saat bizzie sampai menggunakan kata benda di artikel kreatif tersebut akan memunculkan kesan kaku. 

Untuk ide kreatif menulis artikel satu ini bizzie bisa mengganti kata sifat menjadi kalimat yang menarik. Contoh mudah nya adalah pria tersebut mempunyai bau yang tidak sedap”. Pada saat menggunakan kata-kata tersebut akan memberikan kesan lebih menarik dan pembaca bisa membayangkan dari cerita tersebut. 

4. Menghindari Penggunaan Kata-Kata Keterangan 

Menghindari penggunaan kata-kata keterangan juga menjadi ide kreatif menulis artikel yang harus di perhatikan. Kata keterangan adalah kata yang menjelaskan mengenai kata sifat, kata dan lain-lain. Selain itu, untuk kata keterangan sendiri meliputi waktu, tempat, keadaan dan penyebab. 

Baca Juga :  Cara Mencari Ide Domain dan Rekomendasi Tool yang Bisa Anda Coba

Pada saat bizzie ingin menuliskan artikel kreatif sangat disarankan tidak menggunakan kata keterangan. Ketika bizzie menggunakan kata keterangan di tulisan tersebut akan memberikan kesan biasa-biasa saja dan tidak menarik para pembaca. 

Contoh mudah dalam ide kreatif menulis artikel yang satu ini adalah “Orang tersebut bekerja keras sampai dia tidak mempunyai waktu untuk istirahat”. Ketika bizzie menggunakan kalimat seperti yang disebutkan pada contoh akan enak untuk dibaca. 

5. Menggunakan Kata Benda 

Untuk bizzie yang ingin menuliskan sebuah artikel lebih baik menggunakan kata benda agar mendapatkan kesan jelas. Kata benda yang di maksud dalam ide kreatif menulis artikel ini adalah orang, tempat dan benda. Selain itu, pada kata benda memiliki dua jenis yaitu konkret dan abstrak. 

Kata benda konkret adalah hal-hal yang dapat dilihat secara langsung oleh penglihatan. Sedangkan untuk kata benda abstrak merupakan suatu hal yang hanya dapat dikenali oleh pikiran saja. Tanpa bizzie sadari pada saat melakukan penulisan artikel kata benda sering di gunakan.

Contoh mudahnya adalah ketika bizzie akan menuliskan hewan “anjing” maka untuk lebih menariknya lagi bisa mengganti kata tersebut dengan “Si Guguk”. 

Setelah proses penulisan artikel sudah selesai bizzie juga bisa meminta teman untuk membaca dan meminta saran tulisan yang sudah bizzie buat. Semua masukan yang diberikan oleh teman bizzie harus di terima dan bisa langsung melakukan edit pada artikel tersebut. 

Nah, itu dia 5 ide kreatif menulis artikel yang bisa bizzie jadikan sebagai referensi. Semoga dapat membantu bizzie yang sedang membutuhkan informasi mengenai hal tersebut.

Baca Juga Artikel Berikut :  3 Penyebab Artikel Sulit Diindex yang Sering Terjadi