fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

5 Fungsi Aplikasi Linkedin dan Tips Optimalkannya

Wiliam

Di dalam kompetisi dunia kerja sekarang, mendapatkan pekerjaan impian bisa menjadi salah satu tantangan tersendiri. Meningkatkan kompetensi diri juga menjadi safu hal penting untuk dilakukan agar tidak ketinggalan zaman.

Selain fokus di skill yang dimiliki, alangkah baiknya jika bizzie memanfaatkan platform pada dunia kerja. Misalnya adalah menggunakan aplikasi LinkedIn.

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya mengenai “Apa itu LinkedIn?”, “LinkedIn untuk apa?” dan lain-lain. Aplikasi LinkedIn bisa berfungsi untuk menjadi pintu masuk bizzie agar mendapatkan pekerjaan impian.

Nah, guna mengetahui lebih dalam perihal definisi dan fungsi aplikasi LinkedIn lebih dalam. Yuk, langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu LinkedIn?

Sebagaimana sudah ditutup di dalam situs resmi LinkedIn, LinkedIn merupakan suatu platform bagi dunia profesional di dalam hal pengembang jejaring, pengembangan karir dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.  Aplikasi LinkedIn juga bisa membuat bizzie mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetensi diri, ketika dibandingkan dengan talenta kerja lainnya. Berhubung sifat dari aplikasi LinkedIn lebih ke profesional, maka dari itu lazimnya LinkedIn relatif lebih ke arah konten formal maupun serius.

Cara Menggunakan Aplikasi LinkedIn

Mungkin bagi bizzie yang masih awam dengan LinkedIn merasa bingung harus memulai dari mana. Akan tetapi, untuk sekarang tidak perlu merasa bingung dan bisa menyimak penjelasan lengkap mengenai cara menggunakan aplikasi LinkedIn sebagai berikut :

1. Membuat Profil

Buat profil lengkap yang menyajikan beberapa informasi pengalaman, keahlian dan minat profesional kepada koneksi, penyedia  kerja dan perekrut. Profil LinkedIn yang lengkap akan memperlihatkan pengalaman, keahlian dan minat profesional seorang kepada koneksi, penyedia kerja dan perekrut. Hal ini akan membantu bizzie di dalam meningkatkan kesempatan untuk ditemukan dan dihubungi oleh pihak pencari tenaga kerja atau jasa profesional tertentu.

2. Memambangun Jaringan

Bangun jaringan dengan cara menambahkan keluarga, teman, teman sekelas, rekan kerja atau mengikuti orang, perusahaan atau topik di halaman ikuti perspektif baru. Ikuti dan buat acara LinkedIn, seperti lokakarya, seminar online dan jejaring profesional. 

3. Mencari Kerja

LinkedIn bisa digunakan untuk mencari peluang kerja baru. Riset perusahaan san jangkau komunitas perekrutan, melamar pekerjaan secara langsung, simpan pencarian kerja guna memberitahu koneksi dan perekrut bahwa sedang mencari kerja. LinkedIn merupakan platform yang bisa digunakan untuk mencari peluang kerja baru.

Manfaat dan Fungsi Aplikasi LinkedIn

Secara umum, ada beberapa manfaat atau fungsi aplikasi LinkedIn bagi bizzie. Sebagai berikut beberapa fungsi aplikasi LinkedIn yang harus bizzie ketahui :

1. Membangun Profil Profesional

Dengan mempunyai profil LinkedIn, bizzie bisa menunjukkan siapa diri bizzie, kompetensi yang dimiliki, pengalaman kerja maupun organisasi, latar belakang pendidikan dan lain-lain. Rutinlah melakukan pembaharuan profil diri bizzie, ketika ada perubahan dan termasuk untuk curriculum vitae (CV).

2. Menyimpan Portofolio Kerja

Aplikasi LinkedIn juga sebagai sarana yang tepat untuk menambah portofolio kerja bizzie. Uraikan saja secara lengkap mengenai beberapa capaian yang berhasil diraih, ketika bizzie bekerja di suatu perusahaan beserta dengan dokumentasinya jika ada.

3. Meningkatkan Potensi Supaya Dilirik Oleh Recruiter

Dengan membangun profil profesional dan portofolio bizzie di LinkedIn, tentunya bisa mempermudah diri agar dilirik oleh pihak recruiter. Usahakan bizzie aktif mengecek pesan di dalam dan siapa tahu ada penawaran menarik menggiurkan dari pihak recruiter.

4. Mencari Lowongan Kerja

Fungsi aplikasi LinkedIn yang paling inti adalah untuk mencari lowongan kerja. Apabila bizzie ingin berpindah perusahaan atau mungkin bidang pekerjaan yang berbeda, LinkedIn bisa membantu bizzie di dalam mencari lowongan kerja yang di unggah oleh oleh macam-macam perusahaan di Indonesia maupun luar negeri. Tinggal lamar daja sesuai dengan pekerjaan yang bizzie inginkan.

5. Memperluas Jejaring

Koneksi menjadi salah satu hal yang tidak kalah krusial sekarang. Melalui aplikasi LinkedIn, bizzie bisa terhubung dengan kalangan profesional dari beberapa industri dan belahan dunia manapun. Bahkan, bizzie jugq bisa mengumpulkan jejaring sosial dengan kompetensi atau minat sama dengan di dalam diri.

Tips Mengoptimalkan Aplikasi LinkedIn

Setelah paham mengenai fungsi aplikasi LinkedIn, bizze juga harus paham dengan perihal tips optimalisasi aplikasi tersebut. Ada beberapa tips mengoptimalkan aplikasi LinkedIn, yaitu :

1. Memasukkan Kata Kunci

Tekankan citra diri yang bizzie inginkan, misalnya bizzie ingin dikenal sebagai profesional di dalam bidang digital marketing. Jangan lupa selipkan kata-kata “digital marketing” di title profil LinkedIn. Hal ini bisa mempermudah pihak recruiter atau eksekutif perusahaan di saat mencari talenta kerja.

2. Membuat Ringkasan Profil yang Menjual

Elaborasi siapa diri bizzie, pengalaman yang dimiliki dan capaian saat bekerja di perusahaan yang sebelumnya.

3. Pasang Foto Profil Sesuai Profesional Branding yang Diinginkan.

Foto menjadi salah satu aspek krusial di dalam LinkedIn. Usahakan untuk bizzie memasang foto dengan resolusi yang jelas dan tidak buram. Contohnya, bizzie bekerja di dalam dunia industri kreatif. Tentu saja bizzie bisa menampilkan foto yang lebih dinamis dan tidak terlalu kaku.

4. Rutin Membuat Unggahan, Baik Berupa Artikel, Post Foto atau Video

Pastikan juga unggahan tersebut memang sudah sesuai dengan kompetensi diri. Sehingga, bisa membantu bizzie di dlm meningkatkan kredibilitas bizzie pada dunia kerja.

5. Aktif Menambah Koneksi Baru

Tidak perlu sungkan untuk menambah teman dengan profesional lain atau eksekutif perusahaan ternama di LinkedIn. Supaya terkesan sopan, tidak ada salahnya juga  menyertakan pesan perkenalan siapa diri bizzie.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai fungsi aplikasi Linkedin dan beberapa hal penting lainnya. Semoga penjelasan diatas bisa membantu bizzie, khususnya yang sedang mencari lowongan kerja.

Baca Juga