fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Panduan

5 Cara Mengatasi Laptop Lenovo Black Screen

Wiliam

Apakah bizzie pernah mengalami situasi dimana tidak melihat apapun selain layar hitam di saat membuka laptop? Seperti bencana, bukan? Namun, jangan merasa khawatir. Layar hitam pada desktop Lenovo bizzie bukan masalah besar untuk diselesaikan.

Bisa saja ada beberapa macam alasan untuk masalah dari layar laptop hitam ini. Bahkan, bisa saja koneksi GPU yang longgar, porta rusak, display cacat dan masih banyak lainnya lagi

Di kesempatan kali ini akan membahas perihal cara mengatasi laptop Lenovo black screen. Bagi bizzie yang sedang mengalami permasalahan tersebut, yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Laptop Lenovo Black Screen

Meski layar hitam di laptop Lenovo terlihat seperti masalah besar, tapi hal ini sebenarnya bukan masalah besar seperti yang disebutkan sebelumnya. Bizzie bisa menyelesaikan masalahnya, jika sudah paham mengenai beberapa aspek dari masalahnya. Sebagai berikut 5 cara mengatasi laptop Lenovo black screen :

1. Mengatur Ulang Display atau Mode Layar

Layar hitam seringkali hanya gangguan minor yang disaksikan oleh laptop bizzie. Hal ini terjadi di saat sistem operasi Windows kehilangan sambungan ke display layar. Instruksi berikut ini bisa membantu bizzie mengatur ulang mode display disaat isu seperti ini muncul kapan saja.

Caranya adalah tekan Windows – Control – Shift – Tombol B secara bersamaan. Hal ini akan mengaturung koneksi dan Windows OS agar mendapatkan display kembali. Setelah dilakukan, cek jika ini bekerja dan bizzie bisa melihat display normal di laptop lenovo. Jika metode diatas tidak menyelesaikan masalah bizzie maka bisa melakukan cara berikutnya.

2. Membangun Monitor Eksternal untuk Mengetes Display

Hal ini bisa menjadi masalah, jika cara sebelumnya dengan mengatur ulang display tidak bekerja. Bizzie memerlukan monitor HDMI DVI atau kabel VGA yang kompatibel dengan laptop untuk mengetes jika layar laptop tidak rusak. Ikuti instruksi di bawah ini untuk mengecek display :

●   Hubungkan monitor dan laptop Lenovo bizzie menggunakan kabel HDMI.

●   Nyalakan monitor eksternal dan laptop bizzie. Tunggu beberapa saat sampai dengan proses boot selesai dilakukan.

●   Klik tombol “Fn” dan “CTRL/LCD” (entah F5 atau F8). Terus klik sampai dengan isi laptop bizzie muncul di monitor eksternal.

3. Memutuskan Perangkat Periferal Non-Esensial

Perangkat periferal seperti hard drive eksternal dan printer, terkadang mempengaruhi kelancaran fungsi laptop seperti yang terlihat di banyak kasus. Hasilnya bisa apa saja dari perangkat yang tidak kompatibel sampai dengan perangkat keras rusak.

Bizzie juga bisa membahayakan laptop, ketika perangkat eksternal punyai virus dan menghubungkan perangkat tersebut ke laptop tanpa sadar.  Jika begitu, bizzie mungkin perlu melepas perangkat periferal non-esensial dan melihat apa masalah layar hitam Lenovo sudah terselesaikan.

4. Melakukan Hard Reset Laptop Lenovo

Perangkat periferal juga bisa berakibat pada masalah layar hitam laptop Lenovo bizzie, sama halnya seperti perangkat non peripheral. Apa bizzie pernah memperhatikan beberapa titik berputar di proses boot?

Bizzie harus melakukan hard reset di laptop untuk mengecek jika, iya. Sebagai berikut langkah-langkah untuk melakukan hard reset laptop Lenovo :

●   Pastikan bizzie sudah mematikan laptop Lenovo terlebih dahulu.

●   Copot kabel daya dari laptop bizzie. Lepaskan baterai dan putuskan semua perangkat periferal dari sistem dengan lembut.

●   Diamkan laptop bizzie selama 30-40 detik.

●   Tekan tombol daya selama 60 detik.

●   Tempatkan baterai di bagian belakang laptop dan nyalakan.

Apabila laptop lenovo bizzie melakukan proses boot dengan dengan baik, itu berarti salah satu perangkat periferal yang menyebabkan layar hitam laptop tersebut. Hubungkan perangkat periferal bizzie satu persatu sampai mengulang lagi layar hitam.

Bizzie juga akan mengetahui perangkat mana yang mengakibatkan  masalah layar hitam dengan cara ini. Jika masalahnya masih terus terjadi, masalahnya bisa saja hal lain.

5. Memperbarui Graphics Driver

Layar hitam laptop Lenovo juga bisa terjadi, ketika bizzie menggunakan graphics drivers yang salah atau graphics driver sudah kadaluarsa. Namun bizzie tidak akan bisa memperbarui driberayar hitam, bukan?  Yah, bizzie hanya bisa mencoba menyalakan laptop dengan mode aman di dalam kasus seperti ini.

Bizzie juga mungkin bisa memperbarui graphics driver, ketika menyalakan laptop di dalam mode aman. Sebagai berikut langkah-langkah untuk menjalankan komputer dengan mode aman :

●   Tekan tombol daya untuk menyalakan laptop.

●   Terus tekan tombol F8 selagi laptop mulai terbuka.

●   Setelah informasi perangkat keras muncul, layar akan muncul sebagai “advanced boot options”.

●   Klik “safe mode with networking” dan tekan “enter”.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas dengan lancar, laptop akan menjalankan Windows di dalam mode aman. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengetahui graphic driver begitu Windows sudah berhasil terbuka di dalam mode aman.

●   Pertama, tekan “windows – r” secara bersamaan untuk membuka kotak dialog “run”.

●   Ketik “devmgmt.msc” dan tekan “enter” yang akan membuka “device manager”.

●   Klik “display adapter”. Saat ini, klik kanan graphics card dan memilih “properties”.

●   Klik tab “driver” dan memilih “update driver”.

●   Saat ini, tekan “search automatically for update driver software”.

Pilih salah satu cara mengatasi laptop Lenovo black screen yang menurut bizzie paling mudah digunakan. Ikuti semua langkah di atas secara runtut agar tidak terjadi crash atau error.

Sekian penjelasan lengkap mengenai 5 cara mengatasi laptop Lenovo black screen. Besar harapan penjelasan diatas bisa membantu bizzie, khususnya yang mengalami masalah black screen.

Baca Juga